10 Film yang Mirip Mowgli: Legend of the Jungle (2018)

Mowgli: Legend of the Jungle adalah versi kelam dari kisah Mowgli di buku klasik The Jungle Book. Menggabungkan live-action dengan animasi CGI, film ini cukup apik dalam memadukannya. Hanya saja sedikit kurang maksimal di sisi akting.

Film Netflix ini menampilkan kehidupan dan petualangan di dalam hutan rimba, persahabatan antara manusia dan hewan, serta perasaan dendam kepada musuh bebuyutan.

Selain beberapa film adaptasi live-action The Jungle Book, masih ada film-film lain yang memiliki elemen yang sama dengan film ini. Apa saja film-film tersebut? Yuk, langsung simak artikel berikut.

Baca juga: Sinopsis & Review The Jungle Book, Petualangan Anak Rimba

1. The Jungle Book (1994)

The Jungle Book (1994)

Film ini adalah adaptasi live-action pertama oleh Disney dari cerita klasik karya Rudyard Kipling. Alur cerita secara garis besar tidak ada yang berbeda, yaitu tentang kisah Mowgli yang diasuh oleh sekelompok hewan di hutan rimba hingga menjadi raja diantara mereka.

Namun ditambahkan beberapa unsur baru dalam cerita yaitu perburuan tentara kolonial terhadap Mowgli. Perbedaan lainnya ialah usia Mowgli yang diasuh kelompok hewan tidak sejak bayi hingga dewasa dan para hewan yang tidak dibuat berbicara.

Alhasil, film ini lebih dekat kepada kisah Tarzan daripada Mowgli sendiri. Namun dengan keindahan sinematografi dan pengarahan yang apik dari Stephen Sommers termasuk hewan asli yang terlatih, film ini memiliki banyak kelebihan daripada kekurangannya.

Baca Juga: 6 Judul Film tentang Tersesat di Hutan yang Menegangkan

2. The Second Jungle Book: Mowgli & Baloo (1997)

The Second Jungle Book: Mowgli & Baloo (1997)

Mowgli di usia 10 tahun sejak bayi diasuh oleh seekor macan kumbang, gajah dan beruang di hutan rimba diburu oleh pamannya yang hendak membawanya hidup bersama manusia.

Selain itu, Mowgli dan teman-temannya harus berhadapan dengan seorang pemilik sirkus dari Amerika yang ingin membawa mereka untuk tampil di sirkusnya.

Film yang dirilis dalam format video ini mengambil cerita dari buku kedua karya Rudyard Kipling. Meski setia dengan sumber aslinya, nyatanya kualitas film ini tidak sebagus harapan penonton.

Namun penampilan Jamie Williams sebagai Mowgli menuai pujian karena kemampuannya menirukan suara-suara hewan yang membuatnya meraih predikat Most Promising Young Male Newcomer di usia 10 tahun.

3. The Jungle Book (2016)

The Jungle Book (2016)

Mowgli terpaksa diusir dari hutan demi keselamatannya yang menjadi buruan Shere Khan. Ditemani oleh Baloo, Mowgli berpetualang dan menemukan fakta bahwa Shere Khan adalah harimau yang membunuh kedua orang tuanya.

Setelah mendapat berita bahwa Akela dibunuh oleh Shere Khan, Mowgli marah dan kembali ke hutan untuk menantang Shere Khan.

Baca Juga:

The Jungle Book karya Jon Favreau ini indah secara sinematografi dan menggabungkan elemen-elemen menarik dari film animasi Disney dan cerita dari buku aslinya.

Film ini mendapat Oscar sebagai Best Visual Effects dan termasuk salah satu film terlaris di tahun 2016. Film ini adalah salah satu alasan film Mowgli: Legend of the Jungle menggeser jadwal rilisnya hingga ke tahun 2018.

4. The Lost City of Z (2016)

The Lost City of Z (2016)

Petualang asal Inggris, Percy Fawcett, merambah hutan Amazon untuk melakukan survey atas permintaan pemerintah. Dia terkenang akan cerita sebuah tempat yang terdapat banyak emas berlimpah di tengah rimba.

Setelah sempat pulang ke Inggris dan bertempur di Perang Dunia I, dia kembali lagi ke hutan Amazon dan tidak ditemukan lagi kabar beritanya.

The Lost City of Z adalah film drama petualangan yang mengisahkan biografi Percy Fawcett berdasarkan buku non-fiksi karya David Grann.

Selain performa apik Charlie Hunnam, film ini juga dipuji berkat nuansa petualangannya yang kental. Elemen petualangan di hutan rimba inilah yang menjadi kesamaan antara film ini dengan Mowgli: Legend of the Jungle.

5. Two Brothers (2004)

Two Brothers (2004)

Dua bayi harimau terpisah sejak kecil dan hidup masing-masing dengan perlakuan berbeda dari manusia yang mengurus mereka. Beberapa tahun kemudian mereka bertemu lagi saat telah dewasa.

Mereka mencari jalan untuk keluar dari peradaban manusia dan kembali ke hutan demi hidup bersama ibu mereka.

Two Brothers adalah film drama petualangan yang merupakan produksi bersama antara Inggris dan Prancis. Film ini memang memiliki premis berbeda dengan Mowgli: Legend of the Jungle, tapi memiliki kesamaan di tema tentang hutan dan persahabatan antara manusia dan hewan buas.

Baca juga: 10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Buku Cerita Anak

6. Alpha (2018)

Alpha (2018)

Pada zaman prasejarah di Eropa, Keda mengikuti tradisi sukunya di musim berburu untuk pertama kalinya. Dalam sebuah insiden serangan sekelompok bison, dia terjatuh ke jurang dan dianggap telah tewas oleh sukunya.

Mencari jalan pulang, Keda bertemu dengan seekor serigala terluka yang kemudian mengiringinya dalam petualangan. Sebagai sebuah film petualangan, Alpha dipuji berkat penampilan Kodi Smit-McPhee dan sinematografi yang indah.

Persahabatan Keda dengan seekor serigala adalah elemen yang sama antara film ini dengan Mowgli: Legend of the Jungle yang sejak bayi diasuh oleh sekelompok serigala. Selain itu, elemen bertahan hidup di alam bebas juga adalah kesamaan lainnya.

7. Jumanji: Welcome to the Jungle (2017)

Jumanji: Welcome to the Jungle (2017)

Empat remaja tersedot masuk ke dalam dunia Jumanji yang kini berupa video game. Mereka harus menyelesaikan tantangan demi tantangan yang diberikan hingga permainan ini selesai. Selain itu, mereka juga harus menemukan pemain lain yang terperangkap di dalam dunia ini sejak tahun 1996.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.