Inilah 10 Film yang Mirip dengan Enola Holmes 2 (2022)

Enola Holmes adalah sosok detektif remaja yang cerdik dalam memecahkan kasus-kasus yang dihadapinya. Dia memiliki banyak keterampilan yang menunjang kemampuannya dalam menyelesaikan kasus. Kecerdasan otaknya dan ketelitiannya dalam melihat petunjuk adalah senjata utamanya, selain kemampuan bela diri yang cukup baik.

Enola Holmes mungkin memiliki banyak kesamaan dengan Sherlock Holmes sebagai seorang detektif. Tapi ternyata, ada beberapa karakter lain yang juga merupakan detektif ulung dan sebanding dengan Enola.

Siapa saja mereka? Berikut ini adalah film-film yang memiliki karakter dan nuansa yang mirip dengan film Enola Holmes 2. Yuk, langsung disimak saja!

Baca juga: Sinopsis & Review Enola Holmes 2, Kasus Kecil Berdampak Besar

1. Little Women [2019]

Little Women [2019]

Di Massachusetts pada tahun 1868, empat bersaudari: Jo, Meg, Amy dan Beth, masing-masing bertekad untuk menjalani hidup menurut kehendak mereka.

Mereka tidak berkenan mengikuti norma yang diatur untuk kaum wanita pada masanya dengan melakukan pemberontakan kecil, menolak lamaran dari pria yang dipilihkan untuk mereka.

Adaptasi novel klasik karya Louisa May Alcott ini memang bukanlah film detektif dengan kasus penuh misteri. Kesamaan film ini dengan Enola Holmes 2 adalah pada tema tentang emansipasi kaum wanita pada masa itu.

Kebetulan juga, mereka hidup pada periode yang sama, sehingga kisah perjuangan kaum wanita untuk diakui oleh kaum pria ini terhubung dengan baik.

2. Knives Out [2019]

Knives Out

Detektif ulung Benoit Blanc menyelidiki kematian Harlan Thrombey yang misterius. Seluruh orang yang ada di rumah itu, termasuk anak-anaknya, berpotensi menjadi pembunuhnya. Meski mereka memiliki alibi tersendiri untuk menyangkalnya, Blanc memiliki cara yang unik untuk memastikan siapa pelaku sebenarnya.

Film karya Rian Johnson ini menampilkan konsep whodunit yang menuntut kita untuk selalu jeli dalam menyimak setiap adegannya agar bisa menebak dengan tepat siapa pembunuhnya di antara mereka.

Selain ceritanya yang apik, penampilan para pemerannya juga tidak ada yang mengecewakan. Aspek investigasi yang dilakukan Blanc mirip dengan metode yang diterapkan Enola dan Sherlock.

Baca Juga:

3. The Nice Guys [2016]

The Nice Guys

Los Angeles di tahun 1977, pertemuan detektif swasta Holland March dengan tukang pukul Jackson Healy tidak dalam situasi yang nyaman. Namun kemudian mereka menyatukan kekuatan dan pikiran untuk memecahkan kasus pembunuhan dan gadis yang hilang.

Kejelian putri Holland, Holly, membantu investigasi mereka yang cukup berbahaya. Nuansa komedi yang kuat dan cerdas sangat terasa di film garapan Shane Black ini.

Penyelidikan dengan penemuan bukti dan petunjuk secara tidak sengaja, hampir serupa dengan yang terjadi pada Enola Holmes dalam memecahkan kasusnya.

Kombinasi Russell Crowe dengan Ryan Gosling di film ini sangat padu dan komikal sehingga dengan mudahnya membuat kita tertawa di sepanjang film.

4. Game Night [2018]

Game Night

Max dan Annie serta beberapa teman mereka sering berkumpul di malam minggu untuk bermain. Tapi permainan kali ini berbeda, dimana kakak Max, Brooks, diculik oleh kelompok kriminal.

Awalnya mereka menganggap ini hanyalah permainan, namun setelah menyadari bahwa kejadian ini adalah nyata, mereka mulai panik dan berusaha untuk memecahkan teka-teki demi mencari keberadaan Brooks.

Selera humor yang lucu dan performa para pemerannya yang komikal adalah kekuatan utama film yang dibintangi oleh Jason Bateman dan Rachel McAdams ini.

Kekompakan yang tidak disengaja dalam menguak misteri memiliki kesamaan dengan aksi Enola Holmes dan Sherlock Holmes. Dan yang pasti, film ini akan menjaga tawa kita nyaris di sepanjang film.

5. Sherlock Holmes [2009]

Sherlock Holmes

Sherlock Holmes dan Dr. Watson berusaha menguak misteri pembunuhan beberapa wanita di tahun 1890. Diduga dijadikan korban dalam ritual kultus, Sherlock berhasil mencegah Lord Blackwood dari menambah korban lagi.

Namun tiga bulan setelah dihukum mati, Sherlock melihat Lord Blackwood dalam kondisi hidup yang ternyata kini memiliki misi untuk menguasai Inggris. Sherlock Holmes adalah sosok detektif ulung yang kisahnya sudah sangat melegenda.

Meski menghadirkan semua karakter dalam novelnya, film karya Guy Ritchie ini tidak menyandarkan kisahnya dari salah satu novel klasik karya Sir Arthur Conan Doyle tersebut. Tampil lebih dinamis dengan sosok Sherlock yang urakan, kalian tidak akan menemukan kehadiran Enola Holmes di film ini.

Kecerdasan dan kecerdikan Sherlock selalu menjadi andalannya dalam memecahkan kasus. Dan di film ini, Sherlock memiliki kemampuan berkelahi sejalan dengan analisa uniknya setiap kali beraksi.

6. Murder on the Orient Express [2017]

Murder on the Orient Express

Hercule Poirot disewa oleh seorang pengusaha Amerika di dalam perjalanan kereta api Orient Express di Eropa. Edward Ratchett merasa khawatir akan keselamatannya. Dan ucapannya benar terbukti dengan tewasnya dia di dalam perjalanan itu.

Hercule Poirot kemudian menggelar investigasi di dalam kereta api dengan mewawancarai satu persatu para penumpangnya hingga menemukan siapa pelakunya.

Siapa detektif yang piawai dalam kasus pembunuhan misterius dengan konsep whodunit? Tentu saja jawaban paling atas adalah Hercule Poirot.

Detektif fiktif rekaan Agatha Christie ini popularitasnya menyaingi Sherlock Holmes di dunia literasi dengan berbagai kisahnya yang sangat menarik. Film ini adalah adaptasi salah satu dari novel tersebut.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *