Suzuki dikabarkan garap minivan listrik

Jakarta (ANTARA) – Suzuki telah mengkonfirmasi bahwa versi produksi SUV EVX akan memulai debutnya pada tahun 2025, namun laporan baru dari India menunjukkan bahwa perusahaan juga sedang mengerjakan model listrik lainnya.

Sebuah minivan, yang sepenuhnya bertenaga listrik dikabarkan akan memulai debutnya di pasar India pada bulan September 2026, dengan menggunakan basis yang sama dengan SUV seukuran Vitara yang akan datang, sebagaimana dilaporkan laman Carscoops, Selasa (12/3).

Model ini diberi nama kode YMC dan akan menjadi minivan listrik pertama yang menggunakan lambang Suzuki.

Baca juga: Maruti Suzuki kenalkan konsep SUV listrik di India Auto Expo

Baca juga: Suzuki dan Toyota gandengan tangan kembangan EV di India

Kabarnya, model tersebut akan menggunakan arsitektur “skateboard 27PL”, yang saat ini sedang dikembangkan sebagai proyek bersama Suzuki dan Toyota, yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya bodi.

Sementara untuk dapur pacunya, diharapkan akan mewarisi opsi baterai dan motor listrik EVX. Sebagai penyegaran, SUV ini akan tersedia dengan paket baterai 40 kWh dan 60 kWh, yang menawarkan jangkauan listrik hingga 500 km, di samping kemampuan berpengerak empat roda (All Wheel Drive/AWD).

Jika laporan tersebut benar, perusahaan dapat melihat pratinjau minivan dengan konsep dalam beberapa tahun ke depan, memberi kita gambaran tentang gayanya.

Kemungkinan besar minivan ini akan lebih panjang dari EVX yang memiliki panjang 4.300 mm (169,3 inci), sehingga memberi ruang untuk tata letak tempat duduk tiga baris. Pada saat yang sama, ia dapat berbagi beberapa komponen dengan SUV, termasuk dasbor dan kokpit digital.

Autocar India melaporkan bahwa Suzuki berencana untuk memperluas jajaran produk lokalnya dengan delapan mobil baru, SUV, dan MPV yang akan hadir dalam beberapa tahun ke depan. Tiga di antaranya akan menggunakan tenaga listrik sepenuhnya, dan sisanya bertenaga ICE atau hibrida.

Sebelum debut versi produksi dari konsep Suzuki EVX dan minivan yang akan datang, Suzuki akan meluncurkan turunan hibrida dari Baleno, Fronx, dan Swift sebagai bagian dari strategi elektrifikasi.

Baca juga: Suzuki, Daihatsu & Toyota kompak bikin mobil listrik mini bermodel van

Baca juga: Teknologi Suzuki Smart Hybrid gunakan dua komponen baru

Baca juga: Suzuki dan SkyDrive kerja sama mobil listrik yang bisa terbang


 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *