BNC dan Ikatan Apoteker bersinergi berikan edukasi literasi keuangan

Jakarta (ANTARA) – Bank digital PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) bersinergi dengan Ikatan Apoteker Indonesia untuk memberikan edukasi literasi keuangan dalam gelaran Bali Pharmacy Festival 2022.

VP Marketing Bank Neo Commerce, Maritsen Darvita dalam siaran resmi pada Selasa menjelaskan, bahwa masyarakat memerlukan edukasi tersebut karena berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada 2019, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia masih 38,03 persen.

Kendati demikian, indeks inklusi keuangan atau akses masyarakat terhadap layanan keuangan cukup tinggi, yaitu mencapai 76,19 persen.

“Dalam hal ini, kami memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan di era digital kepada para apoteker dan praktisi kesehatan yang hadir dalam rangkaian acara Bali Pharmacy Festival 2022,” jelas Maritsen.

Ia menambahkan, mengacu Financial Fitness Index (2021), skor kesehatan keuangan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah yakni 37,72 dari angka maksimal 100.

Untuk itu, BNC menilai bahwa masyarakat Indonesia memerlukan edukasi literasi keuangan karena financial safety masyarakat Indonesia yang meliputi kemampuan memenuhi kebutuhan finansial keluarga, menabung rutin, dan memiliki dana darurat ternyata masih rendah.

Merangkul berbagai komunitas menjadi salah satu fokus BNC untuk memperkenalkan bank digital kepada masyarakat. Dalam enam bulan terakhir, BNC aktif hadir dalam berbagai acara komunitas di beberapa kota meliputi FEKDI 2022, Neo Keliling #BuatSemua, neobank Localfest, Indonesia Modifications & Lifestyle Expo (IMX) 2022, dan neobank Community.

Segmen masyarakat yang terlibat antara lain komunitas lifestyle dan musik, komunitas otomotif, para praktisi dan masyarakat umum, serta para profesional seperti apoteker yang ikut serta di ajang Bali Pharmacy Festival 2022.

“Salah satu tujuan utama BNC di tahun 2022 ini adalah menjangkau semua kalangan, semua daerah, semua orang, maka kami buatlah kampanye ‘Buat Semua’. Kami mencari cara efektif untuk mengimplementasikannya. Salah satu cara yang kami pilih adalah berkolaborasi dengan komunitas dan juga media lokal,” kata Maritsen.

Baca juga: Bank Mandiri catat Livin’ tembus 1 miliar transaksi hingga Agustus

Baca juga: Perbankan dorong nasabah gunakan transaksi digital

Baca juga: Bank digital BNC umumkan kinerja positif jelang “right issue”

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *