ANTARA bekali fotografer mahasiswa jelajahi imaji foto jurnalistik

Jakarta (ANTARA) – Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA membekali fotografer berstatus mahasiswa dari sejumlah kampus di Jakarta dan sekitarnya untuk menjelajahi imaji foto jurnalistik di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Direktur Pemberitaan ANTARA Irfan Junaidi saat membuka acara tersebut, mengatakan tujuan program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan itu ialah mempertajam pengetahuan yang sudah dipelajari di bangku perkuliahan.

“Supaya karya-karya foto yang dibuat teman-teman itu lebih jos ya, lebih mantap, dengan belajar kepada dua instruktur dari Biro Foto Antara yang memang selama ini sudah punya reputasi yang panjang dalam sejarah perjalanan dunia fotografi,” kata Irfan di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Kemenparekraf bekali kemampuan fotografi pelaku ekonomi kreatif Bali

Sekitar 40 peserta menghadiri kegiatan yang digelar dalam tiga sesi, yaitu pembekalan teori dan etika foto jurnalistik oleh Redaktur Senior Biro Foto Antara Fanny Octavianus dan Andika Wahyu.

Selanjutnya, praktik memotret objek atau peristiwa di kawasan Aula Candi Bentar dan Putri Duyung Resort, Taman Impian Jaya Ancol.
 

Sekitar 40 orang peserta mengikuti materi pelatihan foto jurnalistik LKBN ANTARA dalam rangka Hari Pers Nasional di kawasan Aula Candi Bentar, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu (18/2/2024). ANTARA/Abdu Faisal
Redaktur Foto Senior LKBN Antara Fanny Octavianus memberikan materi pelatihan foto jurnalistik dalam rangka Hari Pers Nasional di kawasan Aula Candi Bentar, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu (18/2/2024). ANTARA/Abdu Faisal

Baca juga: LKBN ANTARA berikan pelatihan fotografi jurnalistik di PLN UID Bali

Foto yang dibuat harus langsung diberi keterangan foto sebagaimana standar foto jurnalistik yang dibekali pada sesi pembekalan teori. Lalu diunggah pada akun Instagram masing-masing.

Terakhir, evaluasi foto-foto yang sudah diunggah, di mana para pemenang foto terbaik akan memperoleh hadiah dari panitia.

Salah seorang peserta Jelajah Imaji Teman Antara, Kinaya Dwi Amoesta (19) dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta menilai kesempatan belajar memotret langsung dari praktisi, terlebih jurnalis foto, memang dibutuhkan para penghobi fotografi.

“Kesempatan ini memudahkan kami belajar membuat caption atau keterangan foto secara profesional, sehingga foto yang dihasilkan pun berkualitas baik dari segi angle atau sudut pandang maupun segi pesan yang ingin disampaikan,” kata Kinaya.

Untuk praktik, rencananya Kinaya akan memotret suasana pameran foto yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di kawasan Aula Candi Bentar.

“Mau motret pameran Hari Pers Nasional,” kata dia.

Baca juga: ANTARA Bali adakan lokakarya fotografi jurnalistik

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *