Google Meet dan Classroom terhubung dengan platform pendidikan lainnya

Jakarta (ANTARA) – Google Meet kini terhubung dengan platform pendidikan lain seperti Canvas dan PowerSchool Schoology Learning, sehingga pendidik dan siswa dapat melakukan pertemuan daring langsung dari LMS Canvas dan PowerSchool Schoology Learning.

Menurut keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, sebelumnya, pendidik yang menggunakan Canvas telah menggunakan Google Assignments LTI 1.3. Kini, Google bermitra dengan PowerSchool Schoology Learning untuk membuat Assignments LTI 1.3 tersedia di Learning Management System (LMS) mereka juga.

Assignments LTI 1.3 memungkinkan pendidik mendistribusikan tugas, menganalisis hasil belajar siswa, dan memberikan penilaian dengan lebih mudah dan efisien.

Selain itu, bagi mereka yang menggunakan Chromebook juga akan bisa mengakses langsung Google Classroom di layar utama. Para siswa akan lebih mudah melihat tugas secara langsung dan dapat memulai waktu belajar lebih cepat.

Baca juga: Google Meet hadirkan opsi fitur personalisasi penampilan

Baca juga: Google Meet bawa pembaruan resolusi video 1080p untuk panggilan grup

Classroom juga berintegrasi dengan mitra sistem informasi siswa (SIS) OneRoster. Integrasi ini memungkinkan pendidik mengekspor nilai dari Classroom ke buku nilai SIS dan mengatur kelas dengan mitra OneRoster SIS lainnya, seperti Aspen, Infinite Campus, Skyward, dan PowerSchool.

Dengan demikian, waktu pengerjaan tugas administrasi akan lebih singkat sehingga memungkinkan pendidik untuk lebih fokus pada sesi mengajar.

App Hub juga akan tersedia dalam lebih dari 10 bahasa pada akhir tahun ini. Pendidik dapat melihat aplikasi, add-on, dan sistem informasi siswa yang relevan dan terintegrasi dengan Chromebook dan Google Workspace. Hal ini termasuk add-on baru dari mitra seperti Kami, Quizizz, dan Boom Learning.

Mitra baru seperti Bloxels, Padlet, ThinkLink, SnapType, dan Texthelp juga akan hadir dalam program lisensi aplikasi Google. Ini akan memudahkan admin mengelola dan menyediakan aplikasi pilihan yang dapat diatur langsung dari konsol Google Admin.

Baca juga: Google tengah uji coba AI ciptakan “background” untuk Meet

Baca juga: Google Meet hadirkan fitur presentasi bersama

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *