9 Pemeran The Young Messiah, Didukung Beberapa Aktor Terkenal

The Young Messiah menampilkan sosok sang juru selamat dari perspektif lain. Dengan mencoba menampilkan kisah yang belum pernah diceritakan, kita bisa memahami sisi psikologis putra Mary dari Nazareth ini.

Meski kisahnya adalah sebuah interpretasi fiksi yang dinukil dari sumber-sumber yang masih diragukan keasliannya, setidaknya sisi manusiawi dan pondasi kasih sayang Jesus dipaparkan dengan baik.

Diperankan oleh para aktor dan aktris dari Inggris dan sekitarnya yang namanya tidak familiar dan relatif baru, film ini juga didukung oleh beberapa aktor terkenal yang turut menampilkan talenta akting mereka. Yuk, kita kenalan dengan para pemeran film ini sebelum menontonnya!

1. Jesus (Adam Greaves-Neal)

Jesus (Adam Greaves-Neal)

Jesus adalah putra dari Mary yang berasal dari Nazareth. Mereka berada di Mesir selama 7 tahun karena menghindari kekejaman Raja Herod.

Jesus sangat senang ketika keluarganya memutuskan untuk kembali ke Israel, tapi bukan ke Nazareth, melainkan ke Bethlehem.

Layaknya anak kecil pada umumnya, Jesus sangat senang bermain. Dia memiliki sepupu yang selalu menemaninya, Salome. Dalam perjalanan, Jesus menemui banyak hal yang menjadi pelajaran tersendiri baginya sekaligus membentuk pondasi psikologisnya.

Dia juga beberapa kali menunjukkan keajaiban, seperti menghidupkan Eliezer yang sudah mati dan menyembuhkan Cleopas dari penyakitnya.

Jesus selalu diintai oleh Satan yang selalu berusaha menjebaknya untuk berbuat kesalahan. Tapi dia menghardik Satan ketika berhadapan dengannya.

Jesus bilang hasutan Satan tidak akan berpengaruh kepadanya dan dia juga bilang bahwa Satan takut dengan kehadirannya.

Jesus diperankan oleh Adam Greaves-Neal, aktor asal London yang mulai dikenal lewat serial komedi keluarga All at Sea. Aktingnya cukup bisa menggambarkan sosok anak kecil yang membuka luas pemikirannya atas pengalaman yang dijalani.

2. Mary (Sara Lazzaro)

Mary (Sara Lazzaro)

Mary adalah gadis yang dipercaya oleh Tuhan untuk mengandung Jesus. Beserta keluarganya, Mary pindah ke Mesir untuk menghindari kekejaman Raja Herod.

Dia merawat dan mengajari Jesus tentang hidup dan Tuhan dengan penuh kasih sayang. Bisa dibilang, Mary overprotective kepada Jesus karena takut jati dirinya ketahuan.

Aktris kelahiran Italia yang fasih lima bahasa ini memerankan sosok Mary dengan karakterisasi yang kurang mendalam. Selain naskah yang kurang baik, Sara Lazzaro juga tidak mampu menampilkan akting yang maksimal.

3. Joseph (Vincent Walsh)

Joseph (Vincent Walsh)

Joseph adalah pria dari Nazareth yang mendapat arahan dari malaikat untuk menikahi Mary setelah dia mengandung Jesus. Secara hukum, Joseph adalah ayah Jesus.

Dia sangat bertanggung jawab menjaga dan menafkahi keluarganya. Dia membawa keluarganya untuk hidup di Mesir selama 7 tahun. Profesinya ialah tukang kayu.

Joseph menyadari dari awal bahwa Jesus akan menjadi sang juru selamat saat sudah dewasa, oleh karena itu dia menjaga Jesus dengan sangat ketat. Karena mimpi yang dianggapnya sebuah pertanda, Joseph memutuskan untuk membawa keluarganya kembali ke tanah Israel.

Pemeran Joseph di film ini, Vincent Walsh, lebih sering tampil sebagai figuran saja di beberapa film. Baru di film ini dia mendapat peran yang cukup besar.

Performa aktingnya memang tidak begitu bagus, terutama karena naskah yang kurang bisa mengembangkan karakternya, tapi cukup baik dalam menjadi pelengkap jalan cerita.

4. Cleopas (Christian McKay)

Cleopas (Christian McKay)

Cleopas adalah paman Jesus yang mengiringi perpindahan mereka ke Mesir. Dan saat mereka memutuskan untuk kembali ke tanah Israel, Cleopas tetap setia mengiringi.

Baca juga:

Dia adalah sosok yang selalu riang dan bisa mencairkan suasana. Dia menjadi pengikut setia Jesus sejak penyakitnya disembuhkan oleh Jesus di sungai Jordan.

Christian McKay adalah aktor Inggris yang pernah masuk nominasi BAFTA Awards ketika memerankan Orson Welles di film Me and Orson Welles (2008).

5. James (Finn McLeod Ireland)

James (Finn McLeod Ireland)

Sebagai kakak Jesus, James awalnya lebih sering memperlihatkan rasa cemburu. Hal ini terungkap ketika dia langsung bilang ke Jesus bahwa Jesus terlalu diperhatikan oleh seluruh anggota keluarganya. Dia juga tidak senang dengan perbedaan perlakuan keluarganya kepada Jesus.

Tapi setelah menempuh perjalanan kembali ke tanah Israel yang panjang, James mulai mengerti amanah yang diemban oleh Jesus dan memberikan semangat kepada adiknya ini.

Finn McLeod Ireland adalah aktor muda yang baru mendapat peran lumayan besar di film ini setelah sering bermain sebagai figuran di film-film sebelumnya.

6. Severus (Sean Bean)

Severus (Sean Bean)

Severus adalah panglima pasukan Centurion. Dia berada di bawah perintah raja Yahudi yang baru, Herod Archelaus. Sebenarnya Severus tidak menyukai Herod, tapi dia tetap harus menjalani perintah raja untuk memburu para pemberontak.

Lalu Herod secara spesifik menitahkannya untuk memburu sosok bernama Jesus yang dianggap sebagai Messias bagi bangsa Israel.

Severus memiliki pengalaman buruk di Bethlehem dalam menjalankan titah raja. Rupanya dia masih dihinggapi rasa bersalah atas aksinya tersebut. Namun perasaan itu seolah mereda setelah mendapat pencerahan dari Jesus yang hendak ditangkapnya.

Sean Bean adalah seorang aktor yang biasa tampil sebagai sosok yang kharismatik. Mungkin itulah sebabnya dia dipercaya untuk membawakan peran sebagai Severus.

Tapi sayangnya, performa Sean Bean di film ini tidak begitu bagus dan tidak bisa menampilkan kharismanya sebagai panglima pasukan khusus.

7. Herod Archelaus (Jonathan Bailey)

Herod Archelaus (Jonathan Bailey)

Herod Archelaus adalah raja Yahudi pada saat kembalinya Jesus ke bangsa Israel. Dia bertahta di bawah kuasa Romawi yang menjadikannya raja boneka di salah satu wilayah kekuasaannya.

Herod tampil eksentrik dengan tingkahnya yang aneh. Dia juga percaya kepada peramal, tahayul dan sihir yang selalu dihembuskan oleh penasihatnya. Herod juga sempat berada di bawah pengaruh Satan.

Siapa sangka sebelum populer sebagai tokoh utama di serial Netflix Bridgerton, Jonathan Bailey ternyata pernah tampil menyebalkan sebagai sosok antagonis di film The Young Messiah ini.

8. Satan (Rory Keenan)

Satan (Rory Keenan)

Satan adalah sosok jahat yang memiliki tujuan untuk mencelakai Jesus. Dia menyebarkan fitnah tentang Jesus sehingga mereka sekeluarga diusir dari Mesir.

Lewat bisikan ke telinga manusia yang lemah iman, Satan melancarkan aksinya. Dia selalu berada di keramaian untuk menyebarkan segala kebohongan tentang Jesus.

Dia juga mengintimidasi Jesus saat sedang sakit. Tapi ternyata justru rasa ketakutan menyelimutinya karena mendengar ucapan Jesus yang mencerminkan kekuatan imannya.

Pemeran Satan, Rory Keenan, adalah aktor Irlandia yang lebih banyak berkutat di pentas teater. Sedangkan di dunia film, dia lebih sering tampil sebagai pemeran pendukung saja.

9. Old Rabbi (David Bradley)

Old Rabbi (David Bradley)

David Bradley adalah aktor Inggris yang biasa tampil di proyek-proyek film besar. Dia adalah pemeran Argus Filch di franchise Harry Potter dan Walder Frey di serial HBO Game of Thrones.

Di film The Young Messiah, dia berperan sebagai seorang Rabbi tua yang di dalam sebuah adegan terkesima dengan kecerdasan Jesus dan kemudian menerima Jesus untuk dididik olehnya.

Itulah 9 aktor dan aktris yang tampil di film The Young Messiah. Memang ada beberapa karakter yang kontradiktif dengan kisah dalam Alkitab atau dari sumber-sumber lain, tapi kita harus memaklumi karena kisah dalam film ini hanya interpretasi fiksi.

Bagi penikmat film sejarah, The Young Messiah bisa dimasukkan ke watchlist dan menontonnya di waktu yang tepat. Selamat menyaksikan!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.