McD Indonesia raih sertifikat halal sepanjang masa dari BPJPH RI

Jakarta (ANTARA) – McDonald’s (McD) Indonesia, di bawah naungan PT Rekso Nasional Food menerima sertifikat halal yang berlaku sepanjang masa dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) dan menjadikannya sebagai jaringan restoran cepat saji pertama yang mendapatkan sertifikat halal tersebut.

Sertifikat halal sepanjang ini berlaku selama tidak ada perubahan proses produksi dan komposisi produk McD Indonesia. Selain itu, pemberian sertifikat halal sepanjang masa tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang.

“Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, maka menghadirkan menu dan memastikan penyediaan makanan dengan proses halal adalah hal penting bagi kami,” kata Direktur Supply Chain & QA PT Rekso Nasional Food Ronni Rombe saat ditemui dalam acara penyerahan sertifikat halal di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca juga: McDonald’s hadirkan gerai berkonsep ramah lingkungan

Baca juga: Selama Ramadhan McDonald’s hadirkan menu hingga program spesial

“Komitmen ini telah dilakukan sejak 30 tahun lalu, McDonald’s Indonesia merupakan restoran cepat saji pertama yang mendapatkan sertifikat halal MUI di tahun 1994,” katanya.

Secara konsisten, McD Indonesia terus melakukan pembaruan Sertifikat Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI setiap 4 tahun sekali, termasuk apabila ada perubahan peraturan. Selama puluhan tahun beroperasi di Indonesia, McD Indonesia menerapkan prosedur ketat untuk menjaga kualitas menu di seluruh rantai pasok.

Hal ini bertujuan untuk memastikan keseluruhan proses penyediaan menu ke konsumen telah sesuai dengan standar halal dan prinsip Halalan Thayyiban, yakni halal dan baik. Proses menjaga kehalalan menu dilakukan mulai dari tahapan pertama, yakni seleksi bahan baku, pengembangan menu, dan pembelian bahan baku.

Kemudian, proses dilanjutkan dengan tahapan kedua untuk pemeriksaan bahan baku yang datang ke restoran secara detail dan hanya menerima sesuai dengan daftar yang ditentukan. Tahapan selanjutnya meliputi transportasi, penyimpanan dan penanganan bahan baku yang telah disetujui, proses produksi menu, pencucian fasilitas produksi, dan terakhir proses penyajian menu.

Komitmen halal yang diterapkan McD Indonesia mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Di tahun 2023, McD Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan Longlife Achievement untuk kategori Food Services – Food dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Selain itu, McDonald’s Indonesia juga meraih Top Halal Award 2023 dari IHATEC Marketing Research sebagai restoran cepat saji halal papan atas menurut konsumen milenial Indonesia.

Kini, McD Indonesia juga berhasil mendapatkan sertifikat halal yang berlaku sepanjang masa dan memposisikan diri sebagai jaringan restoran cepat saji pertama yang mendapatkannya.

“Kami apresiasi McDonald’s Indonesia sudah mematuhi ini dengan baik selama 30 tahun hingga saat ini. Kami juga terus mendorong produk halal sebagai bagian dari gaya hidup konsumen di Indonesia,” kata Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Kemenag RI Siti Aminah.

Baca juga: BPJPH: Regulasi sertifikat halal untuk UMKM wajib sebelum 18 Oktober

Baca juga: BPJPH kembali buka kuota 1 juta sertifikasi halal gratis bagi UMK 2024


 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *