Jumat Agung, Hari Ini Libur & Tanggal Merah Nasional, Kenali Makna Jumat Agung

ILUSTRASI. Jumat Agung adalah salah satu hari suci bagi umat Kristen di seluruh dunia untuk memperingati penyaliban Yesus Kristus

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cuti Bersama Nyepi 2024 – Jakarta. Selamat Jumat Agung 2024. Hari ini, 29 Maret 2024 adalah tanggal merah dan hari libur nasional memperingati wafatnya Yesus Kristus. Apa makna Jumat Agung?

Jumat Agung adalah salah satu hari suci bagi umat Kristen di seluruh dunia untuk memperingati penyaliban Yesus Kristus. Oleh karena itu, hari Jumat ini disebut Jumat Agung.

Jumat Agung diperingati oleh semua umat Kristen di dunia, baik itu Protestan ataupun Katolik. Di Indonesia, Jumat Agung juga disebut sebagai hari Wafatnya Isa Al Masih dan ditetapkan sebagai libur nasional.

Namun mulai tahun 2024 ini, pemerintah mengganti penamaan hari Wafatnya Isa Al Masih menjadi hari wafatnya Yesus Kristus. Perubahan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-Hari Libur. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keppres hari libur dan tanggal merah nasional itu pada 29 Januari 2024.

Dalam pertimbangan Keppres tersebut, bahwa pengaturan mengenai hari-hari libur saat ini tersebar di beberapa keputusan Presiden sehingga perlu penyelarasan pengaturan tentang hari-hari libur. “Perlu mengakomodir dan menyesuaikan perkembangan dinamika masyarakat dan hukum”, bunyi pertimbangan huruf b Keppres tersebut.

Baca Juga: Selamat Jumat Agung 2024, Sebarkan Twibbon & Ucapan Peringatan Wafat Yesus Kristus

Pada saat Keputusan Presiden ini mulai berlaku, maka empat Keppres yakni Keppres Nomor 251 Tahun 1967 tentang Hari-Hari Libur, Keppres Nomor 148 Tahun 1968 tentang Perubahan Keputusan Presiden Nomor 251 Tahun 1967 tentang Hari-Hari Libur. Lalu Keppres Nomor 10 Tahun 1971 tentang Hari Wafat Isa Al-Masih Dinyatakan Sebagai Hari Raya/Hari Libur dan Keppres Nomor 3 Tahun 1983 tentang Perubahan atas Keppres Nomor 251 Tahun 1967 tentang Hari-Hari Libur sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Keppres Nomor 10 Tahun 1970 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

“Keppres Nomor 8 Tahun 2024 ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yakni pada tanggal 29 Januari 2024”, bunyi akhir Keppres tersebut.

Lalu, apa makna Jumat Agung?

Diberitakan Kompas.com, Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Romo Benny Susetyo menjelaskan, Jumat Agung adalah peringatan peristiwa penyaliban Yesus Kristus. “Jumat Agung merupakan hari peringatan penyaliban Yesus Kristus di Bukit Golgota,” ujar Benny dikutip dari Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Jumat Agung adalah bagian dari Tri Hari Suci Paskah, selain Kamis Putih dan Minggu Paskah. Pada Hari Raya ini, umat Kristen akan memperingati tiga peristiwa penting yang meliputi penyaliban Yesus, kematian Yesus di atas kayu salib, dan pemakaman Yesus.

Jumat Agung adalah salah satu hari penting bagi umat Kristen dan dianggap sebagai puncak pelayanan Yesus di dunia. Oleh sebab itu, hari itu diberi sebutan Agung. Dia mengorbankan dirinya untuk menebus kesalahan dan dosa umat manusia.

Penebusan dan pembayaran dosa yang dilakukan Yesus tidak bisa dinilai dan digantikan dengan hal apapun. Pasalnya, pada zaman itu, penyaliban adalah cara mati yang paling rendah bagi umat manusia.

Tanggal merah dan hari libur nasional tahun 2024

Sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2024, berikut daftar tanggal merah dan libur nasional 2024:

Tanggal merah dan hari libur nasional Januari 2024:
– 1 Januari (Senin): Tahun Baru Masehi

Tanggal merah dan hari libur nasional Februari 2024:
– 8 Februari (Kamis): Isra Mikraj Nabi Muhammad saw.
– 10 Februari (Sabtu): Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili

Tanggal merah dan hari libur nasional Maret 2024:
– 11 Maret (Senin): Hari Suci Nyepi (Tahun Baru Saka)
– 29 Maret (Jumat): Wafat Yesus Kristus
– 31 Maret (Minggu): Kebangkitan Yesus Kristus (Paskah)

Tanggal merah dan hari libur nasional April 2024:
– 10-11 April (Rabu-Kamis): Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

Tanggal merah dan hari libur nasional Mei 2024:
– 1 Mei (Rabu): Hari Buruh Internasional
– 9 Mei (Kamis): Kenaikan Yesus Kristus
– 23 Mei (Kamis): Hari Raya Waisak 258 BE

Tanggal merah dan hari libur nasional Juni 2024:

– 1 Juni (Sabtu): Hari Lahir Pancasila
– 17 Juni (Senin) : Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah

Tanggal merah dan hari libur nasional Juli 2024:
– 7 Juli (Minggu):  Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Tanggal merah dan hari libur nasional Agustus 2024:
– 17 Agustus (Sabtu): Hari Kemerdekaan RI

Tanggal merah dan hari libur nasional September 2024:
– 16 September (Senin) : Maulid Nabi Muhammad saw.

Tanggal merah dan hari libur nasional Desember 2024:
– 25 Desember (Rabu): Kelahiran Yesus Kristus (Natal)

Selanjutnya: Jatuh Cinta Seperti di Film-Film Kini Tayang, Nonton 6 Film Indonesia Baru di Netflix

Menarik Dibaca: Ini 4 Cara Agar Tidur Malam Jadi Nyenyak dan Lelap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *