10 Film Korea Terbaru yang Lagi Hits di Tahun 2024

Korea Selatan merupakan kiblat hiburan yang tengah digandrungi publik. Mulai dari K-Pop, K-Drama, bahkan kini industri film negeri ginseng pun menjadi pusat perhatian terutama setelah beberapa film yang diproduksinya memenangkan penghargaan bergengsi internasional. Karenanya, kini para sutradara, penulis skenario dan para aktor Korea Selatan semakin produktif menghasilkan karya.

Setiap bulannya selalu ada film Korea terbaru yang ditelurkan dan berhasil menembus pasar internasional. Tidak sedikit dari film-film tersebut yang menyuguhkan kisah lebih fresh dan unik yang siap menghibur para penontonnya. Nah, Bacaterus sudah mengumpulkan film-film Korea terbaru yang bisa kamu tonton. Berikut daftarnya:

Menandai debut sutradara Kim Hee Jin, film ini menceritakan kisah mengharukan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Loh Kiwan (Song Joong Ki) dalam membangun kehidupan baru. Kiwan adalah pengungsi Korea Utara yang berusaha untuk bertahan hidup di Belgia.

Kiwan dan ibunya, Ok Hee (Kim Sung Ryung), melarikan diri dari Korea Utara menuju China. Sayangnya mereka hidup dalam bayang-bayang deportasi dan eksploitasi di sana. Bahkan pada malam ulang tahun Kiwan, tragedi melanda.

Saat Kiwan mengantarkan payung untuk Ok Hee, polisi berhasil melacak mereka. Ok Hee pun tertabrak truk saat berusaha melindungi Kiwan, dan meninggal dunia. Di tengah dukacita itu, Kiwan berusaha memenuhi permintaan terakhir ibunya untuk pergi ke Belgia dan mencari kehidupan yang lebih baik.

Kiwan berjuang untuk belajar bahasa baru hingga mendapatkan pekerjaan. Ia lalu bertemu Marie (Choi Sung Eun), seorang wanita Korea yang sudah jadi warga negara Belgia. Berbeda dengan Kiwan yang datang untuk hidup baru, Marie merasa hidupnya tak berarah. Meski pertemuan pertama mereka tidak menyenangkan, keduanya perlahan saling jatuh cinta.

Per akhir Februari, Exhuma digadang sebagai film box office Korea terlaris tahun 2024 dengan pendapatan yang fantastis. Kisah film yang mengangkat gerne thriller dan horror ini dimulai ketika satu keluarga kaya di Los Angeles diteror oleh serangkaian kejadian supranatural. Bayi mereka menjadi sasaran kekuatan jahat. Hal ini tentu mengancam keselamatan sang bayi.

Dua dukun muda berbakat, Hwa Rim (Kim Go Eun) dan Bong Gil (Lee Do Hyun), menjadi harapan terakhir keluarga ini. Hwa Rim yang punya intuisi tajam, merasakan bahwa kekuatan yang menghantui keluarga tersebut berasal dari leluhur mereka sendiri. Dia menyebutnya “Panggilan Kubur”, sebuah kutukan yang terbawa dari masa lalu.

Hwa Rim lalu meminta bantuan seorang geomancer bernama Sang Deok (Choi Min Shik), dan seorang petugas pemakaman berpengalaman, Yeong Geun (Yoo Hae Jin), untuk menyelesaikan persoalan mistis ini. Mereka mengusulkan sebuah langkah berani untuk menenangkan roh-roh yang gentayangan, yakni dengan menggali kuburan leluhur keluarga tersebut.

Kuburan yang dimaksud rupanya terletak di sebuah desa terpencil di Korea. Mereka pun memulai penggalian, tanpa menyadari bahwa apa yang mereka lakukan ternyata membuka pintu gerbang bagi kekuatan jahat yang terkubur selama berabad-abad.

Dibintangi Ma Dong Seok, Badland Hunters merupakan sekuel dari Concrete Utopia. Keduanya sama-sama menceritakan tentang dunia pasca-apokaliptik setelah perang nuklir menghancurkan dunia. Seoul sendiri menjadi tempat yang tandus dan berbahaya, hanya ada gurun pasir yang terbentang luas.

Yang lebih mengerikannya lagi, warga kesulitan mencari pasokan air bersih. Mereka mencoba bertahan hidup sebisa mungkin dengan menyaring air kotor dan melakukan barter barang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dikisahkan salah satu distrik penyintas didatangi oleh sekelompok orang yang mencari remaja berusia 18 tahun. Seorang gadis bernama Su Na dan neneknya pun dibawa ke pusat kota dan dijanjikan untuk diberi kehidupan layak. Namun, dalam perjalanan, Su Na malah dipisahkan dengan sang nenek. Dia juga dibawa ke sebuah rumah sakit, sementara nyawa neneknya malah dihabisi.

Untungnya, dua orang warga distrik yang juga tetangga Su Na, Nam San dan Ji Wan, menyaksikan keanehan ini. Mereka pun bertekad untuk menyelamatkan Su Na. Meski tidak mudah, karena harus melawan banyak pihak termasuk para mutan aneh yang berkeliaran, akhirnya mereka memecahkan misteri yang terjadi di rumah sakit tempat Su Na disekap.

Sesuai dengan judulnya, para karakter di Alienoid pertama akan kembali ke masa depan demi menghentikan invasi alien yang mengancam keberlangsungan hidup manusia. Para alien tersebut berhasil melepaskan Haava, gas atmosfer dari planet mereka, yang jika dilepaskan di Bumi, akan membuat Bumi rusak.

Setelah berhasil menemukan Bilah Ilahi yang menjadi kunci untuk menyelamatkan Bumi dari para alien, kelompok Tao dari era Goryeo melakukan perjalanan waktu ke masa depan untuk berhadapan dengan para manusia yang tubuhnya sudah dikuasai oleh alien jahat. Mereka berusaha menghentikan rencana jahat para alien tersebut.

Kelompok Tao ini tediri dari Thunder, agen rahasia yang memantau para tahanan alien; Lee An, seorang pendekar pedang dinasti Goryeo yang menggunakan pistol sebagai senjata tempurnya; dan Mureuk, pendekar pedang kikuk yang ternyata tubuhnya menjadi tempat sang alieh jahat “The Controller” bersemayam.

Dalam tugas ini mereka juga dibantu oleh seorang pegawai negeri sipil bernama Min Kae In. Dan, masih sama dengan film pertamanya, Alienoid: The Return To The Future masih menjajakan kisah aksi komedi dengan balutan CGI yang dapat memanjakan mata penonton.

Kamu penat dan butuh hiburan? Maka film komedi romantis asal Korea Selatan berjudul Single in Seoul ini bisa jadi bahan rekomendasi tontonan akhir pekan. Disutradarai oleh Park Beom Soo dan dibintangi oleh Lee Dong Wook dan Im Soo Jung, film ini menceritakan tentang seorang influencer penyendiri yang memiliki hubungan dengan seorang penerbit yang berjiwa bebas.

Sang influencer yang bernama Park Yeong Ho (Lee Dong Wook) memanfaatkan keadaan hidup juga kisah cintanya yang minim itu untuk menulis sebuah buku berjudul Single in Seoul. Sebagai seorang penerbit, Joo Hyeon Jin (Im Soo Jung) pun akhirnya harus menerbitkan buku milik Yeong Ho yang dianggap tidak masuk akal oleh Hyeon Jin.

Meski demikian, buku-buku itu harus tetap naik cetak. Ternyata proses perilisan buku tersebut malah membawa Yeong Ho dan Hyeon Jin pada sebuah keadaan yang memaksa keduanya selalu bertemu. Tak disangka, pertemuan sesering itu membuat perasaan keduanya berkembang. Kira-kira si penyendiri dengan si social butterfly itu akan cocok gak ya dalam hubungan asrama mereka?

Pencarian Detektif Won Ho (Cho Jin Woong) dalam menguak identitas sekaligus menangkap pimpinan gembong narkoba terbesar di Asia, Tuan Lee, berlanjut. Kini ia mencari Rak (Oh Seung Hoon), mantan pengedar narkoba sekaligus anggota organisasi Tuan Lee. Padahal, Rak tidak mengetahui siapa Tuan Lee sebenarnya.

Rak sendiri tengah berusaha untuk mengungkap identitas Tuan Lee dengan mengikuti gerak-gerik Big Knife, seorang raja narkoba dari Tiongkok. Ia yakin bahwa Big Knife (Han Hyo Joo) dapat membawanya pada Tuan Lee. Bagaimana aksi kejar-kejaran ini akan berakhir? Berhasilkah Won Ho dan Rak mengungkap identitas Tuan Lee yang sebenarnya?

Tentu saja tidak afdal saat menonton film ini bila kamu tidak menonton cerita pertamanya dalam film Believer. Selain memiliki benang merah yang berkaitan, film berdurasi 114 menit ini juga masih dibintangi oleh akor dan aktris yang sama dengan musim pertamanya.

Film ini menceritakan dua sahabat Hae Sung (Im Min Seung) dan Na Young (Moon Seung Ah) yang pada saat umur 12 tahun berpisah karena Na Young pindah ke Kanada bersama keluarganya. Mereka sudah berteman sejak SD dan sudah menyukai satu sama lain. Namun, ketika jarak memisahkan mereka, keduanya melanjutkan hidup masing-masing.

Na Young, yang kini menggunakan nama Nora Moon (diperankan oleh Greta Lee) setelah pindah ke Kanada, telah tumbuh menjadi wanita dewasa. Nora melanjutkan kuliah di New York, sementara Hae Sung baru saja menyelesaikan wajib militernya.

Singkat cerita, akhirnya Nora dan Hae Sung kembali terhubung melalui akun media sosial Facebook. Perasaan mereka dari masa kecil pun bersemi kembali dan mereka terus berkomunikasi melalui pesan serta video call. Sayangnya, mereka tetap tak bisa bertemu karena masih mengejar impian masing-masing. Akibatnya, mereka pun sepakat untuk tidak berkomunikasi lagi.

Akhirnya setelah 20 tahun sejak mereka terakhir bertemu, Hae Sung datang ke New York untuk bertemu Nora dengan kehidupan barunya. Pertemuan itu kembali membuka ingatan serta kenangan mereka dari 20 tahun lalu. Lalu, akankah pertemuan ini membuat hubungan mereka berlanjut?

Hidup Yeon Gyu (Hong Xa Bin) selalu ditempa dengan berbagai masalah yang sangat berat, khususnya untuk remaja yang baru saja menginjak usia 18 tahun.

Yeon Gyu tinggal dengan ibu kandung, ayah tiri, serta adik tirinya. Di rumahnya, dia tidak mendapat pertolongan dari ibunya ketika mendapat siksaan fisik dari sang ayah tiri. Hanya adik sambungnya, Ha Yan (Bibi), yang peduli dan memihaknya. Yeon Gyu memiliki impian untuk kabur bersama ibu dan adik tirinya, tapi demi mencapainya, dia harus bekerja keras dan mengumpulkan uang.

Di tengah usahanya, Yeon Gyu bergabung dengan sebuah geng kriminal dan bertemu dengan pemimpinnya, Chi Geon (Song Joong Ki). Chi Geon memercayai Yeon Gyu dengan memberinya berbagai ‘pekerjaan’, namun semuanya ini malah membuat Yeon Gyu seperti semakin sulit mencapai impiannya. Dia menjadi terikat dengan kelompok preman itu.

Debut film Hong Xa Bin ini menghadirkan cerita yang cukup depresif, di mana sang protagonis utama, Chi Geon, dihadapkan pada serangkaian masalah bertubi-tubi yang tampaknya menghilangkan harapan dalam hidupnya. Lantas, dapatkah Chi Geon lepas dari ikatan kelompok preman itu dan kabur bersama ibu dan adik tirinya?

Persona: Sulli terdiri dari dua bagian, bagian pertama merupakan film pendek berjudul 4: Clean Island dan bagian keduanya adalah dokumenter Dear Jinri yang tayang perdana di Busan International Film Festival 2023. Sebelumnya, film ini sempat batal tayang karena kepergian Sulli pada Oktober 2019.

Dear Jinri adalah film dokumenter tentang perjalanan hidup mendiang Sulli, seorang bintang K-Pop yang telah memulai kariernya di dunia hiburan Korea Selatan sejak kecil. Choi Jinri atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Sulli ini tergabung dalam girl group f(x) di bawah naungan SM Entertainment. Selain memiliki bakat dalam musik, Sulli pun ahli dalam berakting.

Dear Jinri disajikan dengan gaya format wawancara dan menampilkan video terakhir Sulli saat melakukan wawancara sebelum dia mengakhiri hidupnya. Film ini menceritakan perjalanan emosional yang dirasakan oleh Sulli. Di balik hidupnya yang cemerlang di layar TV, ternyata Sulli memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya.

Dalam film ini, penonton diperkenalkan lebih jauh kepada kepribadian Sulli melalui perspektifnya sebagai individu, bukan sekadar sebagai bintang K-pop. Film ini menggambarkan sisi lain dari Sulli, membawa penonton untuk lebih memahami kehidupan pribadinya di dunia hiburan.

Brave Citizen memiliki tema yang menarik karena berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari yang kerap terjadi khususnya di lingkungan sekolah. Mengisahkan tentang So Sin Min (Shin Hye Sun) yang pada masa mudanya adalah seorang atlet tinju, kini menjadi seorang guru di sekolah menengah.

So Sin Min adalah seorang guru kontrak yang berusaha keras untuk menjadi guru tetap di sekolah tersebut. Dalam mencapai impiannya, dia sudah banyak menahan diri dan menutup mata akan ketidakadilan yang terjadi di sekolah tersebut. Semua dia lakukan demi mendapatkan pekerjaan sebagai guru tetap.

Namun, ketika seorang murid bernama Han Soo Kang (Lee Jun Young) selalu membuat masalah dengan merundung beberapa siswa baik di dalam maupun luar sekolah, hal tersebut membuat So Sin Min geram. Dia pun mengambil sikap untuk membalas kejahatan yang dilakukan Soo Kang dengan cara yang unik, yaitu dengan memakai masker kucing.

Film yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama ini memiliki nilai moral tinggi, tapi tetap dikemas dengan kisah menarik dan ringan. Bagaimanakah So Sin Min memberikan ‘pelajaran’ untuk si perundung Han Soo Kang? Akankah dia berhasil mengubah hidupnya dari petinju menjadi seorang guru tetap?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *