DPD IMM DKI ajak semua pihak tanamkan nilai universal dalam beragama

kalau kembali ke nilai-nilai universal, agama apapun pasti akan mengajarkan damai, rukun dan akur

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) DKI Jakarta 2022-2024 Ari Aprian Harahap mengatakan bahwa pihaknya akan terus menyuarakan semangat mewujudkan moderasi beragama dan mengajak semua pihak menanamkan nilai universal dalam beragama.

“Tuhan menciptakan manusia, sejak lahir sampai mati nanti ada amanat yang sangat melekat sebelum amanat agama, sebelum amanat harta, jabatan, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya yaitu amanat insaniyah, membangun keharmonisan,” kata Ari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ari juga mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menanamkan nilai-nilai universal dalam beragama, dalam sambutan yang disampaikan usai pelantikan DPD IMM DKI Jakarta periode 2022-2024 di Gedung Dakwah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (5/8) malam.

Baca juga: Aisyiyah dan IMM Malaysia gelar pesantren kilat di kampus IIUM

Menurutnya, agama tidak boleh dijadikan komoditas untuk menguntungkan hanya pihak-pihak tertentu.

“Kalau agama sudah jadi komoditas mulailah muncul kekerasan. Tapi kalau kembali ke nilai-nilai universal, agama apapun pasti akan mengajarkan damai, rukun dan akur,” katanya.

Mahasiswa Magister UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu juga menuturkan bahwa nilai-nilai universal dalam agama seperti keadilan, kemanusiaan, kebersamaan perlu untuk digalakkan oleh semua pihak.

Dia menyakini bahwa agama akan menjadi faktor pemersatu antar umat dan bangsa jika kita kembali ke nilai universal dari agama itu.

Baca juga: PCIM Malaysia: Muhammadiyah bertahan karena otonom

“Moderasi beragama yakni moderat cara berpikirnya soal agama dan tidak saling menyalahkan agama lain,” tutur Ari.

Sebelumnya, DPD IMM DKI Jakarta periode 2022-2024 telah resmi dilantik sesuai surat keputusan DPP IMM nomor XXXIII/A-1/2022 tentang pengesahan komposisi kepengurusan DPD IMM DKI Jakarta periode 2022-2024.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Umum PWM DKI Jakarta KH. Sun’an Miskan, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Dir Intelkam Polda Metro Jaya Kombes Pol. Hirbak Wahyu Setiawan dan sejumlah tokoh lainnya.

Baca juga: Abdul Musawir Yahya terpilih sebagai Ketua Umum DPP IMM 2021-2023

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.