OMRON Healthcare Merayakan 50 Tahun Sejarah Monitor Tekanan Darah

AsiaNet 100094

Kyoto, Jepang (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) — OMRON Healthcare Co., Ltd. (selanjutnya disebut Perusahaan) yang berkedudukan di Muko City, Prefektur Kyoto, Jepang, dengan bangga mengumumkan perayaan 50 tahun produksi monitor tekanan darah tahun ini. Sejak diperkenalkannya alat pemantau tekanan darah manual dan tipe manometer pertama pada tahun 1973, Perusahaan terus meningkatkan dan memproduksi alat pemantau tekanan darah yang akurat dan mudah digunakan. Hingga saat ini, Perusahaan telah menjual lebih dari 350 juta unit di lebih dari 110 negara di seluruh dunia.

Perusahaan selalu percaya akan pentingnya pemantauan tekanan darah di rumah, meskipun pembacaan tekanan darah hanya dapat diperoleh di fasilitas kesehatan. Pada tahun 1991, Perusahaan meluncurkan monitor tekanan darah otomatis pertama di dunia dengan teknologi logika fuzzy (*) untuk akurasi dan kemudahan penggunaan yang lebih baik daripada monitor manual. Sejalan dengan kemajuan alat pemantau tekanan darah, Perusahaan bekerja terus menerus untuk meningkatkan dan mengembangkan manset yang telah dibentuk sebelumnya sehingga pengguna dapat membungkus lengannya dengan aman dan mudah. Selain itu, Perusahaan berfokus pada peningkatan kegunaan dan akurasi pengukuran dengan memperluas jangkauan fungsi pendukung untuk memastikan bahwa pengguna mempertahankan postur pengukuran yang benar.

(*) Fungsi pengaturan tekanan otomatis

Gambar1: Monitor tekanan darah pertama: HEP-1

Gambar2: Monitor tekanan darah otomatis logika fuzzy pertama di dunia: HEM-706

Selain itu, Perusahaan telah berupaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemantauan tekanan darah di rumah di kalangan profesional medis dengan mengembangkan dan mendistribusikan perangkat yang akurat dan tervalidasi secara klinis. Perusahaan mendukung Studi Ohasama, yang dimulai pada tahun 1986 di Ohasama, Prefektur Iwate, dengan menyediakan sekitar 300 unit monitor tekanan darah OMRON untuk digunakan dalam penelitian. Ohasama terkenal karena tingkat insiden penyakit kardiovaskular yang tinggi dan kian bertambah karena iklim dingin di daerah itu. Untuk mengatasi masalah ini, perawat kesehatan masyarakat berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat dengan meminta penghuninya mengukur tekanan darah mereka di rumah dan menasihati mereka berdasarkan data tekanan darah harian yang diukur sendiri. Studi ini berlangsung selama lebih dari 35 tahun dan temuannya, yang menegaskan manfaat pemantauan tekanan darah di rumah, telah dimasukkan ke dalam pedoman penatalaksanaan hipertensi yang diterbitkan di berbagai negara.

Perusahaan terus mengejar tantangan mengadopsi teknologi digital untuk penatalaksanaan tekanan darah. Pada tahun 2010, Perusahaan meluncurkan layanan manajemen kesehatan, WellnessLINK, di pasar Jepang. Aplikasi smartphone untuk manajemen kesehatan, OMRON connect, kini tersedia di lebih dari 140 negara. Selain itu, pada tahun 2020, Perusahaan meluncurkan layanan pemantauan pasien jarak jauh di AS. Layanan ini memungkinkan pengguna berbagi pembacaan tekanan darah mereka di rumah dengan dokter, mempromosikan penatalaksanaan penyakit kardiovaskular sebelum memburuk. Perusahaan telah memperluas cakupan bisnisnya dengan memproduksi dan mendistribusikan berbagai produk dan layanan yang mendukung pengobatan hipertensi.

Perusahaan juga berkomitmen untuk mengembangkan perangkat inovatif. Pengembangan ini termasuk monitor tekanan darah yang dapat dikenakan pertama di dunia yang akurat secara klinis, HeartGuide, dan monitor tekanan darah lengan atas dengan teknologi elektrokardiogram (EKG) bawaan untuk memfasilitasi deteksi dini fibrilasi atrium, faktor risiko yang diketahui untuk emboli otak kardiogenik.

Gambar3: Monitor tekanan darah yang dapat dikenakan: HCR-6900T-M

Gambar4: Monitor tekanan darah lengan atas dengan EKG: HCR-7800T

“Tahun ini, kami merayakan 50 tahun peluncuran alat pemantau tekanan darah OMRON,” kata Ayumu Okada, Presiden dan CEO OMRON Healthcare Co., Ltd. “Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan penghargaan yang tulus kepada semua pelanggan kami yang berharga atas dukungan berkelanjutan mereka terhadap monitor tekanan darah kami. Penyakit serebro-kardiovaskular dikenal sebagai penyebab utama kematian secara global, dan seiring bertambahnya usia populasi di banyak negara, jumlah pasien yang menderita penyakit ini diperkirakan akan semakin meningkat. Kami tetap berkomitmen untuk memenuhi visi ‘Going for ZERO’ (mencapai nol kejadian serebro-kardiovaskular). Ke depan, kami akan terus berkontribusi untuk meningkatkan harapan hidup yang sehat bagi orang-orang di seluruh dunia dengan memperkenalkan perangkat dan layanan yang disesuaikan untuk memecahkan masalah terkait kesehatan.”

Sumber: OMRON Healthcare Co., Ltd.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *