10 Drama BL Thailand GMMTV Terbaik dan Paling Seru

Sebenarnya ada banyak production house Thailand yang memproduksi drama BL alias boys’s love. Tapi, saya yakin orang Indonesia lebih familiar dengan drama-drama yang dibesut oleh GMMTV.

GMMTV adalah salah satu perusahaan pembuat acara TV Thailand yang sangat terkenal, bahkan hingga internasional. GMMTV sebenarnya telah membuat berbagai jenis acara TV, seperti drama dan acara hiburan. Tapi, yang paling populer tentu saja serial BL-nya.

Drama BL Thailand produksi GMMTV seringkali memukau penonton dengan cerita yangnya ringan dan seru, chemistry antar couple on screen-nya juga on point banget. Makanya, wajar kalau fandom drama BL GMMTV ada banyak dan selalu bertumbuh.

Penasaran dengan drama boys’ love GMMTV yang terbaik versi Bacaterus? Silakan kamu scroll terus sampai bawah untuk mengetahuinya.

1. A Tale of Thousand Stars

Thailand-A-Tale-of-Thousand-Stars-4

Bagaimana kalau kita mulai dengan drama yang memenangkan banyak penghargaan? Setidaknya A Tale of Thousand Stars telah mengantongi Best LGBTQ+ Programme Made in Asia dari Content Asia Awards 2021 dan Special Award for Foreign Drama with A Tale of Thousand Stars in Tokyo Drama Awards 2022.

Padahal, drama ini ditayangkan pada April 2021. Tapi, setelah dua tahun penayangannya pun, drama ini masih dinominasikan dan mengantongi beberapa award. Mengesankan sekali, bukan?

Ceritanya berpusat pada Tian (Mix Sahaphap) yang menerima transplantasi jantung dari seorang gadis bernama Torfun. Torfun adalah seorang guru sukarelawan yang meninggal dunia akibat tertabrak mobil. Merasa bersalah dan berterimakasih, Tian berniat untuk menggantikan posisi Torfun sebagai guru di Desa Pha Pun Dao.

Hidup Tian jadi lebih mudah dengan ‘panduan’ dari buku diari Torfun. Dari buku itu juga, Tian mengerti bahwa Torfun jatuh hati pada kepala petugas hutan setempat, Phupha (Earth Pirapat). Selain menjalani perannya sebagai guru sukarelawan baru, Tian juga berusaha untuk mengenal Phupha.

Phupha, pada awalnya, sangat tidak ramah padanya. Namun, seiring waktu, mereka jadi semakin dekat. Hati Tian mulai berdebar-debar ketika berada di dekat forest chief ranger tersebut. Tian bingung yang dia rasakan ini efek jantung Torfun yang ada di dalam tubuhnya, atau reaksi dari dirinya sendiri.

Hal yang saya sukai dari drama ini adalah, berbeda dari drama BL lainnya, orang-orang di sekitar main couple-nya tidak ada yang LGBTQ+. Jadi, drama ini benar-benar hanya menceritakan Phupha dan Tian saja, tidak ada side couple. Menurut saya, dengan begini, plotnya jadi lebih masuk akal karena mirip dengan dunia yang sebenarnya.

A Tale of Thousand Stars juga tidak menunjukkan banyak skinship apalagi adegan 18+, yang biasanya disisipkan di 90% serial BL Thailand. Sehingga perhatian penonton hanya tertuju pada jalan cerita dan akting para pemain, bukannya adegan-adegan panas di dalam drama.

2. Bad Buddy

bad-buddy-ending_

Selain A Tale of Thousand Stars (ATOTS), Bad Buddy juga memiliki premis yang mirip, yaitu tidak adanya adegan eksplisit di dalamnya. Mungkin karena kedua drama tersebut di-handle oleh sutradara yang sama, yakni Backaof Noppharnach.

Jika ATOTS lebih ke drama serius, Bad Buddy lebih ke cerita komedi romantis anak muda. Drama yang berjudul lokal Khae Phuean Khrap Phuean ini dibintangi oleh Nanon Korapat dan Ohm Pawat Chittsawangdee.

Hal ini cukup mengejutkan penggemar, sebab untuk pertama kalinya Nanon mengambil proyek Y-series. Sementara Ohm Pawat sendiri sudah terbiasa tampil di drama dan film BL. Walau Nanon masih rookie dalam drama BL, ternyata dia mampu memberikan penampilan terbaiknya di sini.

Bad Buddy mengisahkan dua pemuda yang berasal dari keluarga yang bertetangga. Walau rumah mereka bersebelahan, sejak dulu dua keluarga itu sudah saling berseteru. Sifat iri dengki antar orang tua membuat Pat dan Pran, dua anak lelaki dari masing-masing keluarga, jadi ikut berselisih juga.

Baca Juga:

Pat dan Pran sebenarnya sudah dongkol dengan permusuhan ini, jadi diam-diam mereka ‘berbaikan’ dan berteman di balik layar. Mereka tak pernah menyangka, kebersamaan yang mereka lalui akan menumbuhkan cinta. Sejak saat itu, Pat dan Pran berpacaran, tapi mereka harus menyembunyikan hal ini dari keluarga juga teman-teman mereka.

3. Only Friends

Only Friends

Saat perilisan pilot trailer-nya, Only Friends mendapatkan banyak komentar negatif karena dinilai ‘terlalu vulgar’. Akan tetapi, saya malah menyukai kompleksitas cerita dan karakter drama ini. Jika kamu tidak menontonnya sendiri, mungkin akan bingung dengan banyaknya karakter utama di lakorn ini, dan kenapa semuanya saling berhubungan.

Pertama-tama ada Mew (Book Kasidet), the only virgin di dalam grup pertemanannya. Bukannya karena tidak laku, tapi dia punya prinsip akan melakukan hubungan intim dengan orang yang benar-benar dia cintai. Sebenarnya, Ray (Khaotung Thanawat), sahabatnya, menyukai Mew sejak dulu.

Tapi, Ray tidak ingin merusak pertemanan mereka, sehingga dia hanya bisa menelan amarah ketika Mew didekati Top (Force Jiratchapong), cowok dari jurusan desain interior yang tengah mendekati Mew. Akhirnya, Ray terlibat hubungan ‘teman tidur’ dengan Sand (First Kanaphan), penyanyi di bar yang sering Ray CS datangi.

Di sisi lain, Boston (Neo Trai), teman geng Mew dan Ray juga, sebenarnya terobsesi dengan Top. Jadi, walau dia yang mengenalkan Top pada Mew, dia tidak rela ketika Top mengacu pada hubungan sesungguhnya dengan Mew. Boston hanya ingin Top melepas keperjakaan Mew saja, bukannya malah memacari sahabatnya tersebut.

Bagaimana, memusingkan bukan, pertemanan di antara mereka? Well, judulnya juga Only Friends, mereka semua sebenarnya cuma teman saja. Tapi, mereka terlibat dalam hal-hal yang seharusnya sudah merusak batasan antar teman.

4. Midnight Series: Moonlight Chicken

Moonlight Chicken

Moonlight Chicken adalah drama lainnya yang merupakan perpaduan salah satu on-screen couple kesayangan GMMTV, Earth dan Mix, serta sutradara Backaof. Berbeda dari drama lainnya dalam list ini, Moonlight Chicken merupakan short series.

Kalau saya boleh berpendapat, sayang sekali Moonlight Chicken hanya terdiri dari 8 episode saja, karena alurnya sangat menarik. Diceritakan ada Jim (Earth Pirapat), seorang penjual nasi ayam Hainan di Pattaya, daerah Thailand yang dikenal sebagai pusat wisata tradisional.

Sesuai nama kedainya, Moonlight Chicken menyediakan makanan hingga larut malam. Suatu hari, ada seorang pelanggan yang tertidur di meja kedainya karena mabuk. Jim membangunkan pria itu, yang ternyata bernama Wen, dan akhirnya mereka mengobrol ringan.

Situasi mendadak jadi sangat intens dan Jim berakhir menghabiskan malam panas dengan Wen (Mix Sahaphap). Jim sebenarnya tertarik pada Wen, tapi mengingat usianya yang jauh lebih tua darinya, juga kondisi ekonominya yang kacau balau, dia terus mendorong Wen pergi.

Tapi, Wen tidak menyerah. Dia terus berada di sekitar Jim, karena dia sangat tertarik pada pria itu. Konflik meningkat ketika Alan (First Kanaphan), mantan kekasih Wen, cemburu dengan ‘hubungan’ Wen yang baru. Selain cinta segitiga antara Jim, Wen, dan Alan, drama ini juga membahas tentang keponakan Jim, Li Ming.

Li Ming (Fourth Nattawat) menyadari kalau dia gay setelah menghabiskan waktu dengan Heart (Gemini Norawit), putra kepala polisi yang tuli dan bisu. Kedua aktor muda GMMTV ini memiliki kemampuan akting yang sangat baik. Ini sangat mengejutkan, karena saya tidak menonton proyek drama keduanya sebelum muncul di Moonlight Chicken.

5. Not Me

not me pride_

Jarang sekali ada drama Thailand yang membahas kebobrokan sistem pemerintahan negara mereka secara gamblang, terutama dalam genre boys’ love. Saya yakin baru Not Me saja yang berani melakukannya. Kisahnya dimulai dari masa lalu Black dan White (Gun Atthaphan), anak kembar yang memiliki ikatan batin yang kuat.

Karena kedua orang tua mereka bercerai, Black menetap di Thailand dengan ibu mereka, sementara White pergi ke Rusia bersama sang ayah. Sekembalinya White ke tanah air, dia langsung merasakan sakit di seluruh tubuhnya, padahal dia tidak sedang sakit. Dia yakin, kalau sesuatu yang mengerikan terjadi pada kembarannya, Black.

Benar saja, Todd, teman lama White dan Black, memberi tahu White kalau Black sekarang ada di ruang ICU karena koma sehabis dipukuli orang jahat. Todd berpikir kalau pelakunya salah satu dari geng Black di kampus, yang terkenal sering melakukan protes pada pemerintah.

Semenjak itu, White mengabaikan ambisi ayahnya yang ingin membuat dia jadi pejabat. White malah berpura-pura menjadi Black, dengan mengikuti kelas di kampus, bahkan membuat tato agar sama persis seperti Black. Di kampus, White bertemu dengan geng Black, yaitu Sean (Off Jumpol), Gram, dan Yok.

Sepulang kuliah, mereka selalu berkumpul di garasi Gumpa, yang bertindak sebagai ‘pelatih’ dan penyedia tempat untuk geng tersebut menyusun rencana dalam memprotes pemerintah.

Karena suatu alasan, White (sebagai Black) terpaksa tinggal di garasi Gumpa untuk sementara, sehingga dia harus berbagi kamar dengan Sean yang memang tinggal di sana. Walau sering berkelahi secara verbal hingga fisik, Sean jatuh cinta pada White, yang dia kira Black. Begitu pula White, yang jatuh hati pada Sean.

Masalah semakin runyam ketika Black terbangun dari komanya. Dia mengetahui kalau White selama ini hidup sebagai dirinya dan bahkan berpacaran dengan Sean. Tanpa mengetahui kalau Black kembar, Sean bertemu dengan Black yang asli, berpikir kalau dia Black yang manis yang telah menjadi pacarnya.

Tapi, Sean malah berakhir dipukuli oleh Black. Dia juga memutuskan hubungan mereka, agar Sean tidak menyadari kalau yang dia pacari sebenarnya White, adik kembarnya. Black kemudian mengusir White menjauh karena dia ingin kembarannya tetap selamat.

Selain hubungan yang rumit antara White dan Sean, drama ini juga membahas percintaan antara Yok, teman geng Black, dengan seorang pelukis grafiti misterius dengan nama samaran UNAR. Di media sosialnya, UNAR selalu membuat karya seni mural yang menyuarakan ketidakpuasannya terhadap pemerintah.

Yok yang penasaran menguntit UNAR dan akhirnya mengetahui wajah serta identitas pria itu. Betapa terkejutnya Yok (First Kanaphan) ketika mengetahui kalau UNAR adalah seorang petugas polisi dengan nama asli Dan (Fluke Gawin).

6. Vice Versa

d_ vice versa

Vice Versa merupakan proyek boys’ love series paling high concept yang pernah GMMTV buat. Jika drama-drama GMMTV sebelumnya hanya ada di satu semesta yang kita sama-sama kenali, Vice Versa menceritakan tentang keberadaan semesta lain.

Talay (Sea Tawinan) terbangun dalam tubuh seorang pria bernama Tess setelah dia tenggelam di laut. Bukan hanya body swap, Talay juga rupanya berpindah ke universe lain. Di Thailand yang saat ini dia tinggali, keadaan sangat berbeda dengan Thailand yang ada di semestanya.

Sambil memikirkan cara untuk pulang, Talay mau tak mau hidup sebagai Tess (Ohm Pawat). Suatu ketika, ada seseorang bernama Puen (Jimmy Jitaraphol) yang ternyata datang dari semesta yang sama dengan Talay. Setelah mengetahui nama asli Talay, Puen langsung tahu wajah asli Talay (bukan wajah Tess yang dia lihat saat ini).

Jadi, dulu sebelum perpindahan tubuh dan semesta ini, Talay dan Puen pernah bertemu, bahkan mereka pernah bekerja bareng. Jadi, Puen tahu betul rupa Talay seperti apa. Karena ingin menjadi misterius, Puen tidak memberi tahu nama aslinya pada Talay, dia hanya memberi tahu kalau di semesta mereka, dia merupakan aktor terkenal.

Tak terasa mereka sudah terjebak di semesta itu sepanjang lima tahun. Tiba-tiba saja Puen menemukan jalan untuk pulang, meninggalkan Talay seorang diri. Padahal selama ini mereka sudah saling menyukai. Kira-kira Puen dan Talay bisa bertemu lagi tidak, ya?

7. The Eclipse

The Eclipse_

Menggabungkan genre misteri dan boys’ love, The Eclipse berlatarkan SMA Suppalo, sekolah terkemuka khusus laki-laki di negara itu. Menurut rumor yang beredar, ada kutukan di sekolah itu yang menargetkan murid-murid pembangkang. Lalu, kutukan tersebut akan semakin parah ketika gerhana matahari.

Di mana ada peraturan, maka ada pula pihak yang ingin melanggarnya. Sekelompok murid yang dijuluki World Remembers bersatu untuk menentang otoritas sekolah dan menuntut hak-hak mereka sebagai murid di sekolah Suppalo.

Kelompok pemberontak ini selalu berhasil dicegah oleh Akk (First Kanaphan), kepala prefek siswa. Selama ini, sekolah masih aman terkendali berkat Akk dan bawahannya di asosiasi prefek. Kemudian, datanglah Ayan (Khaotung Thanawat), siswa baru yang misterius.

Walau tidak tergabung dengan World Remembers, Ayan juga selalu menentang peraturan sekolah. Dia bahkan terang-terangan berani membantah Akk (dan terlihat senang memprovokasinya). Namun, setelah menjalin kedekatan lebih dalam, mereka saling mengerti satu sama lain dan perasaan suka pun tumbuh di hati keduanya.

8. 2gether: The Series

2gether The Series

2gether: The Series tidak hanya drama BL Thailand GMMTV terbaik, tapi juga termasuk dalam drama boys’ love terbaik secara general. Drama yang diangkat dari novel ini mendapuk dua aktor berbakat Win Metawin sebagai Tine Teepakorn dan Bright Vachirawit sebagai Sarawat Guntithanon.

Cerita berpusat pada Tine, seorang mahasiswa hukum tahun pertama yang tampan. Dia mengikuti satu klub saja, yaitu pemandu sorak. Itu saja sudah membuat Tine cukup populer. Tidak hanya gadis, Tine punya penggemar pria juga. Salah satunya adalah Green, fan berat Tine yang ingin menjadi pacarnya.

Risih terus diganggu Green, Tine mendapat ide untuk menyewa cowok paling hot di kampus untuk berpura-pura jadi pacarnya, supaya Green mau pergi meninggalkannya. Tine pun menemukan targetnya, yaitu Sarawat, ketua tim sepak bola dan klub musik.

Sarawat berniat membantu Tine, asalkan cowok itu mau join klub musiknya. Usut punya usut, diam-diam Sarawat menyukai Tine, bahkan sudah sejak lama. Dan, dia memanfaatkan permintaan Tine untuk mendekatinya secara serius. Apakah hubungan pacaran pura-pura ini akan berubah menjadi pacaran sungguhan?

9. My School President

My School President

Penggemar drama romansa anak sekolahan, GMMTV membuat My School President khusus untukmu. Tinn (Gemini Norawit), ketua OSIS sekaligus putra kepala sekolah, diam-diam naksir Gun (Fourth Nattawat). Gun adalah pemimpin klub musik dan penyanyi utama band sekolah mereka, Chinzhilla.

Sebagai putra kepala sekolah, Tinn mendengar rencana ibunya yang akan memberhentikan ekskul sekolah yang tidak berprestasi. Klub musik merupakan kandidat terkuat untuk ditutup, karena sudah bertahun-tahun mereka tidak menyumbang penghargaan apa pun buat sekolah.

Mendengar kabar ini, Tinn jadi sebal pada Gun, padahal peraturan tersebut bukan Gun yang buat. Gun rela melakukan apa saja untuk mempertahankan klubnya, walaupun ketika dia harus bersumpah menjadi asisten pribadi Tinn.

Diam-diam, Tinn juga bersumpah untuk membantu anggota band Chinzhilla memenangkan Kontes Musik Hot Wave. Alasan pertama agar klub musik tetap berjalan, dan alasan kedua karena Tinn mengetahui Chinzhilla memiliki peraturan bahwa anggota band tidak boleh berpacaran sampai mereka memenangkan kontes.

Tinn berharap setelah semuanya selesai, dia dan Gun bisa bebas mengeksplorasi perasaan mereka. Tapi, sebelum itu semua, Tinn harus bisa membuat Gun menyadari perasaannya, dan membuat Gun jatuh cinta balik kepadanya.

10. SOTUS the Series

SOTUS

Saya pikir SOTUS merupakan series BL pertama semua orang. Drama yang dirilis tahun 2016 ini merupakan serial BL kedua yang ditayangkan di televisi. Drama pertama bertemakan boys love adalah Love Sick the Series yang dibuat tahun 2014. Namun, baru SOTUS lah yang mendapatkan kesuksesan di tanah air maupun secara global.

Judul drama ini diambil dari singkatan S.O.T.U.S, sistem pengenalan kampus untuk mahasiswa baru di jurusan teknik. Sebagai calon mahasiswa baru, Kongpob (Singto Prachaya) dan teman-teman seangkatannya harus melalui serangkaian kegiatan untuk diakui oleh komdis alias tim ospek.

Ospek tahun ini dipimpin oleh mahasiswa tahun ketiga, Arthit (Krist Perawat), kating yang dikenal galak dan kejam. Kegiatan SOTUS yang dinilai berlebihan menyebabkan perselisihan antara senior dan junior. Kongpob bertindak sebagai suara dari camaba, berani melawan perintah Arthit yang sering tidak masuk akal.

Arthit tentu saja kesal dibantah, apalagi oleh junior tingkat satu. Namun, dia salut juga dengan keberanian Kongpob untuk stand up demi teman-temannya. Seiring waktu, kakak tingkat dan adik tingkat ini malah jadi sangat dekat, dan benih-benih cinta tumbuh di antara mereka.

GMMTV telah membuat banyak drama BL Thailand yang populer. Hampir semua drama BL mereka menarik banyak penggemar di dalam maupun di luar negeri.

Karena hal ini, GMMTV juga berkontribusi pada pertumbuhan bisnis hiburan Thailand dengan selalu memberikan pemirsanya konten yang baru dan menarik. Itu dia sepuluh drama BL Thailand besutan GMMTV terbaik versi Bacaterus. Apa kamu setuju dengan line up-nya?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *