Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan UMKM Nasional Menjadi Bagian Perayaan HUT ke-65 Astra

Suara.com – Tahun ini, PT Astra International Tbk atau Grup Astra, salah satu perusahaan publik terbesar di Indonesia yang terdiversifikasi menciptakan sinergi dan peluang di seluruh sektor industri termasuk otomotif merayakan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-65 Astra.

Perayaan dimulai sejak Februari tahun ini, Grup Astra menggelar serangkaian acara, dan terbaru berlangsung hari ini, Kamis (18/8/2022).

Dikutip dari rilis resmi Grup Astra sebagaimana diterima Suara.com, terbaru perayaan HUT ke-65 tadi mengangkat momentum Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional dan HUT ke-77 Republik Indonesia dalam nuansa khas dari wilayah Sulawesi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia Teten Masduki memberikan keynote speech pada perayaan HUT Ke-65 Astra Wilayah Sulawesi hari ini (18/8/2022) [PT Astra International Tbk].
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia Teten Masduki memberikan keynote speech pada perayaan HUT Ke-65 Astra Wilayah Sulawesi hari ini (18/8/2022) [PT Astra International Tbk].

“Kami berharap Astra dapat memperkuat program kemitraan UMKM, baik melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra ataupun melalui anak perusahaan lainnya,” papar Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang hadir secara virtual, saat memberikan keynote speech.

Baca Juga: Di GIIAS 2022, PT Astra Daihatsu Motor Luncurkan Web Series Bertajuk “Mulih”

“Semoga seluruh upaya kolaborasi dan sinergi antarkementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, dan swasta, khususnya Astra, mampu memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

“Hingga akhir 2021, Astra telah membina lebih dari 15.900 UMKM, 24 Lembaga Pengembangan Bisnis, 878 penyandang disabilitas serta 125 start-up yang turut menggerakkan kewirausahaan Indonesia,” jelas Gita Tiffani Boer, Direktur Astra.

Sebelumnya, Festival Kewirausahaan Astra 2022 membuka rangkaian HUT ke-65 Astra untuk wilayah Sulawesi. Acaranya adalah seremoni pelepasan ekspor perdana produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) yaitu DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone dengan total transaksi senilai Rp 6,5 miliar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 12 Agustus 2022.

Selanjutnya, acara HUT ke-65 Astra bertema Wilayah Sulawesi dapat diakses melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live hingga 20 Agustus 2022.

Baca Juga: PT Astra International Tbk Laporkan Keuangan Semester Pertama 2022, Penjualan Mobil Naik Namun Sepeda Motor Turun

Antara lain menyuguhkan:

  • Sustainability Webinar bertema “Building Resilience through SMEs & local Village Product in Indonesia” yang dipandu Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Anjani Sekar Arum.
  • InnovNation Webinar bertema “Bisnis Hyperlocal, UMKM Andal” yang dibawakan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Djamaludin, inisiator Kampung Sayur di Kampung Berseri Astra (KBA) Kanreapia, Sulawesi Selatan.
  • Astra Career Meetup bertajuk “Project management 101” dibawakan Sekretaris Pengurus YDBA Ida Rotua M. Sigalingging dan Communications & Investor Relations Manager Astra Agro Fenny Anggraeni.
  • Kreasi Nusantara Wilayah Sulawesi menjadi penutup acara perayaan HUT ke-65 Astra Wilayah Sulawesi pada hari ketiga.

Selain itu, Astra juga meluncurkan episode perdana dari 17an Seru Bareng Astra di platform digital 65tahunastra.jagat.live dan YouTube channel SATU Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Penonton dapat menyaksikan kelanjutan episode lomba yang dipandu Tarra Budiman dan melibatkan peserta yang terdiri dari Refal Hady, Yuki Kato, Arafah, Ardit Erwandha, Dhinda Salsabila, Derrick Michael, dan para Insan Astra YouTuber di YouTube channel SATU Indonesia pada 21, 25, dan 29 Agustus 2022.

Kemudian pada Hari Kemerdekaan RI (17/8/2022) Astra melaksanakan upacara bendera secara nasional yang melibatkan Insan Astra di seluruh Indonesia.

Di Jakarta, upacara dilaksanakan dengan melibatkan peserta dalam jumlah terbatas di Menara Astra, dan ditayangkan secara live melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara bendera ini.

Dan pada 22 Agustus 2022, akan digelar Demo Day dan Awarding Astranauts 2022 sebagai puncak acara kompetisi inovasi digital untuk mahasiswa dan start-up dari Astra. Acara menjadi penutup rangkaian selebrasi Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.