Rekap pemain abroad Indonesia: Jay Idzes dan Thom Haye raih kemenangan

Jakarta (ANTARA) – Pemain-pemain abroad Indonesia atau pemain-pemain Indonesia yang merumput di kompetisi luar negeri, tercatat memainkan laga bersama klubnya mulai Sabtu (10/2) sampai Selasa.

Dimulai dari Italia, ada Jay Idzes yang bermain penuh dan memberikan kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 untuk Venezia ketika bermain tandang melawan Sudtirol di Stadion Druso, Sabtu (10/2).

Baca juga: Jay Idzes siap bantu sepak bola Indonesia naik kelas

Dua gol dari Joel Pohjanpalo (12′, 90+3′) dan satu gol Francesco Zampano (81′) mengantarkan Venezia meraih 13 kemenangan musim ini untuk berada di posisi empat klasemen sementara dengan 44 poin, selisih enam poin dari Parma yang ada di posisi puncak.

Pada laga itu, menurut Sofascore, menandai 12 penampilannya di musim ini, Idzes mencatatkan satu interceptions, tiga tackles, 96 persen akurasi passing, dan satu umpan kunci.

Bergeser ke Inggris, ada Elkan Baggot yang bermain penuh, tetapi gagal memberikan kemenangan untuk Bristol Rovers saat bermain di kandang melawan Burton Albion dalam lanjutan League One, Sabtu (10/2). Gol Antony Evans (60′) gagal membuat Bristol terhindar dari kekalahan setelah sang tamu membuat dua gol melalui Ciaran Gilligan (43′) dan Mark Helm (57′).

Di daratan Inggris ada juga Justin Hubner yang bermain penuh membela Wolverhampton Wanderers (Wolves) U-21 saat bertandang melawan Manchester City U-21, Minggu (11/2).

Baca juga: Justin Hubner akui laga debutnya bersama Indonesia tak berjalan mulus

Laga itu hampir dimenangkan Wolves, namun dua gol City yang dicetak di menit-menit akhir melalui Josh Adam (90+1′) dan Matthew Ethan (90+4′) membuyarkan itu dan mengakhiri laga dengan skor 3-3.

Pindah ke Belgia, Marselino Ferdinan dan Sandy Walsh sama-sama tidak bermain untuk klubnya dan hanya menghangatkan bangku cadangan. Klub Marselino, KMSK Deinze bermain imbang dengan skor kacamata melawan Patro, Sabtu (10/2) di ajang Challenger Pro League.

Lalu, untuk Sandy Walsh, setelah dua kali tampil di sebelas pertama laga KV Mechelen usai kembali dari Piala Asia 2023 Qatar, pada Minggu (11/2) ia menghangatkan bangku cadangan ketika klubnya bermain imbang 1-1 melawan Genk di ajang Pro League.

Beda dari dua rekannya timnasnya, Shayne Pattynama masih ambil bagian dalam kekalahan KAS Eupen di ajang Pro League melawan tim kuat Club Brugge dengan skor 0-4, Minggu (11/2).

Baca juga: Jadi WNI, Shayne punya impian bermain untuk Indonesia di Piala Dunia

Beralih ke Belanda, Rafael Struick masih kesulitan menembus skuad utama ADO Den Haag saat berpesta tiga gol tanpa balas melawan Den Bosch, Minggu (11/2) di ajang Eerste Divisie atau kasta kedua Belanda. Dengan ini, Struick masih berjuang mencatatkan penampilan kelimanya musim ini untuk klub setelah terakhir tampil pada akhir Oktober tahun lalu.

Lalu, untuk Ivar Jenner, pesepak bola 20 tahun itu tampil 86 menit ketika timnya Jong FC Utrecht kalah tipis di kandang dengan skor 1-2 melawan Jong AZ Alkmaar, Selasa WIB.

Dari Belanda, ada juga tiga calon pemain Indonesia yang bermain yaitu Ragnar Oratmangoen di Fortuna Sittards serta Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On di Heerenveen. Oratmangoen bermain lima menit saat timnya kalah telak 0-4 dari FC Utrceht, Minggu (11/2).

Untuk Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On, keduanya ambil bagian saat Heerenveen menaklukkan raksasa Belanda Ajax Amsterdam dengan skor 3-2. Kemenangan di Stadion Abe Lenstra membawa Heerenveen ke posisi 11 klasemen sementara dengan 25 poin.

Baca juga: Erick isyaratkan PSSI ingin naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes

Thom Haye menjadi bintang pada laga itu dengan bermain penuh dan mencatatkan statistik menjanjikan. Pesepak bola berjuluk The Profesor itu mencatatkan 70 sentuhan, 80 persen akurasi passing, tiga umpan kunci, dua crossing sukses, empat umpan lambung sukses, satu tendangan membentur mistar, satu dribble sukses, empat clearances, tiga interceptions, dan satu tackles. Sementara, Nathan bermain mulai menit ke-89.

Pindah ke Thailand, klub baru kapten Indonesia Asnawi Mangkualam Thai Port FC menang telak 4-0 melawan Police Tero di ajang Thai League 1 atau kasta tertinggi Thailand. Pada laga itu, Asnawi tidak masuk dalam line up susunan pemain. Kemenangan itu membuat Port FC berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 32 poin.

Baca juga: Jeonnam Dragons rekrut Asnawi karena miliki kecepatan-teknik bagus

Selanjutnya: Hasil laga klub

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *