Vonage & Telkomsel kolaborasi hadirkan jaringan API mudah akses

Jakarta (ANTARA) – Vonage, sebagai global leader di industri cloud communications yang mengakselerasi transformasi digital untuk pertumbuhan bisnis yang juga merupakan bagian dari Ericsson (NASDAQ: ERIC), mengumumkan kerja sama dengan Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, untuk memperluas pemanfaatan jaringan API bagi developer, enterprise dan perusahaan Communications Service Providers (CSPs) melalui solusi layanan Application Programming Interface (API).

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) di Fira Gran Via pada 26 Februari 2024, bertepatan dengan perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol.

EVP dan Head of Communications Platform as a Service (CPaaS) & Global Network Platform (GNP) Sales Vonage, Seckin Arikan mengatakan, “Kami sangat antusias mengumumkan kolaborasi kami dengan Telkomsel. Dengan menggabungkan keunggulan layanan global communications dan jaringan API Vonage dengan jaringan API terdepan dari Telkomsel, kami dapat menghadirkan kapabilitas baru bagi para enterprise dan pengguna di Indonesia, sekaligus mengakselerasi inovasi jaringan API. Kami sedang memperluas kolaborasi pemanfaatan CSP Vonage di seluruh dunia dan sangat antusias untuk menghadirkan kapabilitas inovatif ini kepada seluruh pelanggan enterprise di Indonesia”.

Baca juga: Telkomsel luncurkan paket istimewa kolaborasi JKT48

Vice President Enterprise Product Management and Development Telkomsel, Kwok Wai Kiat mengungkapkan, “Kami sangat bersemangat berkolaborasi dengan Vonage dalam memanfaatkan potensi solusi API dan membuka peluang baru di industri telekomunikasi. Kolaborasi ini menegaskan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dengan konsisten menghadirkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi terkini untuk memberdayakan ekosistem digital nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa dengan memberikan layanan yang bernilai tambah bagi seluruh pelanggan”.

Telkomsel merupakan pemain utama dalam menerapkan CAMARA API di industri telekomunikasi digital dan menjadi bagian dari GSMA Open Gateway Initiative. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan akses universal kepada para developer dan enterprise ke jaringan operator, dengan memastikan sistem jaringan API mereka dapat berfungsi dengan lancar.

(Ki-ka) Head of Ericsson Indonesia, Krishna Patil; Senior Vice President & Head of Ericsson South East Asia, Oceania & India, Nunzio Mirtillo; EVP and Head of CPaaS and GNP Sales Vonage, Seckin Arikan; Vice President Enterprise Product Management and Development Telkomsel, Kwok Wai Kiat; Direktur Utama Telkomsel, Nugroho; Komisaris Telkomsel, Heri Supriadi; dan Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng dalam prosesi penandatanganan kesepakatan kolaborasi antara Telkomsel dan Vonage yang bertepatan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol. ANTARA/HO-Telkomsel

Untuk memfasilitasi akses ke jaringan API bagi para developer dan enterprise, Telkomsel meluncurkan Digihub, sebuah platform yang menyediakan akses ke jaringan API Telkomsel. Digihub membuka peluang bagi pengembangan dan pertumbuhan solusi layanan digital inovatif dengan menyediakan akses mudah ke jaringan API Telkomsel, memungkinkan pelaku bisnis untuk mengeksplorasi kemungkinan inovasi baru dan memperluas jangkauan layanan digitalnya mereka.

Baca juga: Telkomsel Dunia Games gelar turnamen DG WIB Community Cup 2024

Kemudian, layanan API dan komunikasi Vonage memudahkan developer untuk menyematkan kemampuan komunikasi ke dalam aplikasi, sistem, dan workflows.

Bersama dengan kapabilitas jaringan API Digihub dari Telkomsel, kedua perusahaan berkolaborasi untuk memungkinkan para developer membangun aplikasi yang canggih, aman, dan andal dengan menghadirkan kemampuan jaringan 5G dan konvergensi API untuk mendukung akselerasi ekosistem inovasi yang terbuka dengan menghadirkan layanan dan solusi baru untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi, menciptakan aplikasi baru, dan mendorong pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Telkomsel juga akan mengakselerasi adopsi developer dengan menyediakan jaringan API-nya melalui Vonage Network Registry untuk memberikan solusi bisnis ke pasar dengan lebih cepat.

Layanan tersebut juga akan memfasilitasi CSPs dalam meningkatkan konsumsi network API dengan menyederhanakan dan menstandarisasi proses persetujuan serta memberikan akses ke API penyedia jaringan bagi Application Service Provider (ASPs).

Untuk informasi lebih lanjut tentang Vonage, kunjungi www.vonage.com dan informasi tentang Telkomsel dapat mengunjungi www.telkomsel.com.

Baca juga: Telkomsel gaet Google Cloud buat Gen AI di aplikasi

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *