Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp 561 Miliar

ILUSTRASI. Pemerintah resmikan 10 ruas Inpres jalan Daerah di Kaltim

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD). 

Peresmian dilakukan di ruas jalan akses ke Wisata Goa Batu – Tapak Raja di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

“Sepuluh ruas jalan ditambah satu jembatan di Provinsi Kalimantan Timur sepanjang 50,9 km telah dibangun dengan biaya Rp 561 miliar,” kata Jokowi, Jumat (1/3).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menambahkan, perbaikan 10 ruas jalan sepanjang total 50,93 km dan 1 jembatan sepanjang 20 meter di Kalimantan Timur ini dilaksanakan seluruhnya melalui APBN tahun anggaran 2023. 

Menurutnya, jalan-jalan daerah ini diperlukan untuk mendukung akses menuju kawasan produktif, termasuk di sekitar IKN Nusantara.

Baca Juga: Tol Kediri-Tulungagung Segera Dibangun, Target Rampung Kuartal III-2025

Perbaikan jalan ini untuk mendukung konektivitas menuju kawasan-kawasan produktif, termasuk kawasan IKN dengan daerah-daerah sekitarnya. 

“Jalan-jalan ini akan memudahkan warga di daerah ini untuk menjual hasil perkebunan dan pertaniannya ke IKN agar dapat mendukung perekonomian masyarakat setempat,” ujar Hedy. 

Sepuluh ruas jalan yang diperbaiki yaitu jalan Riko-Maridan dan jalan akses ke destinasi wisata Goa Batu-Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara, jalan Loleng di Kabupaten Kutai Kartanegara, jalan Simpang Batu-Laburan di Kabupaten Paser, jalan Simpang Poros (Pom Bensin)-Tanjung Isuy- Tj. Jan-Pulau Lanting di Kabupaten Kutai Barat, jalan Proklamasi di Kota Balikpapan.

Kemudian jalan akses Pelabuhan Kenyamukan di Kabupaten Kutai Timur, jalan Ir. Soekarno-Hatta-M. Roem-Urip Sumohardjo di Kota Bontang, jalan Lenggo-Teluk Sulaiman di Kabupaten Berau, dan jalan Long Hubung-Jalan Poros di Kabupaten Mahakam Hulu. 

Baca Juga: Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN, Jadi Hub Telekomunikasi Nusantara

Sedangkan jembatan yang diperbaiki yaitu akses ke wisata Goa Batu-Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pada TA 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh tanah air.

Selanjutnya: Pemilik Warung di Malang Tuai Berkah Setelah Raih Pinjaman dari BRI

Menarik Dibaca: Sambut Tren Fesyen 2024, Eye Soul Hadirkan Koleksi Kacamata Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *