APBN 2025, Ekonom Sarankan Pemerintah Realokasi Anggaran Ketimbang Perlebar Defisit

ILUSTRASI. Karyawan kantor cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) menghitung uang rupiah nasabah di Jakarta, Senin (26/2/2024). KONTAN/Baihaki

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pemerintah menargetkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 dikisaran 2,4% hingga 2,8% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Target tersebut meningkat dari perencanaan defisit APBN 2024 yang sebesar 2,29% dari PDB. Naiknya defisit tahun depan tersebut sejalan dengan kebutuhan anggaran jumbo di pemerintahan selanjutnya.

Baca Juga: Program Prabowo-Gibran Butuh Anggaran Jumbo, dari Mana Duitnya?

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai, untuk memenuhi program baru dari kepemimpinan presiden selanjutnya, sebaiknya dipenuhi dengan melakukan realokasi anggaran yang bukan  prioritas.

Menurutnya, kebijakan tersebut jauh lebih baik jika dibandingkan dengan melakukan pelebaran defisit APBN.

“Kalau menurut saya sebenarnya harus lebih fokus merealokasi anggaran daripada menambah defisit. Penghematan belanja birokrasi, perjalanan dinas, bisa jadi opsi,” tutur Eko kepada Kontan, Senin (26/2).

Di samping itu, Eko juga menilai, jika pemerintah lebih memilih menambah utang baru, maka akan semakin membebani APBN karena tingkat bunga yang cenderung sedang tinggi. Selain itu, kondisi perekonomian juga sedang dalam keadaan lesu.

Baca Juga: Defisit APBN 2024 Berpeluang Melebar Menjadi 2,8% dari PDB, Ini Sebabnya

Ia juga menilai, rencana pelebaran defisit seharusnya tidak dijadikan alasan untuk memenuhi program populis yang sifatnya sosial.

“Tapi harus pada upaya yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, seperti infrastruktur logistik dan kawasan industri,” ungkapnya.

Selanjutnya: Pegang 34% Saham Vale (INCO), MIND ID Berhak Tunjuk 3 Komisaris dan 2 Direksi

Menarik Dibaca: Dari Serba Merah Kini Serba Hijau, Ikon Airasia Move Resmi Diperkenalkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *