Apple iTunes akan dapat diakses di Windows minggu ini

Jakarta (ANTARA) – Apple secara resmi meluncurkan aplikasi Apple TV, Apple Music, dan Apple Devices di Windows minggu ini.

Aplikasi-aplikasi ini awalnya diluncurkan dalam bentuk percobaan tahun lalu, namun Apple kini telah menghapus label percobaan itu setelah resmi bekerja sama dengan Microsoft untuk meluncurkan aplikasi-aplikasi bawaan Apple tersebut.

Trio aplikasi ini, dikombinasikan dengan aplikasi iCloud untuk Windows yang telah dirombak, dirancang untuk menjauhkan pengguna Windows dari ketergantungan pada iTunes, demikian menurut MacRumors, disiarkan laman The Verge, Jumat (8/2).

Baca juga: Apple uji coba tiga aplikasinya di Windows 11

Jika pengguna menggunakan Apple TV, Apple Music, dan Apple Devices, maka iTunes hanya dibutuhkan untuk mengakses podcast dan buku audio di Windows. Aplikasi Apple Music menyediakan akses ke perpustakaan iTunes, di samping pembelian lagu dan album.

Apple TV juga memungkinkan pengguna Windows menonton film dan acara TV dari iTunes Library mereka, bersama dengan konten streaming berlangganan. Apple Devices memungkinkan pemilik PC mencadangkan atau memulihkan iPhone dan iPad, serta menyinkronkan konten ke perangkat tersebut.

Baca juga: iTunes kini tersedia di Microsoft Store untuk Windows 10

Microsoft telah bekerja sama dengan Apple pada aplikasi ini, dan bahkan menyambut baik peluncurannya minggu ini. Microsoft juga sebelumnya meluncurkan integrasi foto iCloud di Windows, memungkinkan kemampuan untuk menautkan perpustakaan Foto iCloud langsung ke aplikasi Foto bawaan pada Windows 11.

Aplikasi Windows baru Apple hanya tersedia di PC berbasis x86 tradisional yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11, dan belum ada tanda-tanda versi ARM64 untuk perangkat Windows bertenaga Qualcomm. 

Baca juga: Apple TV kini dapat menggunakan VPN

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *