10 Drama Korea tentang Jaksa yang Seru dan Penuh Intrik

Salah satu alasan mengapa drama Korea selalu menarik untuk ditonton adalah karena dramanya menawarkan beragam tema dan kisah. Tak hanya bisa membuat kamu tersipu-sipu, menangis, tertawa, drama Korea juga bisa membuat kamu tegang dan penasaran dengan kisahnya yang penuh intrik dan misteri.

Kisah seperti ini bisa kamu saksikan dalam drama Korea tentang Jaksa. Kehidupan para jaksa ini juga menarik untuk dibahas karena dibalut dengan beragam konspirasi sehingga penonton menjadi penasaran.

Penonton yang tertarik dengan masalah hukum serta peradilan, jangan lewatkan untuk menonton serial drama ini. Nah, kalau kamu ingin tahu apa saja drama Korea yang bercerita tentang Jaksa, cek daftarnya di bawah ini.

1. Stranger

 Stranger

Dikenal juga dengan judul Secret Forest, drama Korea berjudul Stranger ini menceritakan kisah seorang jaksa yang bernama Hwang Shi-mok.

Karakter ini diperankan oleh Cho Seung-woo. Dia digambarkan sebagai seseorang yang kehilangan rasa empatinya sesudah dia menjalani operasi otak saat masih kecil.

Kemudian Shi-mok bekerja sama dengan Han Yeo-jin yang diperankan oleh Bae Doo-na. Yeo-jin adalah seorang letnan polisi dengan hati yang lembut. Dia bekerja sama dengan Shi-mok untuk memecahkan pembunuhan.

Saat sedang melakukan penyelidikan untuk mencari pelaku pembunuhan tersebut, mereka malah menemukan korupsi yang berlangsung di institusi peradilan yang mereka percayai. Penonton drama ini akan disuguhi dengan berbagai teka-teki yang menarik.

2. Law School

Law School

Law School menceritakan kisah Yang Jong-hoon, yang diperankan oleh Kim Myung-min. Dia adalah mantan jaksa. Dia beralih profesi menjadi seorang profesor di sebuah sekolah hukum yang lumayan terkenal.

Jong-hoon bukan tipe orang yang disukai oleh murid juga temannya dikarenakan sikapnya yang dingin. Mengejutkannya, Jong-hoon malah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan yang terjadi pada koleganya yang juga seorang profesor.

Dua mahasiswa Jong-hoon melakukan upaya keras untuk membuktikan kalau sang profesor tidak bersalah. Mereka berdua berusaha untuk menemukan pelaku sebenarnya.

3. Military Prosecutor Doberman

Military Prosecutor Doberman

Jika umumnya drama hukum banyak membahas kehidupan jaksa sipil, nah Military Prosecutor Doberman membahas kehidupan seorang jaksa militer. Karakter utamanya bernama Do Bae-man.

Dia adalah jaksa militer yang sukses dan kaya karena profesinya tersebut. Namun demikian, dirinya ingin sekali berhenti dari posisinya sebagai jaksa militer.

Ada karakter lain yang bernama Cha Woo-in yang diperankan Jo Bo-ah. Dia seorang chaebol dan mulai melakukan pekerjaan sebagai jaksa militer pemula.

Woo-in tipe orang yang sangat percaya diri dan pemberani. Dia tak takut meski berhadapan dengan orang yang memiliki kuasa sekalipun.

Woo-in memiliki skill investigasi yang baik sekali untuk orang seusianya. Meskipun terlihat prestisius, menjadi seorang jaksa militer adalah ambisi Woo-in agar dia bisa membalaskan dendamnya.

4. Defendant

Defendant

Diceritakan Park Jung-woo, yang diperankan oleh Ji Sung, merupakan seorang jaksa penuntut yang bekerja di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Kota Seoul. Pada suatu hari, dia terbangun dan mendapati dirinya sudah menjadi terpidana mati.

Baca juga:

Jung-woo mengalami amnesia sementara. Jadi, dia tak mengetahui penyebab dirinya sampai dipenjara. Jung-woo berusaha keras untuk mengembalikan ingatannya serta membersihkan nama baiknya sebelum kehabisan waktu.

5. While You Were Sleeping

While You Were Sleeping

While You Were Sleeping bercerita tentang seorang perempuan bernama Nam Hong-joo (Bae Suzy). Dia kerap bermimpi mengenai hal-hal buruk yang bisa terjadi di masa yang akan datang.

Namun demikian, Hong-joo tak bisa melakukan apa-apa. Semenjak dia bermimpi dirinya meninggal dengan seragam reporternya, Hong-joo pun berhenti dari pekerjaannya sebagai reporter.

Kemudian dia bertemu dengan Jung Jae-chan (Lee Jong-suk). Jae-chan adalah seorang jaksa. Dia juga bertemu dengan Han Woo-Tak (Jung Hae-in) yang seorang perwira polisi. Dua orang itu juga mempunyai kemampuan memimpikan masa depan.

Kehidupan ketiganya saling berkaitan dan mereka bermimpi tentang satu sama lain. Ketiganya juga saling menolong satu sama lain untuk mengubah nasib mereka.

6. Suspicious Partner

Suspicious Partner

Suspicious Partner bercerita tentang Eun Bong-hee (Nam Ji-hyun). Dia adalah seorang pekerja intern baru di departemen kehakiman.

Dirinya selalu terlibat dalam situasi yang tidak mengenakkan dan memalukan. Namun, kemudian Bong-hee dipindahkan untuk bekerja menjadi seorang jaksa penuntut. Di tempatnya yang baru, Bong-hee bertemu dengan Noh Ji-wook (Ji Chang-wook).

Nasib malang menimpa Bong-hee karena dia dituduh sudah melakukan pembunuhan atas mantan pacarnya yang melakukan perselingkuhan. Bong-hee pun jadi tersangka untuk kasus tersebut.

7. Diary of Prosecutor

Diary of Prosecutor
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Legal drama
  • Produksi: S-PEACE
  • Sutradara: Lee Tae-gon
  • Pemeran: Jung Ryeo-won, Lee Sun-kyun, Kim Kwang-kyu, Lee Sung-jae, Jeon Sung-woo, Lee Sang-hee
  • Episode: 16

Drama ini bercerita tentang keseharian para jaksa yang bekerja sangat keras hingga begadang semalaman demi mengerjakan kasus yang dilimpahkan oleh polisi.

Diceritakan Lee Sun-woong yang diperankan oleh Lee Sun-kyun bekerja di sebuah kantor kejaksaan di distrik lokal. Dari luar, dia terlihat lambat seperti tak punya ambisi, tapi penampakan ini berbeda dengan yang dirasakan dalam batinnya.

Cha Myung-joo (Jung Ryeo-won) adalah seorang jaksa elit. Sebelum dia dikirim ke kantor distrik lokal, Myung-joo adalah seorang jaksa yang sukses menaiki tangga kariernya di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat.

8. Witch’s Court

Witch's Court
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Legal drama & Romance
  • Produksi: iWill Media
  • Sutradara: Kim Young-kyun
  • Pemeran: Jung Ryeo-won & Yoon Hyun-min
  • Episode: 16

Drama Korea Witch’s Court mengisahkan kehidupan Ma Yi-deum (Jung Ryeo-won). Dia berprofesi sebagai seorang jaksa penuntut yang kerap kali menangani kasus legal dan ilegal.

Yi-deum bahkan rela melakukan apa saja supaya usahanya dalam mencari keadilan berhasil. Dia bahkan berani memalsukan bukti sampai melakukan sumpah palsu agar usahanya berhasil.

Diceritakan Yi-deum dipaksa untuk mau ambil bagian di unit kejahatan seks anak-anak dan bekerja dengan seorang jaksa pemula yang dulunya adalah seorang psikolog anak. Kedua orang ini tak bisa akur karena memiliki pandangan yang berbeda mengenai sistem hukum juga prosedurnya.

9. Switch: Change the World

Switch: Change the World
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Legal drama
  • Produksi: C-JeS Production
  • Sutradara: Nam Tae-jin
  • Pemeran: Jang Geun-suk & Han Ye-ri
  • Episode: 32

Drama Switch: Change the World bercerita mengenai seorang pria yang cerdas bernama Sa Do-chan (Jang Geun-suk). Do-chan mengikuti tes untuk menjadi seorang pengacara.

Namun, sebenarnya Do-chan merupakan seorang jaksa bernama Baek Joon-soo. Joon-soo dikenal sebagai jaksa yang suka membual.

Sementara itu, Oh Ha-ra (Han Ya-ri) adalah teman Do-chan semenjak kuliah. Kini keduanya bekerja sebagai jaksa dalam usaha mengungkap kasus yang melibatkan mafia narkoba.

10. Falsify

Falsify
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Political, Legal thriller, Drama
  • Produksi: The Story Works
  • Sutradara: Lee Jung-heum
  • Pemeran: Min Nam-goong, Yoo Jun-sang, Uhm Ji-won, Moon Sung-keun, Jeon Hye-bin
  • Episode: 32

Dikenal juga dengan judul Distorted, Falsify bercerita tentang Han Moo-yeong (Min Nam-goong) yang berusaha untuk melakukan aksi balas dendam karena sang kakak meninggal secara tidak wajar. Kematian kakaknya berhubungan dengan konspirasi tingkat tinggi demi menutupi sebuah kasus korupsi.

Dalam usaha membongkar konspirasi tersebut Moo-yeong tidak sendirian. Dia bekerja sama dengan seorang jurnalis bernama Lee Seok-min (Yoo Joon-sang) dan seorang jaksa bernama Kwon So-ra (Uhm Ji-won). Moo-yeong juga tetap berusaha untuk mencari dalang atas kematian kakaknya.

Itulah 10 drama Korea tentang Jaksa yang pastinya akan menarik perhatian para penikmat cerita tentang hukum dan peradilan. Banyak teka-teki dan ketegangan yang disajikan dalam ceritanya sehingga penonton selalu dibuat penasaran.

Yang unik dalam deretan drama tentang jaksa di atas adalah munculnya drama yang mengisahkan jaksa militer. Ini merupakan sebuah tema drama yang jarang dibahas karena umumnya drama Korea bercerita tentang jaksa sipil. Nah, dari 10 judul di atas, mana yang menjadi favoritmu?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.