Gartner: Biaya produksi mobil listrik akan lebih murah pada 2027

Jakarta (ANTARA) – Laporan baru dari perusahaan riset Gartner mengklaim bahwa pada tahun 2027 biaya produksi kendaraan bertenaga baterai akan lebih murah dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

Arena EV pada Senin mewartakan bahwa harga baterai, komponen utama mobil listrik, sekarang sudah lebih terjangkau dan teknik yang disebut gigacasting dalam pembuatan bodi mobil bisa menghemat banyak waktu dan uang dalam proses produksi kendaraan elektrik.

Berdasarkan kondisi yang ada sekarang, para analis memperkirakan dalam beberapa tahun ke depan biaya pembuatan mobil listrik bisa sama atau bahkan lebih rendah dibandingkan dengan biaya pembuatan mobil berbahan bakar minyak.

Namun demikian, desain yang kompleks dan teknologi integrasi baterai membuat kendaraan listrik membutuhkan biaya perbaikan lebih banyak jika mengalami kerusakan.

Analis Gartner dalam laporannya memperkirakan, jika mengalami kecelakaan serius maka biaya perbaikan mobil listrik bisa 30 persen lebih banyak dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak.

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *