Sinopsis & Review Due Date, Perjalanan dengan Orang Asing

Waktu kecil, orang tua melarang kita untuk terlalu dekat dengan orang asing. Bahkan hanya untuk mengobrol dengan orang asing pun kita diminta untuk berhati-hati.

Ada kekhawatiran sesuatu yang buruk akan terjadi. Namun pada kenyataannya, ada situasi yang membuat kita butuh kehadiran orang asing. Terlebih ketika sedang berada dalam keadaan terdesak.

Keadaan terdesak bisa membuat dua orang asing memiliki kedekatan. Tapi nggak jarang juga kebersamaan dengan orang asing menimbulkan banyak masalah.

Seperti di film Due Date. Dua orang yang nggak saling kenal akhirnya terhubung karena punya tujuan yang sama. Masalahnya perkenalan mereka saja sudah nggak baik. Kita bahas sinopsis dan review filmnya, yuk!

Sinopsis

due-date-2_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Legendary Pictures, Green Hat Films
  • Sutradara: Todd Phillips
  • Pemain: Robert Downey Jr. Zach Galifianakis, Michelle Monaghan, Juliette Lewis, Jamie Foxx

Peter Highman adalah seorang arsitek yang sukses. Dia berencana untuk pulang ke Los Angeles dengan menggunakan pesawat. Alasannya adalah sang istri, Sarah, akan segera melahirkan anak pertama mereka.

Di bandara, pintu taksi yang ditumpangi Peter ditabrak oleh seorang pria. Pria itu adalah Ethan Tremblay yang membawa serta anjingnya, Sonny. 

Peter masuk ke bandara dengan membawa koper. Ketika melewati pemeriksaan, petugas menemukan pipa ganja di dalam koper Peter. Ternyata koper Peter tertukar dengan Ethan.

Di pesawat, Peter kembali bertemu Ethan. Ethan duduk tepat di depat Peter. Peter terus menelepon ketika pesawat akan terbang meskipun Ethan sudah memperingatkan-nya. Sayang, dia mengucapkan kata teroris dan bom.

Tindakan Peter dan Ethan dianggap mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Mereka berdua pun ditangkap oleh petugas. Peter merasa nggak bersalah. Dia mencoba melakukan pembelaan diri. Tindakan Peter dianggap sebagai bahaya. Dia pun ditembak oleh peluru karet. Peter dan Ethan akhirnya dilarang terbang.

Ethan mengajak Peter untuk menggunakan jalur darat ke Los Angeles. Peter awalnya menolak. Kemudian dia menyadari bahwa dompet dan kopernya tertinggal di pesawat.

Peter nggak punya pilihan lain selain ikut ke Ethan. Ternyata Ethan pergi ke Los Angeles dengan niat menjadi aktor. Selain itu, dia juga ingin menebarkan abu jenazah ayahnya di Grand Canyon.

Di perjalanan, Ethan menghentikan mobil untuk membeli ganja. Keduanya sadar bahwa mereka mulai kehabisan uang. Mereka berdua nggak membawa kartu identitas. Ethan meminta Peter menghubungi Sarah untuk mentransfer uang ke rekening Ethan.

Ternyata Ethan punya uang di rekening atas nama aslinya. Sementara rekening yang ditunjukkan ke Peter menggunakan nama panggung Ethan.

Ethan mencoba mengambil uang di Western Union setempat. Petugas yang melayani Ethan enggan menerima kartu identitas Ethan yang menggunakan nama panggung. Hal itu menyebabkan adanya pertarungan antara Ethan dan petugas tersebut. Peter harus terlibat untuk mengamankan situasi. Peter dan Ethan pun melanjutkan perjalanan.

Peter dan Ethan berhenti di sebuah rest area. Peter berniat kabur menggunakan mobil dan meninggalkan Ethan. Dia menyadari bahwa abu jenazah ayah Ethan masih berada di dalam mobil.

Akhirnya, dia kembali ke rest area untuk menjemput Ethan. Peter beralasan bahwa dia baru saja mencari sarapan. Ethan meminta giliran untuk menyetir. Dengan begitu, Peter bisa beristirahat. 

Baca juga:

Ketika menyetir, Ethan malah tertidur. Mobil yang dikendarainya pun mengalami kecelakaan. Peter meminta bantuan Darryl, temannya. Darryl menahan Peter yang ingin berpisah dengan Ethan. Darryl malah membawa keduanya ke rumahnya. Ethan curiga bahwa Sarah berselingkuh. Peter pun menghitung waktu kehamilan sang istri. 

Ethan dan Peter melanjutkan perjalanan. Mereka mulai menjalin pertemanan. Ketika sedang teler, Peter mengendarai mobil ke arah perbatasan Amerika dan Meksiko. Peter ditangkap karena kepemilikan ganja. Sedangkan Ethan menghilang. Ethan ternyata punya rencana lain untuk membebaskan Peter. Bisakah mereka tiba Los Angeles tepat waktu?

Tipikal Road Movie

due-date-3_

Due Date menggunakan formula yang sering kita jumpai dalam road movie. Dua orang nggak saling kenal harus pergi ke satu destinasi yang sama.

Plot mengandalkan konflik dari kebersamaan dua orang itu. Kedua karakter harus melewati dinamika yang bisa ditebak. Awalnya mereka akan nggak akur. Seiring berjalannya cerita, mereka mulai berteman. Formula yang sama pun digunakan di film ini.

Karakter Ethan benar-benar dijadikan andalan untuk memancing komedi. Ethan merupakan sosok yang gila. Sedangkan Peter merupakan sosok yang serius, ketus bahkan temperamental pada setiap situasi yang dihadapinya. Perbedaan karakter merekalah yang terus dieksplorasi sampai akhirnya mereka memiliki kedekatan layaknya teman. 

Pendalaman karakter mereka pun terbilang minim. Tapi itu bukan masalah besar karena plot memang hanya ingin bermain di wilayah komedi.

Sekilas, film garapan Todd Phillips ini nggak memberi kejutan berarti. Baik itu dari cerita maupun sinematografi yang banyak mengandalkan mid shot. Untungnya, ketika tempo mulai keteteran, beberapa cameo berhasil memberi warna. 

Ada Jamie Foxx sebagai Daryl yang meminum kopi dari abu jenazah ayah Ethan. Ada juga Juliette Lewis sebagai Heidi yang berprofesi sebagai penjual narkoba. Kemunculan nama besar sebagai cameo memang umum digunakan. Film ini berhasil memanfaatkan nama-nama besar itu untuk memberikan warna pada alur cerita. Peran dan timing kemunculan mereka terasa pas.

Penggunaan Komedi Gelap

due-date-4_

Todd Phillips dikenal sebagai sutradara yang kerap membuat film komedi dengan kegilaan yang maksimal. Melihat CV-nya, ada judul-judul seperti Road Trip dan Hangover. Judul terakhir malah dirilis setahun sebelum Due Date rilis. Hasilnya, ketika film ini dirilis, ada ekspektasi tinggi untuk bisa mengimbangi Hangover. 

Komedi dalam Due Date dan Hangover punya kemiripan. Hanya saja di Due Date, ada beberapa komedi yang terasa begitu dipaksakan dan bisa membuat gusar orang-orang.

Adegan Peter menghajar anak-anak, mengolok-olok disabilitas atau meludahi Sonny, bukanlah sesuatu yang mudah diterima. Walau begitu, beberapa adegan tetaplah lucu. Contohnya saat Sonny menirukan cara Ethan masturbasi.

Penampilan Robert Downey Jr. dan Zach Galifianakis

due-date-5_

Due Date mengandalkan dua aktor utamanya yaitu Robert Downey Jr dan Zach Galifianakis. Downey Jr terlihat luwet dalam memerankan Thomas. Pasalnya, karakter Thomas masih terasa memiliki aura yang sama dengan Tony Stark. Begitu juga dengan Galifianakis. Dia kembali berperan seperti Alan di Hangover. Skenario seadanya membuat Due Date minim kejutan. 

Sepanjang film, Downey Jr dan Galifianakis terus diandalkan dalam menghidupkan situasi. Untungnya, keduanya bisa memberikan penampilan yang menghibur. Downey Jr bisa tampil mengimbangi kegilaan Galifianakis.

Padahal karakternya ditujukan sebagai yang paling bijak. Sementara Galifianakis seperti bermain di zona nyamannya. Ethan memang tipikal karakter sempurna untuknya.

Due Date nggak berhasil memenuhi ekspektasi tinggi bagi yang sudah menonton The Hangover. Terlepas dari itu semua, film ini tetap berhasil memberikan sajian yang menghibur dalam durasi 95 menit.

Nggak ada yang spesial dalam film road movie ini, tapi kedua aktor utama berhasil memberikan nyawa pada cerita. Film road movie favorit kamu apa nih? Tulis di kolom komentar, yuk!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.