Inilah 6 Fakta Unik dan Menarik Seputar Film Enola Holmes

Enola Holmes adalah karakter baru yang diselipkan di dalam kerangka kisah detektif ulung Sherlock Holmes oleh Nancy Springer. Pertama kali hadir pada tahun 2007 lewat novel The Case of Missing Marquess, kisahnya langsung mencuri perhatian pembaca dan masuk nominasi Edgar Award.

Butuh 13 tahun untuk mengadaptasi kisahnya ke dalam film. Namun semua penantian ini terbayar tuntas lewat film Enola Holmes (2020) dengan performa apik Millie Bobby Brown sebagai detektif remaja tersebut. Dengan metode breaking the fourth wall, film ini tampil lincah dan menghibur dengan misteri konspirasi politik yang tak terduga.

Begitu juga dengan film sekuelnya yang dirilis oleh Netflix di tahun 2022. Konsep film pertamanya tidak dihilangkan, justru disuntikkan dengan elemen-elemen lain yang membuatnya sedikit berbeda. Dengan materi novel berlimpah, bukan tidak mungkin kisah detektif muda ini akan terus berlanjut di dunia sinema.

Sebelum lebih jauh melangkah, ada baiknya kita mengenal sosok remaja cantik dan lincah ini lebih dekat. Daripada penasaran, langsung simak artikel spesial berikut yang akan mengupas fakta unik dan menarik Enola Holmes.

Baca juga: Sinopsis & Review Enola Holmes 2, Kasus Kecil Berdampak Besar

1. Adik Bungsu Mycroft dan Sherlock Holmes

Adik Bungsu Mycroft dan Sherlock Holmes

Sesuai dengan nama keluarganya, yaitu Holmes, Enola adalah adik bungsu dari Mycroft dan Sherlock. Tidak seperti kedua kakaknya yang sekolah secara formil, Enola dididik mandiri oleh ibu mereka, Eudoria. Dia sangat mengidolai Sherlock yang sukses menjadi detektif, tapi tidak dengan Mycroft yang merupakan pejabat pemerintahan.

Ketika ibu mereka menghilang, lebih tepatnya melarikan diri, Mycroft dan Sherlock pulang ke rumah dimana mereka berdua berusaha menentukan arah hidup adiknya tersebut.

Mycroft yang keras menginginkan Enola menjadi seperti wanita lain pada zamannya yang mahir dalam urusan rumah tangga. Sedangkan Sherlock menyadari bahwa Enola memiliki talenta sebagai detektif ulung.

2. Memiliki Sikap Teliti, Jeli dan Penuh Empati

Memiliki Sikap Teliti, Jeli dan Penuh Empati

Dididik dengan cara yang unik oleh ibunya, Enola tumbuh sebagai gadis yang cerdas dan terampil. Ketelitiannya dalam mencermati segala hal adalah keahlian utama yang menjadi andalannya dalam membuka kedok misteri dari sebuah masalah.

Selain itu, dia juga jeli dalam melihat petunjuk-petunjuk yang tersirat dan digunakannya untuk memecahkan kasus. Secara fisik, dia terampil dalam menggunakan beberapa senjata, salah satunya adalah panah.

Eudoria juga mengajarinya bermain anggar dan seni bela diri agar dia bisa mempertahankan diri dari serangan musuh-musuhnya.

Dan semua kualitas yang ada padanya membuat dirinya berhasil menguak misteri dan ditakuti oleh pihak-pihak yang menjadi lawannya. Kelebihan Enola lainnya, dia memiliki rasa empati yang besar. Hal ini diakui sendiri oleh Sherlock.

Baca Juga:

Meski sedang melacak keberadaan ibunya, dia masih menyempatkan diri untuk membantu Lord Tewkesbury dalam menyelesaikan masalahnya. Dia bahkan rela tidak dibayar untuk memecahkan kasus hilangnya Sarah atas permintaan Bessie.

3. Mencintai Lord Tewkesbury

Mencintai Lord Tewkesbury

Layaknya gadis remaja pada umumnya, Enola juga mencintai seorang pemuda. Dia adalah Lord Tewkesbury. Pertemuan mereka terjadi secara tidak terduga di sebuah perjalanan kereta api saat Enola melarikan diri dari asrama wanita. Begitu pula Tewkesbury yang kabur dari rumah keluarganya.

Mereka memiliki persamaan, yaitu tidak mau dikekang oleh aturan yang ketat. Enola ingin menjadi detektif, sedangkan Tewkesbury menyukai berbagai jenis bunga daripada terjun ke dunia politik.

Mereka berhasil memecahkan kasus yang melibatkan Tewkesbury sebagai bagian dari konspirasi politik. Dari kasus ini, Tewkesbury akhirnya memilih mewakili keluarga di kancah politik demi membela rakyat.

Meski tidak saling mengakui cinta satu sama lain, mereka saling membantu saat Enola menangani kasus hilangnya Sarah. Berkat saran ibunya, Enola tidak bisa beraksi sendiri dan harus meminta bantuan.

Tewkesbury adalah orang pertama yang terpikir olehnya, dan Tewkesbury sendiri tidak menolak permintaan Enola. Setelah kasus usai, mereka pun menjadi sepasang kekasih.

4. Membongkar Sosok Moriaty Sebenarnya

Membongkar Sosok Moriaty Sebenarnya

Dari beberapa kasus yang ditangani Sherlock Holmes, Moriarty adalah dalang kriminal yang menjadi musuh besarnya. Sherlock selalu kesulitan untuk mengejar Moriarty, terutama karena dia juga memiliki otak yang cerdas dengan berbagai teka-teki yang seringkali membuat Sherlock kelimpungan.

Tapi tahukah kalian, di film Enola Holmes 2, yang pertama kali membuka kedok Moriarty sebenarnya adalah Enola. Dengan kejeliannya dalam membaca dan memecahkan simbol, dia berhasil membantu kasus Sherlock dan menetapkan bahwa sosok yang melakukan pemerasan dan konspirasi politik dibaliknya itu adalah Mira Troy, sekretaris Lord Charles McIntyre.

Darimana Enola tahu bahwa Mira Troy adalah Moriarty? Coba perhatikan jumlah huruf dari namanya yang kemudian diacak dan membentuk nama lain. Inilah salah satu kejelian Enola yang diakui oleh Sherlock sejak semula.

Perlu diketahui, bahwa di film ini sosok Moriarty berbeda dengan yang ada di banyak kisah Sherlock Holmes pada umumnya, yaitu seorang profesor bernama James Moriarty.

Meski begitu, fakta baru ini cukup cerdik dan menyegarkan. Dan di akhir film, Mira Troy berhasil melarikan diri yang memungkinkan akan adanya film lanjutan dengan dia sebagai musuh besarnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *