Langkah merawat mobil ketika musim hujan

Jakarta (ANTARA) – Memasuki musim hujan biasanya para pemilik kendaraan khususnya pemilik kendaraan roda empat, enggan untuk merawat kendaraan mereka lebih ekstra.

Meski demikian, bagi pemilik mobil yang membawa kendaraan mereka ke salon khusus mobil dan terjebak dalam kondisi hujan usai melakukan perawatan. Ternyata, penanganannya cukup mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan khusus seperti sampo atau sabun khusus.

Baca juga: Tips cuci mobil sendiri agar bersih dan aman untuk kendaraan

Baca juga: Perlukah membilas mobil setelah terkena hujan?

“Nomor satu, kalau sudah coating dan wax ketika terjebak hujan, sebisa mungkin di bawah 24 jam langsung bilas tanpa menggunakan shampoo.,” kata Direktur Operasional Autoglaze, Allan Novatan di BSD, Tangerang Selatan, Rabu.

Perlakuan yang cukup minim ketika mobil keluar dari salon, dikarenakan mobil tersebut masih mendapat perlindungan dari berbagai bahan-bahan pendukung yang diberikan oleh salon mobil tersebut.

“Karena sudah ada wax dan coating itu sendiri, jadi mobil lebih tahan. Kecuali pemilik habis dari luar kota, atau kotor banget dari tanah, baru harus dengan shampoo. Kalau tidak, ya cukup bila saja,” ucap dia.

Meski begitu, para pemilik kendaraan disarankan untuk membilas kendaraannya dengan menggunakan lap atau kain khusus yang tidak memberikan efek buruk untuk kendaraan yang baru keluar dari salon khusus.

Kain ini merupakan kain sintetis yang terbuat dari 80 persen bahan polyester dan 20 persen polyamide, sehingga kain ini memiliki tekstur yang lembut dan dirasa aman ketika digunakan untuk merawat kendaraan dibandingkan dengan kain pada umumnya.

Ilustrasi: merawat mobil usai terkena guyuran hujan. (ANTARA/Chairul Rohman)

“Kalau yang bagus itu 300 gram, jadi lebih tebal. Kalau kita pakai yang tebal itu kan lebih lembut jadi lebih aman ketika digunakan,” ujar dia.

Saat ini, Autoglaze yang menjalin kerjasama dengan YIGOLI Robotics, perusahaan yang kompeten dalam bidang robotika dan layanan di bidang otomotif. Sehingga, menghadirkan pengalaman cuci kendaraan dengan waktu yang sangat singkat

“Mesin carwash pertama di Indonesia dengan teknologi terkini, yaitu cuci cepat, irit air dan bahan baku shampoo maupun Wax serta ramah lingkungan yaitu sistem air daur ulang,” ucap CEO Autoglaze, Robby Kurnia di lokasi yang sama.

Pengalaman yang membedakan dengan tempat cuci mobil lainnya, juga menjadi daya tarik tersendiri. Menggunakan brand Turbo Wash, Autoglaze menyajikan cuci kendaraan mobil tanpa harus keluar dari kendaraan dengan kualitas yang tidak kalah dengan tempat cuci konvensional.

“Mesin ini juga di support IoT dengan layanan 24 jam dan pembayaran non tunai, dan waktunya itu hanya 6 sampai 9 menit saja,” tutur dia.

Saat ini, Autoglaze menghadirkan layanan cuci mobil express dengan harga RP30 ribu, cuci deluxe ditambah Wax Rp40ribu dan cuci ultimate di tambah double wax Rp50 ribu.

Baca juga: Autoglaze hadirkan layanan cuci mobil “touchless” di SPBU Pertamina

Baca juga: Mencuci kaca mobil sebaiknya tak pakai sabun, kenapa?


 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *