Sinopsis & Review Slumberland (2022), Petualangan di Dunia Mimpi

Berduka atas kematian ayahnya, seorang gadis cilik nekat mengarungi dunia mimpi untuk bertemu lagi dengan ayahnya.

Dengan modal sebuah peta, bersama seorang buronan di dunia mimpi dia berniat mencapai Sea of Nightmares untuk mengambil berlian yang bisa membuat permintaannya terkabul. Berkali-kali bermimpi, petualangannya mengalami banyak rintangan.

Slumberland adalah film petualangan bernuansa fantasi karya Francis Lawrence yang dirilis oleh Netflix pada 18 November 2022. Berdasarkan komik strip Little Nemo in Slumberland karya Winsor McKay, film ini dibintangi oleh Jason Momoa, Kyle Chandler dan Chris O’Dowd, serta memperkenalkan calon bintang Marlow Barkley.

Sekali lagi diajak berpetualang di dunia mimpi, apakah film ini mampu menerjemahkan esensi komik strip populer tersebut? Simak review berikut sebelum menontonnya.

Baca juga: 20 Film Fantasi Terbaik yang Membawa Imajinasi Penonton

Sinopsis

Sinopsis

Nemo adalah gadis cilik berusia 11 tahun yang hidup bersama Peter, ayahnya, di sebuah mercusuar. Dia diajarkan oleh ayahnya segala hal tentang tugas sebagai penjaga tempat itu. Bila hendak tidur, ayahnya sering bercerita tentang dongeng petualangan Flip.

Suatu malam, saat Peter sedang menceritakan dongeng kepada Nemo, dia mendapat panggilan darurat dan membuatnya harus segera turun ke laut di tengah cuaca buruk. Nemo kemudian tertidur dan bermimpi buruk dimana dia melihat ayahnya tenggelam.

Nemo terbangun dan mendapati Clara berada di depan pintu rumah untuk mengabarkan bahwa ayahnya hilang di lautan. Kini Nemo harus tinggal bersama pamannya, Philip, seorang pengusaha gagang pintu. Philip tinggal di sebuah apartemen mewah dengan fasilitas lengkap.

Malam harinya Nemo bermimpi dimana dia kembali ke mercusuar dengan mengendarai ranjang tidurnya. Dia bertemu dengan sosok pria bertanduk yang memperkenalkan dirinya sebagai Flip.

Flip bertanya tentang sebuah peta yang dimiliki oleh Peter. Dia akan menggunakannya untuk mencapai Sea of Nightmares dan mengambil permata ajaib yang bisa mengabulkan segala permintaan.

Nemo tidak tahu-menahu tentang peta, tapi dia ingin memiliki permata itu agar dia bisa bertemu kembali dengan ayahnya. Keesokan harinya, Nemo bermimpi boneka babi miliknya menemukan peta di sebuah kardus. Nemo terbangun dan mencarinya di dalam kardus. Dia menemukan peta itu.

Dengan segala perlengkapannya, Nemo menyusun rencana untuk masuk kembali ke dunia mimpi. Dia mengisi absen lewat aplikasi dan tidur di ruang mesin sekolah dengan tempat tidur gantungnya.

Baca Juga:

Nemo bertemu kembali dengan Flip dan memberikan peta tersebut. Nemo mengetuk dua kali sehingga Flip tidak bisa menolak. Ketukan ini adalah perjanjian antara Peter dengan Flip.

Mereka memasuki mimpi-mimpi orang lain demi mencari pintu menuju Slumberland. Namun yang tidak Nemo ketahui, bahwa Flip adalah seorang buronan yang diburu oleh Agen Green.

Flip bilang bahwa dia dan Peter mencuri peta Slumberland yang membuat mereka menjadi buruan Bureau of Subconscious Activities (BOSA).

Selain agen Green, mereka juga diburu oleh cumi-cumi raksasa mengerikan yang merupakan mimpi buruk Nemo. Mereka berhasil lolos dari kejaran Green untuk sementara.

Flip memberi tahu Nemo bahwa tujuan dia mencari permata ajaib itu adalah untuk mengetahui siapa dirinya di dunia nyata. Akhirnya mereka berhasil ditangkap dan dibawa ke penjara.

Flip ditahan dan Nemo dibawa oleh Green yang mengingatkan Nemo bahwa mimpi memberikan apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan dan menasihati Nemo untuk lebih fokus pada dunia nyata.

Terbangun dari tidurnya, Nemo mulai memikirkan ucapan Green. Dia kemudian menghabiskan waktu bersama Philip dimana pamannya itu memperlihatkan video masa kecilnya dahulu. Nemo menyadari bahwa Philip adalah Flip di dunia mimpi.

Philip tak pernah bermimpi lagi sejak Peter memutuskan untuk menikah dan pergi berkeliling dunia. Nemo kemudian kembali ke dunia mimpi dan membebaskan Flip.

Dalam perjalanan menuju Sea of Nightmares, Nemo memberi tahu Flip tentang identitas aslinya di dunia nyata. Flip mengurungkan niat, tapi Nemo tetap ingin mencapai tempat tersebut. Nemo dibangunkan oleh gurunya dan dibawa pulang oleh Philip.

Malamnya, Nemo nekat untuk pergi ke mercusuar seorang diri dengan menaiki perahu. Badai datang menerpa laut dan menggoncangkan perahu yang kemudian membuat Nemo pingsan.

Masuk ke dunia mimpi, Nemo berhasil mengambil salah satu permata ajaib. Namun dia dikejar oleh mimpi buruknya. Beruntung Flip datang menyelamatkannya.

Cumi-cumi raksasa berhasil menggapai mereka dan menghancurkan pesawat yang mereka kendarai. Nemo menggunakan permata itu untuk mengabulkan keinginan Flip. Efeknya, orang-orang yang bermimpi terbangun di dunia nyatanya, termasuk Philip yang dalam perjalanan menuju mercusuar.

Badai semakin besar dan Nemo belum tersadar dari pingsannya. Sedangkan Nemo di dunia mimpi merasakan tubuhnya lemas tak berdaya.

Berhasilkah dia diselamatkan? Apakah dia bisa bertemu dengan ayahnya sekali lagi di dunia mimpi? Tonton terus kisah fantasi yang seru ini hingga usai dan temukan jawaban atas pertanyaan ini di akhir filmnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *