Astra Tol Cipali dan Korlantas Polri resmikan Command Center KM 188

Jakarta (ANTARA) – PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) bersama Korlantas Polri meresmikan Command Center KM 188 di ex Kantor Gerbang Palimanan, Jawa Barat, Senin (1/4).

Dihadiri oleh Presiden Direktur Astra Tol Cipali Billy Perkasa Kadar, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Drs. Aan Suhanan, M.SI dan Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Dr. Triono Junoasmono, ST, M, Command Center KM 188 ini bertujuan sebagai lokasi pusat kendali operasional arus lalu lintas di wilayah Jawa Barat.

“Penggunaan kembali ex Kantor Gerbang Tol Palimanan ini merupakan salah satu bentuk sinergi ASTRA Tol Cipali dengan Korlantas Polri dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan. Dengan keberadaan Command Center di KM 188 Palimanan ini, kami harapkan informasi lalu lintas di Ruas Tol Cipali bisa tercapture secara real time,” ujar Direktur Operasional ASTRA Tol Cipali Rinaldi dalam rilis pers, Selasa.

Baca juga: Korlantas: Command center KM 188 dukung informasi lalu lintas Lebaran

Penguatan sistem informasi melalui command center yang diinisiasi langsung oleh Kakorlantas Polri saat kunjungan kerja Nataru di tahun 2023 lalu ini disambut baik oleh ASTRA Tol Cipali.

Hal ini sejalan dengan pemanfaatan kembali kantor Palimanan Utama pasca adanya integrasi transaksi tol di ruas Tol Cipali dengan ruas Tol Cikampek dan Kalikangkung di tahun 2022.

Astra Tol Cipali memastikan Command Center KM 188 tak hanya siap digunakan dari sisi prasarana saja untuk mendukung fungsinya sebagai pusat komunikasi dan koordinasi lalu lintas.

Dari sisi visual, pemantauan lalu lintas dapat terlihat melalui sembilan wall yang berisikan CCTV Ruas Tol Cipali, CCTV Ruas Tol Cisumdawu, CCTV Ruas Tol Jasamarga, hingga dashboard informasi Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) serta Monitoring Lalu Lintas Per Jam (MLPJ).

Baca juga: Astra Tol Cipali uji coba contraflow antisipasi arus mudik Lebaran

Sedangkan dari sisi komunikasi, Command Center KM 188 telah dilengkapi dengan meja operator radio oleh Polda Jabar yang berfungsi sebagai alat komunikasi utama antara petugas di Command Center dengan petugas yang berada di lapangan.

“Dengan fasilitas pendukung yang telah siap, ASTRA Tol Cipali yakin koordinasi pengaturan lalu lintas bersama dengan Korlantas Polri akan semakin optimal,” tutup Rinaldi.

Agar perjalanan selama arus mudik dan balik lebaran 2024 berjalan lancar, Astra Tol Cipali mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam kondisi yang prima.

Baca juga: Astra Tol Cipali siapkan 785 toilet gratis di mudik Lebaran tahun ini

Apabila kondisi fisik lelah dan telah mengemudi lebih dari 4 jam, segera beristirahat di 7 Rest Area Tol Cipali atau keluar gerbang tol terdekat untuk menikmati ragam kuliner dan fasilitas SPBU di lima wilayah Tol Cipali tanpa tambahan biaya tol.

Bila pengguna jalan mengalami hambatan di sepanjang ruas Tol Cipali, pengguna jalan dapat menghubungi petugas Traffic Monitoring Center (TMC) yang siap melayani pengguna jalan selama 24 jam melalui nomor +62-260-7600-600 atau 081 1234 7600.

Pengguna jalan juga dapat mengetahui informasi terbaru mengenai lalu lintas melalui Instagram official Astra Tol Cipali (@astratolcipali).

Baca juga: 2,1 juta kendaraan diprediksi melintasi Tol Cipali periode Lebaran

Baca juga: Astra Tol Cipali siapkan sejumlah titik siaga untuk contraflow

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *