Porsche tarik 8.100 unit mobil sport 911 di AS

Jakarta (ANTARA) – Porsche telah menarik kembali 8.100 unit mobil sport 911 di Amerika Serikat (AS) karena masalah pemasangan kaca depan.

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS dalam pengumuman resminya menyatakan bahwa ada masalah pemasangan kaca depan pada mobil sport Porshe 911 yang membuat kaca depan kendaraan itu bisa terlepas jika terjadi kecelakaan.

Sebagaimana dikutip oleh Hindustan Times pada Kamis (7/3), dokumen penarikan lebih lanjut menyatakan bahwa jendela depan dan belakang model Porsche 911 pelekatannya mungkin kurang memadai.

Dokumen penarikan mengungkapkan bahwa masalahnya ada pada perekat yang digunakan untuk melekatkan kaca depan dan jendela belakang ke mobil.

Dokumen tersebut juga menyatakan bahwa masalahnya mungkin terletak pada kondisi di mana perekat digunakan.

Baca juga: Porsche Taycan baru jalani uji jangkauan jelang peluncuran

Menurut dokumen penarikan kembali kendaraan, beberapa bagian permukaan 911 tidak sepenuhnya bersih dari residu pada saat pemasangan di pabrik, sehingga menghasilkan ikatan perekat yang lebih lemah.

Porsche dilaporkan mengetahui masalah ini November tahun lalu. Pembuat mobil sport Jerman di bawah naungan Volkswagen AG itu kemudian melakukan inspeksi dan mendapati bagian kaca Porshe 911 di area yang lebih lemah pelekatannya bisa terlepas.

Jika terjadi kecelakaan, keseluruhan ikatan antara permukaan logam mobil dan kaca depan akan sangat terdampak dan ikatan tersebut mungkin terlalu lemah untuk menahan kaca depan pada tempatnya, sehingga kaca akan terlepas, yang dapat mengakibatkan kecelakaan besar.

Baca juga: Porsche hadirkan Apple CarPlay+ di Taycan terbaru

Namun, Porsche mengklaim bahwa tidak ada kasus kaca lepas yang teramati. Pabrikan mobil tersebut juga mengklaim bahwa mereka tidak mengetahui adanya kaca yang terlepas, dan tidak ada laporan mengenai kecelakaan atau cedera terkait dengan masalah ini.

Produsen mobil sport tersebut telah memberi tahu pemilik model Porsche 911 bahwa suara angin yang berlebihan atau kelembapan di dalam mobil dapat mengindikasikan area yang bermasalah.

Dalam kasus seperti ini, pemilik disarankan untuk membawa kendaraan ke bengkel, di mana kaca depan dan belakang akan diperiksa dan diganti jika perlu, menggunakan kaca baru yang sudah ditangani menggunakan proses pembersihan abrasif.

Penarikan kembali model Porsche 911 hanya terbatas di pasar AS. Namun, belum diungkapkan trim model Porsche 911 mana yang terdampak.

Porsche akan mulai memberitahu dealer tentang penarikan kembali kendaraan pada 13 Maret, dan pemberitahuan kepada pelanggan dijadwalkan dimulai pada 26 April.

Pemilik Porsche 911 dapat menghubungi layanan pelanggan pembuat mobil dan masuk ke situs web penarikan khusus NHTSA untuk memeriksa apakah kendaraan mereka termasuk dalam penarikan ini atau tidak. 

Baca juga: Toyota tarik beberapa model kendaraan di Indonesia
Baca juga: Empat produsen mobil Korsel akan tarik kembali 69.000 unit kendaraan
Baca juga: Stellantis tarik kembali tiga mobil di AS, termasuk Jeep

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *