Microsoft hentikan dukungan untuk aplikasi Android di Windows 11

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft mengumumkan penghentian dukungan untuk aplikasi Android di Windows 11 termasuk akses kepada Amazon Appstore.

Mengutip Tech Crunch, Rabu, sejak tahun 2021 pengguna dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11 karena dukungan dari Windows Subsystem for Android (WSA).

Dengan begitu, berbagai aplikasi untuk Android tersedia di Windows 11 salah satunya melalui Amazon Appstore berkat kesepakatan kerja sama antara Microsoft dan Amazon.

Baca juga: Microsoft hilangkan WordPad di versi Windows 11 Insider Build terbaru

Baca juga: Aplikasi Paint hadirkan tampilan dark mode pada Windows 11

Akan tetapi, kini Microsoft berencana menghentikan operasional WSA pada tahun ini. Pengguna Windows 11 yang telah memasang Amazon Appstore atau aplikasi Android masih dapat mengakses aplikasi tersebut hingga 5 Maret 2025.

Selain itu, Amazon juga berencana menutup akses bagi pengguna baru untuk mengunduh Amazon Appstore dari Microsoft Store, toko aplikasi Microsoft untuk Windows.

“Karena Microsoft mengakhiri dukungannya untuk Windows Subsystem for Android (WSA), Amazon Appstore di Windows 11 tidak akan lagi didukung setelah 5 Maret 2025,” tulis keterangan yang diunggah Amazon pada Selasa (5/3).

“Pengembang tidak dapat menyediakan aplikasi baru untuk Windows 11 setelah 5 Maret 2024, tetapi pengembang dengan aplikasi yang telah ada dapat terus menyediakan pembaruan aplikasi hingga Amazon Appstore di Windows 11 sepenuhnya dihentikan,” tambahnya.

Meskipun dukungan untuk WSA akan berakhir, pengguna masih dapat menjalankan aplikasi Android di Windows melalui platform pihak ketiga. Contohnya Waydroid yang diperuntukkan untuk sistem operasi Linux, lalu ada BlueStacks untuk pengguna Windows dan macOS.

Di sisi lain, Microsoft masih berusaha menjembatani pengguna Android dan Windows melalui beberapa fitur baru yang dihadirkannya.

Baru-baru ini, Microsoft meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna Android menggunakan kamera ponsel mereka sebagai webcam di Windows 11.

Kemudian, Microsoft juga menghadirkan aplikasi seperti Link to Windows, yang memungkinkan pengguna Android dan iOS untuk melakukan dan menerima panggilan, membalas pesan teks, serta memeriksa atau mengabaikan pemberitahuan dari perangkat PC Windows.

Baca juga: Microsoft siapkan banyak pembaruan, Windows 12 luncur di 2024?

Baca juga: Microsoft uji coba fitur baru Windows 11


 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *