Tecno umumkan asisten AI baru bernama “Ella” di MWC 2024

Jakarta (ANTARA) – Pengguna ponsel pintar sudah tak asing dengan asisten suara berbasis artificial intelligence (AI) seperti Siri di iPhone, Bixby di Samsung, dan Google Asisstant untuk beberapa ponsel pintar Android.

Kini perusahaan teknologi Tecno yang berasal dari Transsion Holdings, ikut mengumumkan akan menghadirkan asisten suara berbasis kecerdasan buatan (AI) bernama Ella, dilaporkan Gizmochina, Jumat (1/3). Ella dikenalkan lewat ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona.

Ella diklaim bakal berbeda dari asisten suara yang biasanya ditugaskan untuk menyetel alarm atau memutar musik. Tecno menyebut Ella sebagai asisten pribadi serba bisa untuk mendukung kenyamanan pengguna dan pembuatan konten.

Baca juga: Tecno Spark 20 hadir dengan MediaTek Helio G85

Meskipun beberapa fiturnya menyerupai AI populer lainnya, kehadiran Ella dari Tecno dapat menjadi solusi lengkap untuk masalah yang dialami banyak pengguna ponsel cerdas.

Beberapa fitur yang bakal bisa dilakukan Ella di antaranya pembuatan gambar hingga pencarian foto lebih mudah. Dimulai dari pembuatan gambar, fitur itu akan berguna untuk pengguna yang kerap kesulitan memvisualisasikan idenya.

Ella dapat mengubah kata-kata menjadi gambar sehingga menambahkan semangat kreatif pada proyek pengguna. Ini adalah fitur AI generatif, mirip dengan Dall-E milik OpenAI.

Selain itu, Ella juga bakal hadir sebagai penerjemah. Tecno menyatakan bahwa AI-nya dapat mengatasi hambatan bahasa dengan fitur-fitur seperti terjemahan panggilan, terjemahan media sosial, dan bahkan menghasilkan subtitle (takarir) untuk video.

Ada juga pengeditan foto yang lebih cerdas. Dengan asisten AI itu, pengguna bisa dengan mudah menghapus tampilan orang asing dari foto jepretannya.

Fitur itu mengingatkan pada fitur yang biasanya hanya ditemukan di ponsel-ponsel kelas atas seperti Magic Eraser di Pixel ataupun fitur serupa di seri Samsung Galaxy S24.

Terakhir ada fitur penelusuran foto yang makin mudah. Dengan AI tersebut pengguna bisa menelusuri galeri menggunakan deskripsi sederhana untuk mendapatkan gambar yang diinginkan.

Cara itu dapat menghemat waktu dan kesulitan menelusuri foto secara manual. Meskipun tanggal rilis spesifiknya belum diumumkan, fitur-fitur ini diperkirakan akan hadir di ponsel Tecno pada awal musim panas 2024.

Baca juga: TECNO resmi hadirkan PHANTOM V Flip 5G di Indonesia

Baca juga: Apple perbanyak rekrut karyawan untuk kembangkan produk AI

Baca juga: Google akan hadirkan fitur AI generatif untuk Assistant

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *