Pencairan THR Lebaran Bakal Dorong Konsumsi pada Kuartal II-2024

ILUSTRASI. Sejumlah anak yatim berbelanja pada sebuah department store di Tangerang Selatan, Rabu (12/4). Pencairan THR Lebaran Bakal Dorong Konsumsi pada Kuartal II-2024.

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 akan dibayarkan H-10 sebelum lebaran atau sekitar 1 April 2024.

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menyampaikan, adanya pemberian THR ini diharapkan bisa mendorong konsumsi rumah tangga.

“Dampaknya kemungkinan (terasa) di kuartal II, karena cair awal April. Secara umum dampaknya akan mendorong konsumsi Lebaran,” tutur Eko kepada Kontan, Selasa (20/2).

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Segera Gelontorkan THR dan Gaji ke-13 Bagi ASN

Meski begitu, jika hanya menghitung kontribusi THR Lebaran untuk ASN dampak ke ekonominya akan sangat terbatas. Namun karena pemberian THR ini berbarengan dengan swasta, maka dampak yang dirasakan ke konsumsi rumah tangga akan lebih besar dan signifikan.

Eko juga memprediksi, dampak THR Lebaran ke konsumsi rumah tangga sebenarnya tidak akan sebesar saat Ramadan berlangsung. Ia bahkan memprediksi konsumsi rumah tangga pada kuartal II akan di bawah 5%.

Sedangkan konsumsi rumah tangga pada kuartal I 2024 akan sedikit meningkat atau di atas 5%, setelah kuartal IV tahun lalu hanya tumbuh 4,47%.

Baca Juga: Realisasi Belanja Pegawai Naik Jadi Rp 260,9 Triliun di tahun 2023

“Biasanya momen setelah Lebaran konsumsi relatif turun, bisa di bawah 5% karena tidak ada momen musiman setelah Lebaran. Sebagian konsumsi lebih besar saat puasa,” ungkapnya.

Selanjutnya: Harga Emas Merangkak Naik Karena Pelemahan Dolar AS

Menarik Dibaca: Akhir Perdagangan 20 Februari 2024, IHSG Mengalami Penguatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *