Review OPPO Reno 11 Pro 5G: Harga Naik, Kualitas Kamera Naik

Kalau sebelumnya tiga varian berbeda, kali ini hanya dua varian. Ya, untuk awal tahun 2024, OPPO Reno 11 Pro 5G jadi opsi terbaru dan terbaik bagi para konsumen di Tanah Air. Dibandingkan generasi sebelumnya, ada kenaikan harga Rp1 juta, namun juga dalam kapasitas memori dua kali lebih lega.

Dibilang major update, enggak juga. Secara spesifikasi, tidak banyak perubahan yang dibawa kecuali pada sektor chipset dan kapasitas memori. Namun selama penggunaan, justru ada peningkatan pada kualitas kameranya—nampaknya berkat algoritma software yang lebih baik milik OPPO Reno 11 Pro 5G.

Menurut saya, smartphone ini bisa mengisi gap antara Reno 10 Pro 5G dan Reno 10 Pro+ 5G. Dengan harga yang lebih mahal, apakah mutlak layak beli atau sebaiknya beli yang lama? Berikut review OPPO Reno 11 Pro 5G selengkapnya.

Desain

OPPO Reno 11 Pro 5G

Kalau biasanya OPPO menggunakan desain yang sama untuk 2-3 generasi, desain OPPO Reno 11 Pro 5G terlihat cukup berbeda dengan Reno 10 Pro terdahulu—setidaknya pada bentuk modul kamera belakangnya. Dari depan sih terlihat sama persis ketika diletakkan secara bersebelahan, begitu pula dengan profilnya secara keseluruhan.

Dimensinya kurang lebih sama, meski OPPO Reno 11 Pro 5G dibuat sedikit lebih tipis (mulai 7,59mm) dan lebih ringan (mulai 181 gram). Opsi warna Rock Grey yang saya ulas terlihat memiliki permukaan matte khas OPPO Glow yang membuatnya lebih tahan gores dan kotor, meski jadi sedikit licin di permukaan tangan.

OPPO Reno 11 Pro 5G
OPPO Reno 11 Pro 5G
OPPO Reno 11 Pro 5G
OPPO Reno 11 Pro 5G

Untuk Gizmo friends yang ingin lebih stand-out, bisa memilih opsi warna Pearl White yang punya teknik pewarnaan khusus, dengan tekstur unik yang memenuhi permukaan bodi belakangnya. Desain modul kameranya juga diubah, sepenuhnya menggunakan aksen warna silver, dengan peletakan sensor yang juga berbeda.

Awalnya, bagian ini terasa kurang nyaman, karena secara natural jari saya menyentuh bagian bawah modul kamera yang dibuat membesar. Namun setelah beberapa hari penggunaan, posisi jari otomatis menyesuaikan. Dan karena profil OPPO Reno 11 Pro 5G tipis dan ringan, jadi lebih mudah membawanya di berbagai ukuran kantong baju, celana, sampai sling bag.

Layar

OPPO Reno 11 Pro 5G

Tidak terasa ada perubahan, namun untuk alasan yang baik. Pasalnya, dari generasi sebelumnya, OPPO sudah menyematkan kualitas layar superior di kelasnya. Dan layar OPPO Reno 11 Pro 5G masih hadir dengan formula yang sama; menggunakan panel 6,7 inci AMOLED 120Hz, keempat sisi bezel super tipis, lengkungan 3D di sisi kiri dan kanan, serta bisa tampilkan hingga 1 milyar warna.

Kamu bisa menikmati konten video dari platform streaming favorit secara sangat memuaskan lewat layarnya yang sudah tersertifikasi HDR10+. Tingkat kecerahan maksimum 950 nits tergolong cukup untuk penggunaan luar ruangan, dan OPPO memberikan sejumlah opsi kustomisasi standar warna yang bisa disesuaikan dengan preferensi.

OPPO Reno 11 Pro 5G

In-display fingerprint sensor OPPO Reno 11 Pro 5G tentu sudah sangat akurat dan instan dalam membaca sidik jari dengan posisi yang pas. Sementara proteksi kaca layarnya sendiri sudah dengan AGC, bukan Gorilla Glass, dan tetap terlindungi oleh lapisan antigores bawaan pabrik. Opsi always on-display yang beragam juga berikan aspek mewah tersendiri.

Mengakomodir layarnya yang mendekati sempurna, OPPO berikan vibration motor yang tergolong standar, alias masih belum se-presisi smartphone di kelas harganya. Sayangnya, layar tersebut tidak dipasangkan dengan setup speaker bawaan yang juga memuaskan.

Kamera

OPPO Reno 11 Pro 5G

Secara hardware, tidak ada perubahan dari yang kemarin. Sensor utama kamera OPPO Reno 11 Pro 5G gunakan sensor Sony IMX890 50MP dengan OIS, dipasangkan dengan sensor telefoto IMX709 32MP yang bisa berikan 2x optical zoom dan 5x lossless zoom, dengan sensor ketiga berjenis ultra-wide 8MP f/2.2 tanpa autofokus.

Sensor kamera depan? Jenisnya sama dengan sensor telefoto, namun gunakan lensa wide dan sudah dengan autofokus. Nah, walaupun sama, kualitas gambarnya terlihat ada peningkatan. Selain perbedaan chipset, algoritma software nampaknya berperan besar terhadap bagian satu ini.

OPPO Reno 11 Pro 5G hadir dengan HyperTone Imaging Engine, diturunkan dari seri Find terbaru. Teknologi ini menganalisa gambar per piksel, meningkatkan detail sekaligus akurasi warna. Efeknya menurut saya terasa ketika mengambil foto dengan subyek manusia, di mana detail wajah terlihat lebih jelas dan detail. Antar sensor juga bisa hasilkan warna serupa, mendekati asli.

Pada kondisi pencahayaan yang cukup, saya terkesima dengan kemampuan kamera OPPO Reno 11 Pro 5G dalam hasilkan foto berkualitas pada pembesaran 5x bahkan 10x. Ketika kita mengarahkan kamera ke obyek dengan stabil, smartphone akan memperjelas viewfinder dan membuatnya lebih jelas bahkan sebelum gambar diambil. Kemampuan ini melampaui ekspektasi saya untuk sebuah sensor 2x zoom.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO Reno 11 Pro 5G bisa kamu akses lewat album berikut ini ya.

Menggunakan sensor ultra-wide
ABLVV84jRqCP9m4PY1Hb4vbk7Pw0MTIGAHRxMYkfjDWrAXJYhLIJ0kk7 fH8Bg
Menggunakan sensor utama, uji kemampuan HDR
ABLVV86rFx4ML4LHFlbfHejSY3TAiAXbiHpB6f5v3UkSPYugnlb4gtyhVqjzk
Kita tes telefotonya yuk, dimulai dari 2x zoom…
Lanjut ke 5x zoom…
ABLVV84ngz42ub64kYIqjR AkllF2FPAScMnESH8wlj2Lucg8cIWqmwJ26jLwgA75Q0sPyCO3i6yDX9Q7ICzl1gqNg2P LCbOMfe9JvwAMyVlI oNEd41iu=w2400
10x zoom masih oke…
ABLVV84ETcSPmoTxl7BsdsKURnUvDzS
Maksimum 20x zoom, sudah mulai turun detailnya namun masih usable.
ABLVV84jggly6srUx6zGSGeRny1J5NjY3Yr2 VUyYRsY8zSe3TEwRZQaMj7V9aZZZYh12dTtAHe10N2ta4uOHWiUSWjaXeNk11mDA0MfzwnXv4YQpa
Sensor utama, indoor
Ultra-wide, outdoor malam hari dengan mode malam otomatis aktif
ABLVV879BISYdhZeUt9vIx AvUv1t8SOwO0ewN3pneIhnKxPeevU8dUzDZFOKYA5nUoDaYDgz37DSNlQATuZwF9 wBduueMuagXw6KW fHy2rkj2pH1et8Kn=w2400
Sensor utama, indoor malam hari
Mengaktifkan 2x zoom, namun tetap diambil dari sensor utama
ABLVV86dWPlyltB2sspDAL3fadNr8cTVxeEB Q73AKURL7JjNPyz2fTX HsW5QtzHHE7tjB4MPcNHcXSmPJ1 cWB5MHlR8LD7O0A 177TflP hE6qYyfvH7X=w2400
Portrait 2x zoom
ABLVV84lxo5LSuuk97r9Ns9sefnWAzCnL4RTuIJTkAoM T1wf4X5U4GwjQ92 2SAgyWTZC CsmYXGhQeBJUqgm7izkMSf2oRUfDZWx2puWmpyy3styRcl yi=w2400
Portrait 2x zoom

Bagaimana dengan perekaman videonya? Baik sensor utama maupun kamera selfie mampu merekam video dalam resolusi maksimum 4K 30fps, namun dengan stabilisasi yang kurang efektif. Setidaknya, kini ada opsi perekaman 4K dari kamera depan, meningkat dari sebelumnya.

Untuk kualitas videonya sendiri, menurut saya reproduksi warnanya masih bisa ditingkatkan, alias tidak se-memuaskan hasil fotonya. Namun stabilisasi pada resolusi 1080p sudah bisa diandalkan untuk vlogging.

Fitur

OPPO Reno 11 Pro 5G hadir membawa ColorOS 14 terbaru dan sudah berbasis Android 14. Yang terasa baru adalah tampilan notifikasinya yang dibuat mirip seperti Dynamic Island di iPhone seri Pro—OPPO menyebutnya dengan Aqua Dynamics. Apa bedanya dengan tampilan notifikasi biasa?

Aplikasi yang sudah mendukung Aqua Dynamics seperti perekam suara sampai Grab, bisa tampilkan informasi lebih lengkap dalam “pill” notifikasi, dan lebih banyak informasi yang bisa diakses dengan gestur sentuh-dan-tahan—memudahkan kamu untuk mendapat informasi penting tanpa harus akses bar notifikasi atau berpindah aplikasi.

OPPO Reno 11 Pro 5G
Sensor inframerah disematkan di sisi atas bodi OPPO Reno 11 Pro 5G, sayangnya tanpa speaker sekunder.

Sisanya sih, saya tidak merasakan adanya banyak perbedaan. Oh, ketika mengambil foto, akhirnya kita bisa menambahkan atau menghapus watermark dari hasil tangkapan kamera OPPO Reno 11 Pro 5G, mirip seperti Find Series, sehingga posisi watermark tetap pas walaupun kita lakukan proses seperti cropping. Sensor inframerah juga hadir di smartphone ini, jadi alternatif kendali elektronik rumah.

Yang menurut saya paling mengecewakan sih setup speaker-nya yang sayang sekali, masih belum stereo. Bahkan kalau bisa menurut saya nggak perlu ada sensor inframerah, deh, mending ruangnya untuk speaker sekunder di bagian atas atau earpiece. Sayang aja gitu, karena layarnya sudah sangat bagus dan bakal pas kalau dipasangkan dengan speaker yang lebih mantap.

Performa

Skor Antutu OPPO Reno 11 Pro 5G

Walaupun bukan smartphone gaming, OPPO hadirkan peningkatan yang menyeluruh pada sektor performa OPPO Reno 11 Pro 5G. Tidak hanya chipset, namun juga jenis RAM dan penyimpanan internalnya—selain menggandakan kapasitasnya dari generasi sebelumnya, kini menjadi 512GB. Sehingga wajar kalau alami kenaikan harga.

Tak lagi dengan Qualcomm, chipset OPPO Reno 11 Pro 5G gunakan seri Dimensity 8200 dari MediaTek dengan fabrikasi yang lebih baik yakni 4nm. Secara arsitektur CPU sejatinya masih sama dengan Snapdragon 778G, namun empat inti Cortex-A78 punya clock speed yang jauh lebih tinggi, hingga 3.1GHz pada prime-core.

Selain chipset yang lebih kencang, jenis RAM juga meningkat ke LPDDR5x, dan storage menjadi UFS 3.1. Digabungkan dengan Trinity Engine dari ColorOS 14, smartphone OPPO Rp9 jutaan ini bisa hasilkan skor Antutu yang lebih tinggi. Secara performa untuk penggunaan harian pun terasa sedikit lebih gegas—saya bilang sedikit, karena generasi sebelumnya pun sudah tergolong kencang untuk aplikasi harian.

Baterai

Baterai OPPO Reno 11 Pro 5G

Sama seperti generasi sebelumnya, baterai OPPO Reno 11 Pro 5G tetap berkapasitas 4,600 mAh. Memang tak sampai 5,000 mAh, namun sudah sangat cukup untuk penggunaan seharian penuh. Termasuk pada saat-saat saya harus menggunakan smartphone OPPO stylish ini secara lebih intensif, baik akses kamera sampai menyalakan mobile hotspot.

Meski secara fabrikasi lebih modern chipset yang digunakan sekarang, saya merasakan standby time yang sedikit lebih boros dibandingkan generasi sebelumnya, di mana baterai yang tersisa tidak begitu banyak di keesokan paginya. Mungkin bisa ditingkatkan lewat software update ke depannya. Setidaknya, pengisian dayanya sangat, sangat cepat.

Mendukung 80W SuperVOOC, mengisi daya OPPO Reno 11 Pro 5G hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit saja dari hampir habis hingga penuh. Bahkan dalam waktu 10 menit, baterai smartphone dari kisaran 5% bisa terisi hingga 50%, sudah sangat cukup untuk beraktivitas berjam-jam, terutama ketika digabungkan dengan sejumlah mode hemat daya di dalamnya.

Dua poin menarik lain dari baterai OPPO Reno 11 Pro 5G; OPPO menyediakan adaptor charger 100W ke dalam paket penjualan, dan berani menjamin bila kapasitas baterai bakal tetap prima hingga empat tahun pemakaian normal. Nggak perlu khawatir untuk menjaga persentase Battery Health walaupun kecepatan isi dayanya super ngebut.

Kesimpulan

OPPO Reno 11 Pro 5G

Harganya yang naik Rp1 juta, menurut saya terbayar impas dengan sejumlah peningkatan yang dibawanya. Mulai dari memori penyimpanan lebih lega, peningkatan performa, sampai kualitas kameranya yang lebih memuaskan. Tampil dalam desain yang stylish sekaligus berbeda dari kompetitornya, tidak mencoba mengikuti bahasa desain smartphone lain.

Sayangnya, dengan banderol harga cukup mahal, kamu masih belum bisa mendapatkan setup speaker stereo pada OPPO Reno 11 Pro 5G. Begitu juga dengan kemampuan optical zoom yang “hanya” 2x, walaupun sejatinya sangat pas untuk pengambilan foto portrait. Layak atau tidaknya, kembali bergantung pada kebutuhan masing-masing ya.

Spesifikasi OPPO Reno 11 Pro 5G

OPPO Reno 11 Pro 5G
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO Reno11 Pro 5G
Released 11 January, 2024
Status Available
Price Rp8.999.000

Platform

Chipset Mediatek Dimensity 8200 (4 nm)
CPU Octa-core (1×3.1 GHz Cortex-A78 & 3×3.0 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G610 MC6
RAM (Memory) 12GB LPDDR5X @3200MHz 4x16bit
Storage 512GB UFS3.1 @ 2Lanes HS-Gear4
External Storage
Operating System Android 14
User Interface ColorOS 14

Design

Dimensions 162.4 x 74.1 x 7.6 mm
Weight 181 gram
Design Features Glass front & back
Colours: Pearl White, Rock Grey
OPPO Reno Glow
Battery Li-Po 4600 mAh, non-removable
Fast charging 80W

Display

Screen Type AMOLED capacitive touchscreen, 1B colors
Size and Resolution 6.7″, full HD+ 2412 x 1080 pixel (394 ppi)
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features Single punch hole camera
120Hz refresh rate
240Hz touch sampling rate
01 Ultra Vision Engine
100% DCI-P3
950 nits max brightness
Asahi Glass AGC

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE / 5G
SIM Dual-SIM
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 50 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.56-inch, 1.0µm, multi-directional PDAF, OIS; 32 MP, f/2.0, 47mm (telephoto), 1/2.74-inch, 0.8µm, PDAF, 2x optical zoom; 8 MP, f/2.2, 112-degree (ultrawide), 1/4.0-inch, 1.12µm
Front 32 MP, f/2.4, 22mm (wide), 1/2.74-inch, 0.8µm, AF
Flash Yes
Video Front Camera: 4K@30fps; Rear Camera: 4K@30fps, 1080p@30/60/240fps; gyro-EIS; HDR,
Camera Features Portrait Expert Engine, HyperTone Imaging System, AI Portrait Retouching

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, LHDC
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared Yes

Smartphone Features

Multimedia Features – Three finger translate with Google
– Gaming shortcut mode
– Bullet screen message
– Black screen mode
FM Radio No
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass,

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *