IKN Nusantara Diyakini Bisa Kembalikan Kejayaan RI Jadi Paru-paru Dunia

Jakarta: Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui salah satu cirinya yakni ramah lingkungan dapat mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai paru-paru dunia.
 
“Kejayaan Indonesia sebagai paru-paru dunia akan kita wujudkan kembali,” ujarnya dalam seminar web yang dipantau dari Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2022.
 
Bambang menyampaikan nantinya IKN akan lebih hijau lagi karena Otorita IKN akan melakukan penghutanan kembali atau reforestasi. Dari lahan seluas 256 ribu hektare, hampir dua pertiganya akan dikembalikan menjadi zona rimba atau hutan tropis. Dengan demikian, hutan IKN memiliki potensi bisa menyerap karbon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hutan dengan plasma nutfahnya dan keragaman hayatinya kalau dirancang sedemikian rupa mampu menarik emisi karbon, maka hutan tersebut akan menjadi penyerap karbon.
 
“Kita ingin dari tahap pelaksanaan sampai dengan pengembangan dan seterusnya, IKN memang benar-benar menjadi kota yang bisa diandalkan dari sisi kualitas lingkungan hidup,” kata Bambang.
 
 
Dia juga berharap kualitas lingkungan hidupnya lebih bagus, hidupnya lebih sehat, maka orang-orang yang tinggal di IKN akan lebih produktif. Ramah lingkungan atau green merupakan salah satu ciri dari IKN Nusantara. IKN sendiri kedepannya akan menjadi tolok ukur baru dari peradaban pengembangan kota di Indonesia.
 
“IKN Nusantara ini akan kita bangun sebagai kota yang globally connected, locally integrated. Jadi, memang ini merupakan salah satu contoh bagaimana kita selalu berinteraksi dan berkolaborasi ke depan sehingga harapan saya sebagai Kepala Otorita IKN pembangunan ibu kota baru negara ini bisa berlangsung dengan baik,” kata Kepala Otorita IKN tersebut.

 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.