Review vivo Y100 5G: Banyak Peningkatan, Kini Semakin Mantap

Mengawali 2024, vivo Indonesia meluncurkan sebuah smartphone kelas menengah, jadi opsi paling mahal dari lini vivo Y Series. Unggulkan tampilan lebih berkelas dan peningkatan menyeluruh, vivo Y100 5G bisa jadi pilihan terbaik di segmen harganya untuk Gizmo friends yang sedang mengincar smartphone Rp3-4 jutaan.

Dalam peluncurannya, vivo Y100 5G dihadirkan sebagai smartphone all-rounder, alias perangkat serbabisa yang memang lebih dicari oleh generasi anak muda. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seri terbaru ini memang hadir membawa peningkatan cukup lengkap. Mulai sektor kamera, layar, baterai, dan tentunya desain lebih stylish.

Kalau sebelumnya saya lebih menyukai varian 4G, kali ini pendapat saya bisa berbeda—selain karena varian 5G yang tersedia resmi lebih dulu. Berikut ulasan lengkap vivo Y100 5G yang bisa Gizmo friends ketahui sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru.

Desain

vivo Y100 5G

Dirancang spesial, desain vivo Y100 5G terlihat jauh lebih stylish dengan opsi warna Ungu Anggrek yang, sesuai namanya, terinspirasi dari bunga anggrek. Permukaannya disebut gunakan “Kulit Fiber Premium”, karena sudah dilengkapi oleh Anti-Stain Coating. Poin penting yang dibawa vivo agar bodi belakangnya tidak mudah kotor.

Selain lapisan kulit fiber, ada lapisan tambahan pada bodi belakang vivo Y100 5G yang membuatnya tahan noda, goresan, gosokan, sampai korosi keringat. Terkena cipratan air bening sampai kopi? Nggak masalah, cukup dibersihkan dengan kain bersih atau dengan air bersih, langsung kembali kinclong.

Hal tersebut membuat pengguna vivo Y100 5G bisa tetap pede memakainya tanpa soft case tambahan, ditambah sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan debu serta percikan air. Ketebalannya hanya 7,79mm, dengan bobot kurang dari 186 gram, membuatnya mudah dibawa dan masuk ke berbagai jenis saku penyimpanan.

vivo Y100 5G
vivo Y100 5G
vivo Y100 5G
vivo Y100 5G

Bingkainya dibuat mengkilap dengan finishing metalik. Selain warna Ungu Anggrek, bisa memilih warna Hitam Onyx dengan efek mewah tersendiri. Overall, terlihat lebih premium, namun juga kuat dengan lapisan tahan kotor.

Diintip dari situs resminya, vivo Y100 5G sudah lolos dari sejumlah uji fisik seperti tes jatuh 32 ribu kali, sampai tes suhu ekstrem pada rentang minus 40 derajat hingga 75 derajat Celsius. vivo juga memberikan gratis penggantian anti gores dan soft case 4 kali per tahun sampai 2 tahun.

Layar

Layar vivo Y100 5G

Selain tampilan bodi belakang, bagian depan vivo Y100 5G sudah cukup stylish karena didominasi oleh layar seluas 6,67 inci yang sudah mengusung kamera selfie berjenis punch-hole. Keempat sisi bezel-nya juga sudah tergolong ramping, termasuk bagian bawahnya. Terutama ketika dipasangkan bersama in-display fingerprint sensor dan always-on display yang variatif.

Layar vivo Y100 5G gunakan panel E4 AMOLED berkualitas, dengan resolusi full HD+ dan refresh rate adaptif 60/120Hz. Saya sebut berkualitas, karena sudah mendukung 1 milyar warna, punya standar warna 100% DCI-P3, serta bisa menyala cerah sampai maksimum 1200 nits. Membuat tampilan konten terlihat vibrant, akurat, sekaligus cukup cerah ketika digunakan di luar ruangan.

vivo Y100 5G

Tentunya menikmati konten seperti streaming video bakal lebih nyaman, ketika dipasangkan bersama setup speaker stereo yang juga sudah mendukung Hi-Res Audio. Layar vivo Y100 5G juga sudah melewati standar Eye Care Display, sehingga aman untuk dipandang dalam jangka waktu lama, tanpa membuat mata lelah atau iritasi.

Kamera

vivo Y100 5G

Jadi yang paling tinggi dan mahal, kamera vivo Y Series satu ini membawa setup yang cukup lengkap, termasuk adanya sensor ultra wide-angle 8MP f/2.2. Sensor utamanya beresolusi 50MP f/1.8, sayangnya belum memiliki OIS. Sementara sensor ketiga hanyalah flicker sensor saja.

Fitur kamera vivo Y100 5G sendiri cukup banyak. Super Night Mode sudah pasti tersedia agar hasil foto bisa lebih cerah dan tajam saat kondisi malam. Lainnya seperti Bokeh Flare Portrait dan mode profesional juga bisa dimanfaatkan untuk eksplorasi lebih jauh. Termasuk Dual-View Video untuk penangkapan momen dari dua sisi kamera.

Untuk kualitas gambarnya sendiri, menurut saya memang jauh lebih memuaskan dibandingkan dengan, misalnya, vivo Y36 5G. Entah karena perbedaan sensor atau chipset yang berperan banyak, namun reproduksi warna dan detailnya lebih memuaskan dan mendekati asli. Hanya saja sensor ultra-wide masih tergolong halus ketika kondisi indoor atau malam hari, meski sudah pakai mode malam.

Kalau nggak perlu yang tajam-tajam banget sampai harus zoom, hasil foto vivo Y100 5G sudah memuaskan dengan warna yang pas, siap dibagikan langsung ke media sosial.

Hasil foto lengkap dari kamera vivo Y100 5G bisa kamu akses pada album berikut ini ya.

ABLVV87zRuYlBwAD3VCFH5AUWZuQoIMU Jad 9E0jTi3L1Mqlxob8AHrakuXWHPhC0MxzsqrZFgo3bmbV suJAVJRz Qmz rX50tADFB6r7DWc6hks6vabcQ=w2400
ABLVV84E4A9OQm3lSnrxbpFFSnG7Hw1DtxTR6jfBUe4EUg2I4SOLaWTO WxEYbgw3WwMTnJZihp 9oFRPbrCT 9ic2iNuRtVF4g jF 0eLOXOjzSrn6wz XR=w2400
ABLVV85y OegSz2Ope65TjLWYFMJmW6g7PAJ644QQW7janPPtYeW8U9y beFKRByljK8UhFN1Xs2HOQn3tX5crqQ4J9fGg3Ry03b59C uEoatJpeoq2Lavmg=w2400
ABLVV84Flc7d1yKOuv27I4kT Xjxy4 blt9NmnVukt2xceQv9sEd2Rxc E7BWOMp8458Ty1oZaubrhaXQC8micPMc1LyZmOCoqUAmQeL5ZF XOUnpVR QWWf=w2400
ABLVV87lcDg326wJvZhV3bcHj30OnJ
ABLVV86RwcHEd WXz9kMRKdKGygZ5eCuuCaruMghQls07Syfuw2EdNc z4MkXIrLsIvseGZTV6KWd9Ndr8sXXIQqQmtr10f9kzIqsJMEkr6JqLLiL11IdsIf=w2400

Untuk perekaman video, kamera vivo Y100 5G bisa menangkap dalam resolusi tertinggi 1080p 30fps baik dari kamera depan, belakang, dan ultra-wide. Opsi stabilisasi berbasis EIS hanya bisa diaktifkan pada dua sensor terakhir, dan secara otomatis akan sedikit memotong atau mengecilkan sudut pandang kamera.

EIS pada vivo Y100 5G sudah tergolong oke, hanya menurut saya seharusnya opsi tersebut juga diberikan pada kamera depan, mengingat sudut pandang kamera selfie 8MP pada vivo Y100 5G tergolong lebar, supaya bisa lebih pas untuk kebutuhan konten vlog. vivo juga berikan opsi movie LUT yang mirip seperti color grading untuk video—namun resolusi akan turun ke 720p, dan tidak bisa aktif bersama EIS.

Fitur

vivo Y100 5G

Sebagai smartphone rilisan 2024, sudah sepatutnya kalau vivo Y100 5G hadir dengan versi Android terbaru, yakni Android 14. Membawa tampilan antarmuka Funtouch OS 14, saya merasa tak banyak perubahan yang dibawa dari versi sebelumnya. Selain tampilan layar kunci yang lebih bisa dikustomisasi, rasanya always-on display dengan opsi segambreng sudah hadir sebelumnya.

Di sisi smartphone ini, kamu tidak akan menemukan jack audio 3,5mm. Setidaknya sudah ada setup speaker stereo dengan volume cukup kencang dan kualitas yang tergolong oke, untuk mendengarkan musik dalam ruangan seperti kamar tidur ketika tidak ada earphone kabel atau wireless.

vivo Y100 5G

Fitur NFC Multifunction juga hadir, bisa duplikasi kartu akses bila kartunya memang kompatibel. Untuk multitasking, ada sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan seperti Split Screen dan Mini Window untuk menjalankan aplikasi di atas aplikasi lainnya dalam bentuk jendela kecil.

Chipset pada smartphone ini cukup mendukung kebutuhan multitasking. Sementara untuk fitur keamanannya, hadir in-display fingerprint sensor yang terintegrasi di dalam layar vivo Y100 5G. Cukup bisa diandalkan dengan kecepatan yang tergolong instan dan responsif.

Performa

Skor Antutu vivo Y100 5G

Di Indonesia, vivo Y100 5G hadir cukup spesial. Pasalnya, membawa spesifikasi dapur pacu yang berbeda dengan Y100 versi negara lain, dan jadi yang pertama di Indonesia dengan Snapdragon 4 Gen 2. Bila Gizmo friends belum familiar, cip satu ini merupakan versi upgrade minor dari generasi sebelumnya, dan membawa peningkatan dari Snapdragon 480 5G.

Secara arsitektur CPU, sejatinya mirip dengan Dimensity 7050 yang notabene digunakan di smartphone dengan harga lebih mahal—sebut saja realme 11 Pro+ 5G. bedanya, ada di clock speed lebih rendah pada dua inti terkencangnya, namun lebih efisien berkat fabrikasi 4nm, udah sekelas flagship. Dipasangkan bersama RAM 8GB LPDDR4x yang secara otomatis memanfaatkan RAM Expansion sampai 8GB.

Dipasangkan dengan storage 256GB UFS2.2, performa vivo Y100 5G cukup ngebut untuk kelas harganya. Bukan yang paling kencang, sih, dan sesekali terasa ada stutter ketika sedang bernavigasi alias berpindah aplikasi. Setidaknya masih terasa cukup gegas, tidak ada lag yang berarti.

Kalau diintip dari situs resminya sih, vivo menyematkan teknologi berbasis software bernama App Retainer di vivo Y100 5G, secara otomatis mengutamakan aplikasi yang banyak diakses agar lebih instan saat dibuka. Suhu perangkat pun tergolong dingin, mungkin juga berkat materialnya yang bisa menyerap panas.

Baterai

Baterai vivo Y100 5G

Benefit menggunakan salah satu chipset rilisan terbaru, adalah efisiensi dayanya yang tentu saja lebih baik. Dipadukan dengan kapasitas yang cukup besar di 5,000 mAh, baterai vivo Y100 5G tergolong awet. Dapat digunakan hingga dua hari penggunaan ringan atau seharian penuh jika lebih intensif.

Dalam beberapa hari pertama penggunaan, standby time smartphone vivo stylish satu ini terasa kurang. Namun akhirnya sudah bisa lebih hemat—sangat wajar ketika sistem menyesuaikan dengan aplikasi yang kita instal. Kabar menyenangkan lainnya, baterai vivo V100 5G bisa terisi penuh dalam waktu yang sangat cepat. Berkat 80W FlashCharge yang bisa dibilang salah satu terkencang di kelasnya.

Ketika baterai hampir habis, pengisian daya 15 menit sudah bisa menambah daya baterai vivo Y100 5G mencapai 50%. Sementara untuk isi sampai penuh, kurang lebih butuh waktu 60 menit. Naik cukup jauh dari vivo Y Series tertinggi sebelumnya, bahkan melampaui sejumlah flagship rilisan terbaru.

vivo juga memberikan 4 tahun proteksi baterai, di mana kapasitasnya bakal tetap melebihi 80% dalam kurun waktu yang sangat lama. Bila nantinya bisa di bawah 80%, vivo akan memberikan gratis penggantian baterai. Keren juga ya.

Kesimpulan

Kelengkapan vivo Y100 5G

Varian termurah dari smartphone ini punya selisih harga yang sangat tipis dari Y36 5G. Namun begitu, vivo Y100 5G membawa cukup banyak peningkatan luar dalam. Mulai dari segi desain, chipset generasi baru, setup kamera lebih lengkap, layar lebih superior dan banyak lagi.

Sektor desain tentu membuat vivo Y100 5G unggul dari kompetitornya, tidak hanya stylish saat dipandang, namun juga tahan lama berkat Anti-Stain Coating. Begitu pula dengan teknologi 80W FlashCharge yang melampaui kompetitornya. Semua hadir dalam sebuah perangkat tipis, pas menjadi pilihan bagi Gizmo friends yang sedang mencari smartphone baru di awal 2024.

Spesifikasi vivo Y100 5G

vivo Y100 5G
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut

General

Device Type Smartphone
Model / Series vivo Y100 5G
Released 25 January, 2024
Status Available
Price Rp3.899.000 (128GB), Rp4.199.000 (256GB)

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 (4 nm)
CPU Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A78 & 6×1.95 GHz Cortex-A55)
GPU Adreno 613
RAM (Memory) 8GB (+8GB Extended RAM) LPDDR4x
Storage 128/256GB UFS 2.2
External Storage Yes (up to 1TB)
Operating System Android 14
User Interface Funtouch OS 14

Design

Dimensions 163.2 x 75.8 x 7.8 mm
Weight 185 gram
Design Features Premium Leather Fiber
Warna: Ungu Anggrek, Hitam Onyx
IP54 certification
Anti-Stain Coating
Metallic Frame
Battery 5,000 mAh
80W FlashCharge

Display

Screen Type AMOLED capacitive touchscreen, 1B colors
Size and Resolution 6.67″, full HD+ 1080×2400 pixels (395 ppi)
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features Ultra O Screen (punch-hole camera)
120Hz refresh rate
1200 nits max brightness
100% DCI-P3

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE / 5G
SIM Dual-SIM
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF; 8 MP, f/2.2, (ultrawide), flicker sensor
Front 8 MP, f/1.8, (wide)
Flash Yes
Video Front Camera: 1080P/720P@30fps; Rear Camera: 1080P@30fps; 720P@30fps
Camera Features Night (depan & belakang), Portrait, Dual-View Video, High Resolution, Pano, Live Photo, Slow-Mo, Time-Lapse, Pro, Documents, Ultra Stable Video

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Dual Stereo Speakers, Hi-Res Audio certification
FM Radio Yes
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *