10 Film Kung Fu Terbaru yang Dijamin Seru!

Istilah kung fu awalnya dipakai untuk menyebut seseorang yang punya suatu keahlian seperti ahli masak, ahli tukang dan lain sebagainya. Namun, istilah ini menjadi populer setelah aktor Bruce Lee memperkenalkan kemampuannya dalam seni beladiri kepada dunia lewat film-film yang dibintanginya. Sang legenda pun terus menginspirasi banyak sutradara dalam membuat film bertema serupa.

Dari banyaknya film kung fu yang muncul ke layar lebar, Bacaterus mulai memilah dari yang paling baru supaya kalian tetap up-to-date. Film-film ini juga tidak melulu berasal dari daratan China, lho!

Dibintangi oleh aktor legendaris Jackie Chan sebagai pemeran utamanya, film ini juga turut menggandeng beberapa nama besar bintang ternama lainnya seperti Wu Jin, Guo Qilin, Joey Yung, Liu Haocun dan Yu Rongguang. Disutradarai dan ditulis oleh Larry Yang yang sudah terkenal akan karya-karyanya yang sukses, film ini memiliki kisah yang seru, menarik, dan juga lucu.

Kisah dari film ini menceritakan tentang Lao Luo yang adalah mantan stuntman terkenal dan kuda kesayangannya bernama Red Hare. Karena sudah tidak bekerja lagi, Lao Luo kini hidup susah dan tidak mampu melunasi hutang-hutangnya. Putrinya, Xiao Bao (Liu Haocun) memberitahu Lao Luo bahwa kudanya bisa dilelang demi membayar hutangnya tersebut.

Pada saat yang bersamaan, penagih hutang datang untuk menagih dan berujung pada perkelahian. Tanpa sengaja, pekelahian ini direkam dan videonya menjadi viral di media sosial. Hal ini ternyata membawa keberuntungan, karena Lao Luo menjadi dapat kesempatan lagi untuk berkarir sebagai stuntman.

Film berjudul Kung Fu Leeuw atau dikenal juga dengan Kung Fu Lion ini mengambil latar belakang di Rotterdam, Belanda. Ceritanya sendiri mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang anak remaja bernama Jimmy (Tyrell Williams) yang sedang berlatih kung fu.

Kisahnya berfokus pada pengembangan diri seorang anak muda yang harus bisa belajar menerima sebuah keadaan. Jimmy yang sudah berlatih kung fu sejak kecil ini berharap terpilih untuk masuk ke dalam tim pemain barongsai, khususnya dia ingin menjadi bagian depan atau kepala dari barongsai.

Di sisi lain, hadir siswa baru bernama Li Jié, yang bisa melakukan lompatan tinggi dan gerakan Kung Fu yang anggun. Hal ini membuat Jimmy menjadi cemburu. Kecemburuan Jimmy bertambah ketika shifu/ guru mereka memilih Li Jie di posisi depan/kepala barongsai sedangkan Jimmy di bagian belakang/ekornya.

Dengan berat hati Jimmy menyetujui keputusan shifu meskipun dia sangat ingin berada di posisi kepala saat menggerakan barongsai. Kira-kira apakah Jimmy bisa menghadapi rasa cemburunya ini? Apakah dia akan tetap bisa menjalankan semuanya dengan baik?

Sakra merupakan adaptasi dari novel Wuxia Demi Gods and Semi Devils karya Jin Yong, yang dibintangi juga disutradarai oleh aktor laga ternama Hong Kong yaitu Donnie Yen.

Kisahnya mengambil latar belakang Dinasti Song, yang pada saat itu sedang diinvasi oleh Khitan atau Dinasti Liao. Kisahnya dimulai saat Qiao Feng (Donnie Yen), sosok yang dihormati di dunia bela diri dan pemimpin Geng Pengemis, difitnah sebagai pengkhianat.

Selain itu, dia juga dijebak dan dituduh sebagai pembunuh komandan kedua Geng Pengemis, gurunya di Kuil Shaolin juga kedua orang tua angkatnya. Saat rumor ini sudah beredar ke seluruh negeri, dia bertekad untuk menyelidiki kebenarannya.

Dalam pencariannya, Qiao Feng bertemu dan jatuh cinta dengan Azhu (Chen Yuqi). Dia merupakan seorang pelayan yang juga ahli penukar wajah. Namun sayangnya kisah mereka juga berakhir tragis. Akankah Qiao Feng bisa menemukan kebenaran dan membersihkan namanya?

Dikenal juga dengan Thanh Soi, film ini merupakan prekuel dari film Furie tahun 2019. Disutradarai oleh Veronica Ngo yang sekaligus berpartisipasi sebagai pemerannya, film ini menceritakan tentang pembalasan dendam akan ketidakadilan yang dialami oleh wanita. Dalam Furies, wanita kerap diperlakukan seperti sampah.

Diceritakan terdapat tiga wanita yang dilatih untuk bisa mengalahkan penguasa sindikat kejahatan. Mereka terdiri dari tiga wanita tangguh yang jago bertarung. Dan ketiganya melakukan aksinya ini semata-mata untuk menegakan keadilan.

Berlatar belakang di Saigon tahun 1990, ketiga wanita ini mau membalas dendam pada penguasa sindikat kejahatan. Demi melancarkan aksinya, mereka menyusup ke dalam sindikat tersebut. Akankah mereka berhasil melawan sindikat ini? Lalu apakah mereka bertiga melakukan ini semua demi keadilan atau ada alasan lain?

Seorang gadis bernama Daisy (Jennifer N. Linch) menemukan bahwa dia diwarisi sebuah rumah tua dari mendiang kakeknya. Kakeknya Daisy adalah seorang ahli bela diri, meski dia belum pernah bertemu sang kakek semasa hidupnya.

Saat Daisy mengunjungi rumah kakeknya, dia dikejutkan dengan penjaga rumah itu yang adalah hantu misterius. Daisy pun bekerjasama dengan hantu penjaga rumah kakeknya itu untuk menjaga peninggalan-peninggalan bersejarah dari pencuri. Dalam petualangannya, Daisy banyak bertemu dengan tokoh-tokoh unik dan lucu.

Film aksi komedi ini disutradarai oleh Jennifer N. Meskipun didominasi komedi, tak menjadikan film ini kekurangan unsur aksi dan adegan pertarungan. Kung Fu Ghost sangat cocok bagi penyuka film Kung Fu.

Pada awalnya, peran utama film ini akan diberikan pada Jackie Chan, mengingat ada banyak adegan aksi di dalamnya. Namun, akhirnya proyek ini jatuh pada Michelle Yeoh. Berkat performanya dalam film ini Yeoh bahkan jadi orang Asia pertama yang menang penghargaan aktris terbaik Oscar.

Everything Everywhere All At Once menceritakan tentang sebuah keluarga yang bertualangan antar dimensi. Keluarga yang dimaksud adalah Evelyn Quan Wang (Michelle Yeoh), seorang imigran asal China yang tinggal di Amerika bersama keluarganya.

Evelyn hidup bersama suaminya, Waymond Wang (Ke Huy Quan) dan anaknya, Joy Wang (Stephanie Hsu). Kisahnya dimulai saat Alpha Waymond, suaminya dari semesta lain yang disebut dengan Alphaverse datang ke semesta Evelyn berada. Dia meyakinkan Evelyn bahwa semesta lain benar-benar ada.

Alpha Waymond juga mengatakan bahwa semesta sedang terancam oleh sebuah sosok bernama Jobu Tupaki. Singkat cerita, akhirnya Evelyn menjelajah multiverse untuk menemui dirinya di universe lain dan berusaha menyelamatkan semesta. Seperti apakah petualangan multiverse yang ada dalam film ini?

Merupakan adaptasi dari novel terkenal berjudul Kisah Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga karya Louis Cha, judul ini sudah dibuat ulang dalam bentuk serial drama dan film. Salah satu adaptasi film yang paling terkenal adalah Kung Fu Cult Master versi Jet Li buatan tahun 1993.

Hadir dalam bentuk film layar lebar berdurasi 1 jam 54 menit yang rilis di tahun 2022, film ini mengisahkan tentang Zhang Cuishan (Louis Koo) yang tinggal di Pulau Shangri-La Ice and Fire bersama istrinya, Yin Su Su, dan anaknya yang bernama Zhang Wuji (Donnie Yen).

Suatu waktu, keluarga ini tiba-tiba diserang, dan menyebabkan Zhang Wuji yang masih kecil harus bertahan hidup sebagai yatim piatu. Singkat cerita, Zhang Wuji yang sudah tumbuh dewasa ini ingin mencari kebenaran tentang serangan yang terjadi pada orang tuanya di masa lalu.

Dalam perjalanannya, dia malah terlibat dalam konflik di dunia bela diri. Dia juga bertemu dengan musuh bebuyutannya yaitu Xie Xun (Raymond Lam), dan Chiu Manyun (Janice Man).

Film ini menampilkan aksi pertempuran kung fu yang epik dengan cerita yang penuh dengan intrik. Tidak hanya soal aksi bela diri, tapi di dalamnya ada juga kisah cinta, persahabatan hingga pengkhianatan. Penasaran dengan kelanjutan kisah seru dari keluarga Zhang ini? Segera saksikan filmnya, ya!

Ip Man: The Awakening diperankan oleh Tse Miu, seorang aktor ternama Tiongkok yang terkenal dengan aksinya. Tse Miu pernah beradu akting dengan Jet Li sebagai anaknya dalam film The New Legend of Shaolin tahun 1994.

Dalam film ini Tse Miu memerankan karakter Master Ip yang tengah melakukan perjalanannya ke Hongkong. Namun tanpa disangka, di sana dia menemukan sebuah masalah baru: aksi penculikan brutal yang dilakukan oleh jaringan perdagangan manusia yang terkenal kejam dan jahat. Master Ip pun turun tangan dalam menangani masalah ini melawan sindikat tersebut.

Menyadari kemampuan bela diri Master Ip yang sangat kuat, para penjahat mundur dan menyiapkan rencana balas dendam. Mereka menyandera teman Master Ip dan memaksanya datang ke tempat yang mereka tentukan. Mampukan Master Ip menghadapi para penjahat itu sendirian?

A Writes’s Odyssey dibuat berdasarkan novel karya Shuang Xuetao, dan sekuelnya, Godslayer, telah masuk ke dalam beberapa nominasi di ajang penghargaan bergengsi seperti 34th Golden Rooster Awards dan 15th Asian Film Awards pada tahun 2021.

Kisahnya dimulai ketika Guan Ning (Lei Jiayin) putus asa mencari anak perempuannya yang hilang di tangan sindikat perdagangan manusia. Namun tiba-tiba, ia mendapat tawaran dari sebuah perusahaan besar yang bersedia membantunya jika ia mau membunuh Lu Kongwen (Dong Zijian), seorang penulis novel fantasi.

Novel buatan Lu Kongwen bercerita tentang seorang pemuda yang melawan Redmane, seorang despot yang mengancam dunia mereka. Anehnya, dunia novel itu seolah-olah menjadi nyata dan mempengaruhi kenyataan.

Bos perusahaan yang menawari Guan Ning kerjasama, yang merasa terkutuk oleh novel buatan sang novelis, ingin menghabisi Lu Kongwen secepatnya. Upaya Guan Ning menyingkirkan Lu Kong Wen pun dimulai.

Empat orang Master Yinyang bertugas menjaga kerajaan dari serangan musuh. Pada suatu hari, dikisahkan ada iblis ular yang memiliki kekuatan besar muncul setiap seratus tahun sekali. Dan sudah menjadi tugas Master Yinyang untuk membunuh iblis ular itu.

Para Master Yinyang ini terdiri dari Qing Ming (Mark Chao), seseorang yang merupakan keturunan iblis; Boya (Allen Deng Lun), Bai Ni (Zhou Xun) dan Ci Mu (William Chan). Saat mantra yang dipakai untuk melindungi kerajaan hilang, Qing Ming dibantu Boya untuk mencari cara supaya tidak ada satupun korban dari serangan iblis ular ini.

Selain bekerja sama untuk membunuh iblis ular, mereka ternyata harus melawan Putri Kerajaan yang ternyata menginginkan keabadian yang dimiliki oleh iblis ular.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *