10 Fakta The Matrix Resurrection, Kembalinya Neo dan Trinity

The Matrix Resurrections merupakan film laga fiksi ilmiah besutan sutradara Lana Wachowski yang juga merangkap sebagai produser dan penulis naskah. Film yang dirilis tahun 2021 ini adalah sekuel dari The Matrix Revolutions (2003).

Ini adalah film keempat dari serial The Matrix. Beberapa bintang terdahulu kini muncul kembali, seperti Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss.

Selain bintang lama, bergabung juga bintang baru, di antaranya Yahya Abdul-Mateen II, Jonathan Groff, Jessica Henwick, Neil Patrick Harris, serta Priyanka Chopra Jonas.

The Matrix Resurrections ini kisahnya bercerita tentang kehidupan Neo dahulu. Di balik pembuatan film ini pastinya banyak cerita menarik. Nah, berikut ini beberapa fakta The Matrix Resurrections yang mungkin belum banyak diketahui. 

1. Keanu Reeves Sempat Bingung Saat Pertama Kali Membaca Naskah 

fakta-the-matrix-resurrections-1_

Saat ditanya pertama kali mengenai kesiapannya untuk bergabung di seri keempat The Matrix, Keanu Reeves menjawab bahwa dia sudah tidak sabar untuk memulai. Namun Keanu mengakui kalau dirinya merasa bingung dan tidak tahu akan seperti apa film ini nantinya. 

Keanu juga memberi tahu sang sutradara Lana Wachowski kalau dirinya sudah meninggal. Ini merujuk pada cerita karakter Neo dalam The Matrix Revolutions. Namun akhirnya sang sutradara berhasil membujuk Keanu setelah memberikan penjelasan dan mengatakan kalau dia menulis naskah yang luar biasa. 

2. Morpheus Diperankan Aktor yang Berbeda

fakta-the-matrix-resurrections-2_

Selain Neo dan Trinity yang diperankan oleh Keanu Reeves dan Carrie Anne-Moss, karakter ikonik lain di seri The Matrix adalah Morpheus yang diperankan oleh Laurence Fishburne. Ketiganya menjadi trio yang sangat terkenal dan memimpin kaum revolusioner menuju kemenangan atas para machine.

Dalam seri keempat ini, karakter Neo dan Trinity masih diperankan oleh aktor dan aktris yang sama, tapi karakter Morpheus diperankan oleh aktor yang berbeda. Sekarang pemeran Morpheus adalah Yahya Abdul-Mateen II. 

Karakter Morpheus yang diperankan oleh Yahya ini akan muncul dalam The Matrix Resurrections, tapi dalam dunia baru yang berbeda dari dunia Morpheus yang diperankan Laurence Fishburne.

Walaupun karakter Morpheus tidak mati dalam ketiga seri The Matrix sebelumnya, dia terbunuh dalam video game The Matrix Online, yang dirilis tahun 2005.

3. Adegan Pertarungan Antara Morpheus dan The Machine Dihilangkan

fakta-the-matrix-resurrections-3_

Saat diumumkan kalau Yahya Abdul-Mateen II akan memerankan karakter klasik Morpheus banyak terdengar komentar-komentar. Namun untungnya, Yahya mampu memerankan karakternya dengan baik. Yahya tampak keren sekali dan unik dengan setelannya yang warna-warni. Dia memukau penonton dengan aksi-aksinya.

Sayangnya, Yahya tak banyak ditampilkan dalam seri keempat The Matrix ini. Fokus utama film ini lebih ke cerita hubungan Neo dan Trinity serta karakter lainnya. Sebelumnya penulis skenario mengatakan bahwa penonton akan menyaksikan banyak adegan Yahya di layar lebar. 

Namun salah satu adegan aksi antara dirinya dengan The Machine yang bernama Animalium dihapus dari cerita. Alasannya karena biaya CGI untuk pengambilan gambar ini terlalu mahal.

4. Ide Asli untuk Seri Keempat Dibatalkan

fakta-the-matrix-resurrections-4_

Seri film Matrix tak terbatas hanya muncul dalam bentuk film. Film ini juga dibuat menjadi sebuah antologi animasi pendek yang berjudul The Animatrix. Selain itu, The Matrix juga muncul dalam bentuk video game serta buku komik yang menampilkan cerita baru yang juga luar biasa.

Cerita dalam animasi, video game atau buku komiknya tidak didasarkan pada kisah Neo, Trinity, maupun Morpheus. Akan tetapi, kalau filmnya tak fokus pada ketiga karakter tersebut, pasti banyak penggemar yang akan merasa tidak puas. 

Baca juga:

Namun, pemeran Kid dalam The Matrix Revolutions, Clayton Watson, pernah diberitahu tentang cerita The Matrix keempat. Dia mengatakan bahwa jika Lana dan Lilly Wachowski membuat The Matrix keempat, maka ceritanya akan lebih fokus pada Kid dan Niobe.

Walaupun dalam kenyataannya ide tersebut akhirnya dibatalkan, versi lama Niobe tetap menjadi peran utama dalam The Matrix keempat.

5. Adegan Melompat yang Diulang Sampai 20 Kali

fakta-the-matrix-resurrections-5_

Seri film The Matrix dikenal sebagai pelopor untuk dunia efek khusus. Namun ada adegan dalam film ini yang tetap dikerjakan tanpa menggunakan efek.

Dalam The Matrix Resurrections terdapat adegan meloncat tandem dari gedung pencakar langit yang dilakukan oleh Neo dan Trinity. Adegan ini tidak menggunakan efek. Kedua bintang ini melakukan langsung adegan tersebut.

Mereka berdua melompat dari Gedung 44 Montgomery Street yang berada di San Francisco. Untuk adegan ini, penggunaan CGI hanya sedikit sekali porsinya.

Keanu dan Carrie benar-benar naik ke atap gedung yang memiliki sekitar 40 lantai lebih tersebut. Keduanya kemudian melompat dengan memakai kabel pengaman di tubuh. Adegan itu dilakukan hingga 20 kali selama dua hari.

6. Lana Wachowski Didekati Warner Bros untuk Membuat Seri Keempat 

fakta-the-matrix-resurrections-6_

Saat Festival Sastra Internasional Berlin 2021, Lana Wachowski mengatakan bahwa pihak Warner Bros mendekati keluarga Wachowski terus-menerus setiap tahun.

Warner Bros ingin agar Lana dan Lilly membuat sekuel Matrix lainnya. Namun keluarga Wachowski selalu menolak tawaran itu karena tidak begitu berminat dan karena mereka merasa trilogi tersebut sudah menyimpulkan ceritanya. 

Pada tahun 2019, orang tua Lana dan Lilly Wachowski serta teman dekat Lana meninggal dunia. Lana tidak bisa menghadapi kesedihan akibat ditinggalkan oleh orang-orang terdekatnya itu.

Setelah tidak mampu menghadapi kesedihannya itu, tiba-tiba Lana membayangkan kisah The Matrix Resurrections pada suatu malam saat dia tidak bisa tidur. 

Lana merasa walaupun dia tak bisa mendapatkan orang tuanya kembali, dia bisa memiliki Neo dan Trinity lagi. Dia merasa terhibur sekali melihat mereka hidup kembali. Mengetahui Lana Wachowski siap untuk menciptakan sekuel keempatnya, Warner Bros pun siap menerima konsepnya.

7. Lana Kembali Tanpa Lilly 

fakta-the-matrix-resurrections-7_

Kedua saudara yang menghidupkan trilogi The Matrix kini berpisah untuk pertama kalinya. The Matrix Resurrections hanya disutradarai oleh Lana Wachowski. Lilly Wachowski berkomentar tentang penolakannya untuk bergabung tersebut dalam sebuah program bernama Work in Progress

Dia mengatakan kalau Lana sudah memiliki ide ini saat kedua orang tuanya sedang menghadapi ajalnya. Keduanya kemudian membicarakan ide tersebut. Gagasan Lana tentang cerita The Matrix yang kembali ke masa lalu tidak menarik bagi Lilly karena dia telah melakukan hal itu sebelumnya.

8. Syuting The Matrix Mengakibatkan Banyak Kerusakan di San Francisco

fakta-the-matrix-resurrections-8_

Machine City dalam The Matrix Resurrection sangat mirip dengan Kota San Francisco. Film ini memanfaatkan keindahan rumah-rumah bergaya Italia yang indah serta Jembatan Golden Gate di kota itu. Namun, produksi The Matrix keempat ini membuat kota San Francisco mengalami sedikit kerusakan. 

Karena film ini melibatkan aksi ledakan, maka kerusakan pun tidak dapat dihindarkan. Beberapa kendaraan serta plang etalase rusak. Ternyata hal ini juga membuat beberapa penduduk setempat merasa kesal.

9. Jessica Henwick Hampir Berhenti dari Dunia Akting

fakta-the-matrix-resurrections-9_

The Matrix Resurrections hadir dengan memunculkan semua karakter lama, seperti Neo, Trinity, maupun Morpheus, walaupun karakter itu diperankan oleh aktor yang berbeda. Selain karakter lama, di seri keempat ini muncul juga karakter baru yang menarik. Salah satunya adalah Bugs yang diperankan oleh Jessica Henwick.

Karakter Bugs cocok sekali dengan Matrix Universe. Bugs merupakan salah satu karakter terbaik dalam The Matrix Resurrections. Dia terlihat keren dan akrobatik seperti karakter lain. Semua ini berkat kemampuan Jessica membawakan karakter Bugs tersebut. 

Namun karakter itu hampir tidak akan muncul dalam seri keempat karena Jessica sempat akan berhenti dari dunia akting. Hal tersebut disebabkan dia sedang mengalami krisis seperempat abad atau quarter-life crisis.

Di hari ke-40 saat dia mengalami krisis itu, dia menerima email yang meminta dirinya untuk mengikuti audisi film tersebut, yang sebenarnya dia tolak.

10. The Matrix Resurrections Bukan Prekuel Melainkan Sekuel 

fakta-the-matrix-resurrections-10_

Film seri keempat ini terlihat seperti sebuah prekuel, khususnya karena fakta bahwa Morpheus yang muncul di film ini adalah Morpheus versi muda. Namun, The Matrix Resurrections ini adalah sekuel dari trilogi sebelumnya.

Info ini didapatkan dari fakta ketika Neo, dengan matanya yang tertutup sesudah peristiwa The Matrix Revolutions, melihat Bane (Ian Bliss). Ada juga adegan Neo yang terlihat lumpuh. Jadi bisa disimpulkan kalau film ini merupakan sekuel dan bukannya prekuel.

Untuk para penggemar Keanu Reeves dan The Matrix, kemunculan The Matrix Resurrections ini tentunya sudah sangat dinanti. Film ini menghadirkan pemain-pemain lama dan pemain baru. Para pemain baru itu memerankan karakter yang baru ada di seri keempat ini, seperti The Bugs.

Respons para kritikus terhadap film ini beragam. Rotten Tomatoes dan Metacritic memberikan nilai yang biasa saja, yaitu 6.2 untuk Rotten dan 63 untuk Metacritic. Namun kritikus dari koran online Los Angeles Time dan The Independent memuji film karya Lana Wachowski ini.

Apakah setelah tahu fakta The Matrix Resurrection kamu tertarik untuk menontonnya?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.