Eddie Howe tepis kabar Nagelsmann akan tukangi Newcastle

Jakarta (ANTARA) – Manajer Newcastle United Eddie Howe menegaskan masa depannya di Newcastle yang tengah kesulitan adalah berada di tangannya sendiri dan menepis laporan yang menyebutkan pelatih asal Jerman, Julian Nagelsmann, akan mengisi jabatan Howe.

The Magpies bakal menjalani pertandingan Liga Premier esok Sabtu melawan Wolves dengan bekal peringkat 10 dalam klasemen liga. Itu posisi yang jauh dari level musim lalu yang finis dalam posisi empat besar.

Sebuah laporan dari Jerman menyebutkan Newcastle bisa saja mengalihkan perhatian kepada mantan pelatih Bayern Muenchen itu jika mereka memutuskan tak lagi memakai Howe pada akhir musim ini.

Ketika ditanya tentang rumor itu, Howe menjawab, “sebenarnya, hal itu tak mempengaruhi saya. Masa depan saya ditentukan oleh apa yang saya lakukan, bukan oleh orang lain.”

Howe membawa dampak besar di St James’ Park sejak ditunjuk melatih Newcastle pada November 2021, hanya beberapa pekan setelah klub itu diakuisisi Saudi. Newcastle tak pernah meraih trofi utama sejak 1969.

Baca juga: Eddie Howe ingin Newcastle bangkit di Piala FA

Howe menyelamatkan Newcastle dari degradasi dan kemudian mendalangi perjalanan ke final Piala Liga musim lalu, yang juga mengamankan kualifikasi Liga Champions.

Namun mereka tersingkir dari kompetisi elite Eropa itu lebih awal dan kesulitan tampil konsisten di liga, dengan hanya menyisakan Piala FA sebagai peluang meraih trofi, dan itu pun harus menghadapi juara bertahan Manchester City.

“Terserah saya untuk terus membuktikan (diri saya sendiri),” kata Howe. “Saya tahu kualitas saya.”

“Saya tidak bisa mengendalikan apa yang ditulis orang dan spekulasi apa yang ada. Saya tak mau terlibat di dalamnya,” kata Howe.

Howe mengakui Newcastle “kehabisan waktu” untuk menyelamatkan musim mereka untuk finis masuk zona kompetisi Eropa.

“Saya rasa kami tak boleh kehilangan terlalu banyak poin, baik itu di kandang, maupun tandang,” pungkas Howe.

Baca juga: Fabian Schar perpanjang kontrak di Newcastle sampai 2025

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *