Review OPPO A77s: Desain Reno, Spesifikasi Rambo

Smartphone OPPO A77s telah menarik hati para pengguna yang terpesona dengan desain dan spesifikasi Reno. Dengan mengusung desain OPPO Reno, A77s juga ternyata memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Reno.

Yang paling menarik dan menjadi kesan pertama adalah desain bodi belakangnya. Sangat mirip dengan OPPO Reno7. Desain bodi dengan tekstur kulit, ditambah dua lingkaran kamera utama di dalam sebuah rumah kaca persegi panjang.

Spesifikasinya pun lumayan menyamai, mulai dari kapasitas baterai yang tahan lama dengan dukungan teknologi SuperVOOC, serta layar dengan resolusi 90Hz. Berikut ini penjelasan lengkap review OPPO A77s setelah digunakan tim Gizmologi selama hampir sebulan.

Desain

desain OPPO A77s

Sudah terlihat jelas jika desain OPPO A77s sangat mirip dengan smartphone premium seri Reno, tepatnya OPPO Reno7. Apalagi unit yang dipegang tim Gizmologi yang berwarna hitam. Mirip dengan seri Reno7, lengkap dengan bodi tekstur kulit. Keduanya sama-sama membawa ciri khas khusus pada bodi belakangnya, baik pada warna yang digunakan, maupun material yang juga dibuat spesial. Mampu mereplikasi permukaan kulit, namun pada saat yang sama, juga membuatnya lebih kuat daripada kulit imitasi pada umumnya.

Meski permukaan bodi belakang terasa kasar seperti kulit, OPPO memanfaatkan bahan fiberglass yang membuatnya lebih tahan gores, serta tahan dari bekas sidik jari. Sehingga desain OPPO A77s bakal selalu terlihat menawan, meski tanpa menggunakan case sekalipun. Sudut-sudutnya juga disesuaikan, sehingga walaupun gunakan tepian flat, masih nyaman di tangan dan tidak terasa tajam.

Dikombinasikan dengan modul kamera berwarna kontras, desain OPPO A77s terlihat klasik dan menawan. Bakal selalu memikat perhatian di sekitarnya. Konsumen juga tidak perlu takut akan daya tahan dari smartphone ini.

desain OPPO A77s

Selain warna hitam, OPPO A77s juga memiliki warna lain yang sangat menarik yaitu oranye. Warna Sunset Orange pada desain belakang OPPO A77s melambangkan kemewahan dalam kombinasi warna yang menarik dan dibalut dalam tekstur kulit.

Tampilan unik pada Fiberglass Leather Design di perangkat OPPO A77s ini menghadirkan tampilan warna oranye yang lembut, tekstur kulit berkualitas tinggi. Apalagi ditambah dengan frame datar kian memberikan kesan elegan, keren, sekaligus premium pada perangkat A77s.

Fiberglass Leather Design sendiri adalah sebuah teknik pembuatan casing belakang smartphone yang dibuat dari serat kaca. Dengan teknik khusus, serat ini menghadirkan beberapa lapisan back cover termasuk tekstur kulit yang tidak hanya memberikan kesan unik tapi juga tidak licin saat peranti A77s digenggam.

Tak hanya tampil indah di mata, desain eksterior OPPO A77s ini juga terasa nyaman saat disentuh dan pas di genggaman tangan, bahkan dalam waktu pemakaian yang lama sekalipun. Tepian datar pada frame dirancang untuk memberikan kenyamanan yang optimal hadir dengan kemiringan sudut yang sempurna, menghindari kesan tajam saat A77s dipegang tanpa menggunakan casing.

Selain dua kamera dengan lingkaran yang cukup besar, dilengkapi juga lampu flash LED yang memanjang. Lampu Flash LED ini bisa berfungsi juga sebagai senter. Di sisi kiri ada tombol volume yang berdampingan dengan slot sim card, sedangkan tombol on/off berada di seberangnya. Di bagian bawah ada tiga lubang speaker yang berjejer, bersamaan dengan port USB-C dan lubang untuk kabel earphone.

Layar

layar OPPO A77s

Berbekal layar 6,5 inci, bagian depan OPPO A77s masih setia dengan poni waterdrop. Dengan lingkaran layaknya tetesan air, tampilan layar masih nyaman untuk dilihat. Tidak terpotong di bagian atas sehingga kontennya masih terlihat dengan sempurna.

Sayangnya, layar tersebut masih didukung IPS LCD dan resolusi HD+ (2412 x 1080 piksel), walaupun layarnya masih terlihat jelas dan terang saat menampilkan konten. Mulai dari menampilkan foto atau video, serta bermain game, pergerakan layar masih mulus. Mungkin ini berkat refresh rate 90 Hz yang diusung. Nah, saat refresh rate tinggi itu mulai menghabiskan daya smartphone, bisa juga diubah ke refresh rate yang lebih rendah, yakni 60Hz. Gunakan Auto Switch Refresh Rate untuk hal ini.

Kamera

kamera OPPO A77s

Secara total, terdapat tiga sensor kamera OPPO A77s, satu di depan dan dua di belakang. Sensor utamanya sendiri beresolusi tinggi, mencapai 50MP dengan diafragma cukup besar f/1.8 dan ukuran sensor 1/2,76 inci. Sensor tersebut ditemani bersama sensor bokeh 2MP, bertugas untuk hasilkan efek portrait yang lebih maksimal dan akurat dalam berbagai kondisi.

Sementara di depan, disematkan sensor 8MP f/2.0 yang memiliki ukuran sensor 1/4 inci. Menariknya, kamera OPPO A77s pada bagian depan ini mendukung fitur Selfie HDR. Sehingga pengguna bisa bebas mengambil foto diri meski membelakangi cahaya sekalipun, wajah akan tetap terlihat cerah. Namun yang lebih menarik lagi, ada pada fitur unggulan kamera utamanya.

Masih ada fitur lain yang diturunkan dari kamera seri Reno ke kamera OPPO A77s, yakni Bokeh Flare Portrait. Dalam sekali tangkap, kecerahan obyek bakal disesuaikan dan secara otomatis memburamkan latar belakang, meningkatkan titik cahaya bokeh. Efek yang dihasilkan mereplikasi hasil tangkapan gambar dari kamera profesional dengan sensor besar, bikin foto portrait lebih menarik.

Kamera OPPO A77s memiliki fitur HDR Otomatis sehingga bisa membuat hasil jepretan lebih terang dan jelas. Ada juga peningkatan hasil foto berbasis AI dengan nama AI Scene Enhancement yang bisa diaktifkan untuk menghasilkan foto sesuai karakter objek, baik itu gedung, makanan, maupun pemandangan. Untuk resolusi kamera yang lebih besar, bisa mengklik ikon 50MP.

OPPO A77s kamera

Fitur kamera yang bisa digunakan tak hanya foto dan video tapi juga ada night mode, portrait, fitur Pro, Extra HD, Panorama, Slow motion, dan time lapse. Video yang dihasilkan pun bisa beresolusi 720p sampai 1080p. Oia, baik video maupun foto, memiliki fitur zoom-in 2 kali.

Untuk mengetahui hasil foto kamera OPPO A77s selengkapnya, silakan cek galeri album Google Photos ini.

Kinerja

benchmark OPPO A77s

OPPO A77s didukung dapur pacu buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 680 Octa-core 2,4 GHz. Chipset ini sudah cukup untuk mengkomodir kebutuhan kinerja penggunanya setiap hari. Misalnya hanya untuk multitasking, scrolling media sosial, browsing, sampai bermain game ringan. 

Saat diuji dengan menggunakan AnTuTu, skor yang didapat A77s sebesar 276.541. Sedangkan saat diuji menggunakan Geekbench 5.4.4, skor mencapai 380 untuk single core dan 1.638 untuk multi-core

OPPO A77s sudah menggunakan ColorOS 12.1 yang berbasis Android 12. Yang menarik dari OS ini adalah antarmukanya yang simpel dan nyaman dimata, termasuk saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Di OS ini ada fitur yang sangat fungsional dan berfaedah. Mulai dari split screen, App Clone, Dark Mode, Screenshot pakai 3 jari, dan lainnya.

Yang menarik adalah opsi RAM Plus, dimana pengguna bisa melakukan penambahan memori RAM di OPPO A77s. Penambahan tersebut bisa dilakukan langsung dari menu Pengaturan. Caranya:

1. Buka menu Pengaturan

2. Masuk ke About Device

3. Scroll ke bawah dan temukan opsi RAM

4. Sentuh RAM, kemudian aktifkan toggle RAM Expansion

5. Geser titik hitam yang ada di dalam garis ‘Expand By’. 

Pengguna bisa memilih antara 4GB, 6GB atau sampai 8GB. Semakin besar dukungan RAM maka performa smartphone dipercaya akan semakin mulus. Sejatinya, OPPO A77s ini memiliki RAM dengan kapasitas total 16 GB yang merupakan kombinasi dari RAM Utama 8 GB dan RAM Virtual 8 GB.

Baterai

baterai OPPO A77s

kapasitas baterai OPPO A77s masih tergolong besar, yakni 5,000 mAh. Dipadukan dengan chipset hemat daya dari Qualcomm yakni Snapdragon 680 octa-core 6nm, yang diklaim memiliki konsumsi daya rendah. Dibawa dari generasi sebelumnya, baterai OPPO A77s tetap membawa teknologi fast charging unggulan yang mulanya hanya tersedia untuk seri flagship saja. Ya, apalagi kalau bukan 33W SuperVOOC. Selain kencang, juga memiliki arsitektur pengisian yang lebih efisien untuk minimalisir energi yang terbuang.

Artinya, dengan watt yang sama, prosesnya bisa lebih cepat. Salah satu faktor lain adalah desain baterai OPPO A77s yang terdiri dari dua inti terpisah. Sehingga ketika proses isi daya, bisa langsung ke dua bagian tersebut secara bersamaan. Alhasil, hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mencapai 50% dari kondisi habis daya.

Sementara untuk mencapai 100%, membutuhkan waktu kisaran 75 menit. Dengan begitu, pengguna bisa segera melanjutkan tugas atau aktivitasnya. Isi daya sambal digunakan pun tak masalah, berkat sistem keamanan berlapis yang membuat suhu bodi perangkat tidak panas dalam prosesnya. Jadi tetap aman bahkan digunakan sambal main gim sekalipun, tanpa penurunan kecepatan signifikan.

Jangan lupa, saat baterai sudah sekarat, aktifkan Extreme Battery Saver. Fitur ini bakal menonaktifkan semua aplikasi yang memakan cukup banyak daya, mengganti wallpaper menjadi warna hitam, dan memberikan kamu akses ke sejumlah aplikasi utama alias yang penting saja. Lewat mode ini, kamu masih tetap bisa berkomunikasi bersama teman melalui WhatsApp, walaupun baterai tersisa hanya 5%.

Kesimpulan

Harga OPPO A77s

Dengan teknologi terkini yang disematkan di dalamnya, smartphone ini mampu mendukung setiap aspek kehidupan kita mulai dari hiburan, bekerja, hingga bersosialisasi. Pada bagian eksterior, desain kulit OPPO A77s memberikan tampilan mulus yang mengesankan, halus untuk disentuh, sekaligus tampil lebih ramping serta lebih tahan lama.

Meski berada di seri A yang termasuk kelas entry level hingga midrange, namun ponsel ini dibekali memori yang cukup besar di kelasnya. Hadir dengan konfigurasi RAM 8GB + ROM 128GB, teknologi RAM Expansion pada OPPO A77s mampu mendukung hingga 5GB Virtual RAM dan nantinya bahkan mencapai 8GB saat ada update software. Para pecinta game akan dimanjakan dengan fitur Multi-Cooling System pada OPPO A77s. Teknologi pendinginan baru ini dapat membuat suhu tetap stabil ketika melakukan pekerjaan yang berat seperti menjalankan game atau aplikasi dalam waktu yang lama.

Begitu pun dengan sektor kamera, mengadopsi Reno yang memiliki Bokeh Flare Portrait Hasilkan Foto Bokeh Kelas Pro. Hal ini membuat OPPO A77s sangat kompetitif di kelasnya. Seri A pun naik kelas.

Spesifikasi OPPO A77s

Spesifikasi OPPO A77s
Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
OPPO A77S

Released
13 Oktober, 2022

Status
Available

Price
Rp3.499.000

Platform


Chipset
Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)

CPU
Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver)

GPU
Adreno 610

RAM (Memory)
8GB LPDDR4x

Storage
128GB UFS 2.2

External Storage
Up to 1 TB

Operating System
Android 12

User Interface
ColorOS 12.1

Design


Dimensions
164.4 x 75.7 x 8.4 mm

Weight
189 gram

Design Features
Warna: Sunset Orange, Starry Black

Battery
5,000 mAh, 33W SuperVOOC

Display


Screen Type
IPS LCD, 90Hz, 480 nits (typ), 600 nits (HBM)

Size and Resolution
6.56″ 90Hz, HD+ 720 x 1612 pixels (269 ppi)

Touch Screen
Capacitive Touchscreen

Features
180Hz touch sampling rate
100% DCI-P3
600 nits max brightness

Network


Network Frequency
GSM / HSPA / LTE

SIM
Dual-SIM

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A,

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
50 MP, f/1.8, (wide), PDAF + 2 MP, f/2.4, (depth)

Front
8 MP, f/2.0, 26mm (wide)

Flash
Yes

Video
Front Camera: 1080P/[email protected]; Rear Camera: 1080P/30fps; 1080P/30fps;

Camera Features
Bokeh Flare Portrait
AI Scene Enhancement
Night Mode
Expert Mode
Panorama

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.0, A2DP LE, aptX HD

USB
2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
Stereo Speaker
3.5mm jack

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML 5

Messaging
SMS, MMS, Online

Sensors
Side fingerprint, accelerometer, proximity, compass, gyro (virtual)

Other
– Multi-Cooling System
– IPX4, IP5X

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *