Borneo FC pastikan satu tempat di Championship Series

Jakarta (ANTARA) – Borneo FC memastikan satu tempat di Championship Series Liga 1 Indonesia musim ini setelah mengalahkan Persebaya Surabaya 2-1 pada pekan ke-28 Liga 1 Indonesia di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis.

Pada pertandingan ini Persebaya Surabaya sempat unggul terlebih dahulu melalui Toni Firmansyah, namun Borneo FC dapat bangkit lewat gol bunuh diri Kasim Botan dan tendangan Ikhsan Nul Zikrak, demikian catatan Liga Indonesia.

Hasil ini membuat Borneo FC masih kokoh di peringkat pertama klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan 66 poin dari 28 pertandingan, sudah tak mungkin terlempar keluar dari empat besar.

Sementara itu, Persebaya Surabaya menempati posisi ke-10 klasemen sementara, hanya berjarak tujuh poin dari zona degradasi.

Baca juga: Dewa United hantam Persikabo 2-1

Pada babak pertama kedua tim memulai dengan tempo sedang dan saling menunggu sehingga bola lebih sering beredar di lini tengah.

Borneo memiliki peluang terlebih dahulu lewat tendangan Felipe Cadenazzi setelah menerima umpan terobosan Wiljan Pluim, namun dapat dihalau kiper Persebaya Andhika Ramadhani.

Skuad asuhan Pieter Huistra kembali mendapat peluang, kali ini lewat tendangan keras Adam Alis, namun kembali dapat dihalau Andhika.

Persebaya berbalik memberikan ancaman melalui aksi Bruno Moreira, akan tetapi tendangan datarnya terlalu lemah dan mengarah ke pelukan Nadeo Argawinata. Skor 0-0 bertahan hingga pertama selesai.

Baca juga: Arema ditahan seri 0-0 oleh Bhayangkara FC

Memasuki babak kedua, Borneo FC mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat mendapatkan dua peluang beruntun dari Terens Puhiri serta Cadenazzi, namun keduanya belum membuahkan hasil.

Selanjutnya giliran Persebaya yang memiliki peluang melalui sundulan Paulo Henrique, namun bola masih melambung di atas mistar gawang Borneo.

Persebaya berhasil mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 85 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti Toni Firmansyah sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Pada waktu tambahan babak kedua, tepatnya menit 90+2, Borneo FC berhasil menyamakan kedudukan setelah Kasim Botan melalukan gol bunuh diri sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Borneo FC mengunci kemenangan pada pertandingan ini setelah Ikhsan Nul Zikrak membobol gawang Persebaya pada menit 90+8 sehingga skor berubah menjadi 2-1. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan selesai.

Selanjutnya Borneo FC akan bertandang ke markas PSS Sleman pada pekan ke-29 Liga 1 Indonesia, 14 Maret mendatang, sedangkan Persebaya Surabaya menjamu Madura United, sehari sebelumnya.

Baca juga: Madura United tekuk Persita Tangerang 3-2

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *