9 Film Detektif Terbaru yang Penuh Misteri!

Film bertema detektif tak hanya menyuguhkan kelihaian sang detektif dalam mengungkap puzzle misteri, namun beberapa juga dipernuhi oleh plot twist yang bikin tercengang. Dugaan penonton dalam merangkai penyelesaian masalah atau menebak siapa penjahat dalam kasus yang berlangsung mungkin saja keliru.

Nah, kalau kamu avid fan dari kisah-kisah detektif yang penuh misteri dan teka-teki ini, maka kamu datang ke artikel yang tepat! Tim Bacaterus akan memberitahu kamu rekomendasi film-film detektif paling baru yang seru untuk ditonton. Simak daftarnya, ya!

Film asal Amerika yang tayang di tahun 2024 ini mengangkat kisah perselingkuhan yang dibarengi dengan hukum yang kompleks. Penyanyi Kelly Rowland didapuk menjadi bintang utama dari film karya sutradara Tyler Perry ini. 

Mea Culpa (Kelly Rowland) merupakan seorang pengacara ulung dan telah menjadi istri dari Kal Hawthorne (Sean Sagar). Namun pernikahan mereka tak berlangsung baik setelah Mea mengetahui bahwa suaminya itu mengencani teman baiknya sendiri. Mea dan Kal pun menjalani proses perceraian, di saat yang sama Mea diminta untuk menangani sebuah kasus.

Kasus itu melibatkan seorang aktor bernama Zyair Malloy (Trevante Rhodes) yang dituduh membunuh pacarnya dan diadili oleh Jaksa Wilayah Ray Hawthorne (Nick Dagar), saudara laki-laki Kal.

Selalu bersama, Zyair pun terpikat oleh Mea. Sialnya Mea yang awalnya tangguh mulai luruh pertahanannya. Kini Mea pun terancam tergila-gila pada Zyair yang bisa membahayakan dirinya; baik pekerjaannya dan juga pernikahannya.

Jangan sampai berurusan dengan dark web dan segala yang ada disana ya! Soalnya kalau sampai kejadian dan apes, bakal ribet banget; seperti yang jadi fokus utama dari plot film DarkGame. Film karya sutradara Howard J. Ford ini dibintangi oleh Ed Westwick sebagai tokoh utama yang bertugas memecahkan kasus dark web tersebut.

Sebuah permainan yang berasal dari dark web muncul di banyak platform media dan bisa diakses secara bebas. Permainan yang didalangi oleh pria bertopeng misterius itu sangat keji karena penuh penyiksaan bagi siapapun yang kalah dalam permainan. Hal ini membuat pihak kepolisian berusaha mencari para pelaku games itu.

Detektif Ben (Ed Westwick) akhirnya ditugaskan untuk melakukan penyelidikan. Ia berusaha bekerjasama dengan para peretas untuk bisa mendapatkan lokasi permainan itu berada. Kini setelah satu korban tewas, ada korban lainnya yang harus diselamatkan. Detektif Ben pun gigih berpacu dengan waktu untuk menghentikan permainan tersebut.

Hadir lagi film yang mengangkat genre thriller-horror berjudul Earworm karya sutradara Kyle Kleege, yang juga menjadi penulis naskahnya. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang tidak bisa bersosialisasi dengan baik, namun ia mendapatkan undangan untuk berpesta yang berujung pada marabahaya bagi orang sekitarnya.

Henry Adams (Evan Jones) selalu merasa canggung untuk berada di lingkungan ramai. Ia tidak pandai berbaur dan selalu menyendiri. Satu waktu, ia mendapat undangan untuk menghadiri sebuah acara yang kelihatannya menyenangkan. Ia pun memberanikan diri untuk ikut berpartisipasi.

Namun setelah dari acara tersebut, beberapa orang terbunuh. Hal tersebut lantas menarik perhatian Detektif Williams (Richard Lounello) untuk mencari tahu apa yang terjadi. Begitu penyelidikan dilakukan, semua bukti dan informasi mengenai pelaku mengarah kepada Henry Adams. Ada apakah gerangan? 

Film komedi misteri yang satu ini cocok sekali disaksikan bersama keluarga. Filmnya sendiri menceritakan tentang usaha seorang wanita untuk mendapatkan kembali lukisan yang dicuri!

Kate Bennett (Javicia Leslie) baru saja berhenti dari pekerjaannya sebagai seorang pageantry dan memilih untuk belajar juga menggapai mimpinya sebagai seorang detektif swasta. Ia melakukan semua demi hal tersebut. Usahanya pun tidak sia-sia, ia diperhitungkan namun Kate harus bisa membuktikan bahwa ia bisa menjadi detektif terbaik.

Hal tersebut ternyata di dengar semesta. Sebuah galeri seni lokal melaporkan adanya pencurian sebuah lukisan terkenal sebelum galeri itu dibuka. Memanfaatkan kasus tersebut, Kate pun berusaha melakukan investigasi bersama mantan kekasihnya yang juga seorang detektif, Derek Oakley (Brad James). Mampukah mereka mendapatkan kembali lukisan tersebut?

Mr. Monk’s Last Case merupakan sebuah serial televisi asal Amerika yang tayang dari tahun 2002 hingga tahun 2009. Kisahnya yang seru membuat banyak orang menunggu untuk dibuatkan versi filmnya dan voilà! Di akhir tahun 2023, film Mr. Monk’s Last Case: A Monk Movie akhirnya tayang di platform Peacock.

Adrian Monk (Tony Shalhoub) merasa tak pantas menjadi sosok yang diharapkan setelah gagal menerbitkan buku untuk membiayai pernikahan anak sambungnya, Molly (Caitlin McGee). Monk pun hendak bunuh diri saja, namun berhenti setelah terbayang mendiang sang istri, Trudy (Melora Hardin). Ia pun berusaha untuk memperbaiki semuanya.

Naas, begitu hendak berusaha menggapai Molly kembali, Griffin (Austin Scott), calon suami anak sambungnya itu tewas dalam sebuah kecelakaan yang janggal.

Molly sedih bukan main dan berusaha untuk meminta sang Ayah membantu menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi. Begitu Monk melakukan investigasi, ia menemukan bukti bahwa seorang miliarder bernama Rick Eden (James Purefoy) yang telah melakukan pembunuhan terhadap calon suami anaknya tersebut.

Setelah Murder on the Orient Express, Hercule Poirot kembali beraksi dalam petualangan barunya. Pasca-Perang Dunia II, Hercule Poirot kini telah pensiun dan tinggal di pengasingannya di Venesia. Suatu hari, dia kedatangan tamu seorang penulis novel misteri terbaik di dunia, Ariadne Oliver (Tina Fey).

Pada malam sebelum Halloween, Oliver meminta Poirot untuk bergabung dalam acara pemanggilan arwah. Oliver menantang Poirot (Kenneth Branagh) untuk membuktikan bahwa upacara semacam itu tidak nyata. Sang pensiunan detektif setuju, dan mereka mengunjungi palazzo milik Rowena Drake (Kelly Reilly). Istana tua yang sudah usang itu terkenal berhantu. 

Tidak ada yang aneh dari acara tersebut, hingga pembunuhan tak terduga dialami oleh seorang cenayang di acara pemanggilan arwah terjadi. Mantan detektif Poirot pun sekali lagi berusaha mengungkapkan pembunuhnya. 

Berbeda dari seri film Agatha Christie lainnya, A Haunting in Venice menggabungkan elemen horor dan supernatural ke dalam misteri yang menjadi genre utama film-film Hercule Poirot. Penasaran dengan ceritanya? Yuk, saksikan A Haunting in Venice sekarang juga!

Merupakan sekuel dari film berjudul Murder Mystery yang tayang pada tahun 2019, tokoh utama dalam film ini masih tetap diperankan oleh Adam Sandler dan Jennifer Aniston. Adapun beberapa wajah baru yang turut serta dalam film ini diantaranya Mark Strong, Jodie Turner-Smith, Melanie Laurent dan masih banyak lagi.

Ceritanya berfokus pada petualangan Nick dan Audrey yang kini menjadi detektif swasta dan membuka agen investigasi mereka sendiri. Dengan berlatar belakang waktu empat tahun setelah petualangan mereka di Monte Carlo, kini mereka terlibat lagi dalam sebuah masalah besar.

Mereka diundang menghadiri pesta pernikahan The Maharajah di pulau pribadinya. Di tengah-tengah pesta yang meriah, The Maharajah justru diculik di hari pernikahannya sendiri. Dimulai dari sinilah aksi kejar mengejar antara Nick, Audrey dan penculik terjadi. Lantas, bagaimanakah aksi pasangan ini dalam memecahkan kasusnya?

Luther: The Fallen Sun merupakan film drama kejahatan yang menceritakan kisah seorang detektif bernama Jhon Luther (Idris Elba). Dia merupakan detektif yang memiliki kemampuan luar biasa, namun saat sedang mengusut sebuah kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh David Robey, dia malah dipenjara.

Luther dijebak oleh David Robey, seorang pengusaha kaya yang dengan sengaja membuka aib Luther dan menyebabkan dia harus kehilangan pekerjaannya dan mendekam dipenjara. Setelah beberapa lama di penjara, David dengan sengaja mengirim rekaman penyiksaan korban di radio yang frekuensinya dikirim melalui sebuah surat untuk Luther.

Hal itu membuat Luther semakin memanas dan ingin segera menangkap Davis. Lalu dengan bantuan dari temannya, Detektif Odette, Luther akhirnya bisa keluar dari penjara untuk mengejar David Robey. Dalam pengejarannya, David berhasil kabur dengan berbagai cara yang licik. Bagaimanakah hasil akhir dari kasus ini? Akankah Luther membersihkan nama baiknya kembali?

Sosok Detektif John Luther ini sebenarnya sudah lebih terkenal dalam bentuk serialnya. Terdapat 5 season dengan total 20 episode. Serialnya mendapatkan pujian dari para kritikus film, terutama season perdana dan season terakhirnya.

Boston Strangler adalah film kriminal sejarah asal Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2023. Kisahnya sendiri ditulis oleh Matt Ruskin berdasarkan kisah nyata dari pelaku pencekikan di Boston yang santer di tahun 1960-an.

Loretta McLaughlin (Keira Knightley) adalah seorang reporter untuk majalah Boston Record American. Ia mencoba untuk melakukan investigasi terhadap kasus pembunuhan yang telah merenggut nyawa 3 orang wanita. Begitu mendalami kasus tersebut, Loretta menemukan pola yang sama, yakni sang korban dicekik oleh stocking hingga tewas.

Sepanjang perjalanan investigasi tersebut, rekan sesama reporter, Jean Cole (Carrie Coon) memutuskan untuk bergabung dengan Loretta untuk mengungkap kasus Strangler tersebut. Kedua wanita ini terus memperingatkan para wanita lainnya untuk hati-hati. Satu petunjuk diikuti petunjuk lainnya mulai terlihat membuat Loretta dan Jean siap melaporkan identitas pelaku kepada publik.

Meski baik Loretta dan Jean bukanlah seorang polisi ataupun detektif swasta, pengungkapan misteri yang dilakukan membuat mereka tampak seperti para detektif handal, lho!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *