Yes, Unesa Punya Kampus Baru di Magetan Tahun Depan

Jakarta: Pembangunan Multi-Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) resmi dimulai Kamis, 22 September 2022. Pembangunan setelah jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dan pimpinan Unesa meletakkan batu pertama. 
 
Kampus tersebut dibangun di atas tanah seluas 13,5 hektare di Jalan Barat, RT 17/RW 4, Kelurahan Maospati, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Rektor Unesa Nurhasan mengatakan pemilihan lokasi tersebut berdasarkan sejumlah kajian matang oleh tim Unesa.
 
“Kampus ini dibangun atas kajian dan pertimbangan matang jauh-jauh hari. Ada kajian akademisnya, termasuk apa kebutuhan masyarakat semuanya dipertimbangkan,” ujar Cak Hasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembangunan meliputi bangunan utama yang ditargetkan rampung pada Juli 2023. Setelah itu, akan diisi dengan perlengkapan atau fasilitas yang dubutuhkan, sehingga pada Tahun Ajaran Baru 2023 sudah bisa digunakan. 
 
Adapun sebanyak enam prodi bakal dibuka di Multi-Kampus mulai tahun depan. Sekitar 16 prodi rencananya akan dibuka di Multi-kampus Unesa Magetan untuk melihat kebutuhan di lapangan. 
 
“Ini konsepnya multikampus dan mahasiswa yang daftar bisa kuliah di Unesa pusat sembari menunggu pembangunan selesai dengan sistem hybrid. Unesa di Magetan ini merupakan bentuk kolaborasi dan kerja sama dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di daerah. Ini komitmen karena Unesa selangkah lagi hendak beralih status menjadi PTNBH,” tutur Cak Hasan.
 
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Suprapto, mengatakan pembangunan dilakukan bertahap. Tahap pertama, murni menggunakan anggaran Unesa. 
 
“Tujuan kita bagaimana akses pendidikan tinggi ini dekat dengan generasi di daerah terutama di Magetan dan sekitarnya,” ujar dia.
 
Bupati Magetan, Suprawoto, memaparkan bentuk kerja sama Unesa dan Pemkab ini untuk menjawab persoalan pendidikan kurang merata di Indonesia. Dia menyebut pendidikan bisa memutus rantai kemiskinan dan kebodohan, sehingga penting warga negara mendapatkan pendidikan yang layak hingga perguruan tinggi.
 
“Tentunya tidak bisa cepat untuk memecahkan permasalahan ini, karena butuh waktu dan proses,” ujar dia. 
 
Suprawoto menyebut Unesa bukan hanya milik Magetan, tetapi banyak mahasiswa dari berbagai daerah yang menimba ilmu di Unesa Magetan. “Apalagi, lokasi yang dipilih ini cukup strategis, dekat dengan Madiun, Ngawi, Ponorogo, dan berbagai daerah lainnya,” beber dia.
 
Dia berharap kehadiran Unesa di Magetan selain pemerataan pendidikan yang mengarah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia juga untuk mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Magetan dan sekitarnya. Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sujatno, menjelaskan selain peningkatan kualitas pendidikan di Magetan dan sekitarnya, kolaborasi ini dapat membawa dampak baik pada aspek ekonomi.
 
“Hadirnya mahasiswa tentunya akan membawa dampak yang signifikan di bidang ekonomi,” beber dia. 
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.