Bos Memphis Grizzlies menangi anugerah Eksekutif Terbaik NBA 2021-22

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Eksekutif bidang Operasional Bola Basket Memphis Grizzlies Zach Kleiman memenangi anugerah Eksekutif Terbaik NBA 2021-22, demikian diumumkan oleh liga pada Kamis.

Eksekutif Terbaik adalah penghargaan yang sejak 1972-73 resmi dianugerahkan oleh NBA untuk jajaran pejabat eksekutif sebuah klub baik itu general manager, presiden operasional basket maupun sejenisnya, yang dinilai melakukan langkah bisnis maupun keputusan terbaik bagi sebuah klub dalam satu musim di NBA.

Kleiman telah menjabat tugasnya di Grizzlies selama tiga tahun terakhir dan kali pertama ia meraih penghargaan Eksekutif Terbaik NBA.

Dalam usia 33 tahun, Kleiman memecahkan rekor sebagai pemenang penghargaan Eksekutif Terbaik NBA termuda dan menjadi pejabat Grizzlies kedua yang memenangi anugerah tersebut setelah Jerry West pada 2003-04.

Kleiman meraih total 85 poin dan 16 suara urutan pertama dalam jajak pendapat yang melibatkan seluruh pejabat eksekusif NBA.

Ia unggul jauh dari dua pesaing terdekat yakni Presiden Operasional Bola Basket Cleveland Cavaliers Koby Altman dan Wakil Presiden Eksekutif bidang Operasional Bola Basket Chicago Bulls Arturas Karnisovas yang sama-sama mengumpulkan 27 poin.

Sebagai pengambil keputusan di Grizzlies, Kleiman dinilai sukses membentuk roster yang meraih rekor menang kalah terbaik kedua di NBA musim ini, yakni 56-26, sembari menyamai rekor terbaik di sejarah klub itu.

Grizzlies finis di posisi kedua klasemen Wilayah Barat NBA, capaian tertinggi mereka sepanjang sejarah.

Baca juga: Ja Morant terpaksa absen selama sisa playoff karena cedera
Baca juga: Grizzlies perpanjang napas usai lumat Warriors 134-95

Bukti kesuksesan lain Kleiman terlihat dari keberadaan bintang utama Grizzlies Ja Morant yang menembus pancamula All-Star 2022 serta meraih penghargaan Pemain Paling Berkembang NBA 2021-22 dan pelatih kepala Taylor Jenkins menempati urutan kedua perolehan suara Pelatih Terbaik NBA 2021-22.

Kleiman merekrut Morant sebagai pilihan kedua NBA Draft 2019 dan menunjuk Jenkins yang menjalani pekerjaan pertamanya sebagai pelatih kepala di liga.

Pada tahun yang sama, Kleiman juga merekrut Brandon Clarkse sebagai pilihan ke-21 dalam Draft, menggaet Tyus Jones yang kontraknya usai di Minnesota Timberwolves serta De’Anthony Melton via skema barter dari Phoenix Suns.

Nama-nama di atas menjadi kepingan penting dalam perjalanan Grizllies mengarungi musim ini ditambah Desmond Bane, rekrutan pilihan ke-30 Draft 2020, yang menempati peringkat kelima Pemain Paling Berkembang NBA 2021-22.

Di bawah kepemimpinan Kleiman, Grizzlies juga berhasil memperpanjang kontrak Dillon Brooks pada Februari 2020 dan Jaren Jackson Jr. pada Oktober 2021.

Kleiman juga membawa center berpengalaman Steven Adams serta hak pilih draft Ziaire Williams sebagai bagian skema barter tripartit yang melibatkan Charlotte Hornets dan New Orleans Pelicans.

Keliman mengawali kariernya di Grizzlies pada 2015 sebagai konsultan hukum internal mereka sebelum naik jabatan menjadi asisten general manajer pada 2018-19 dan dipromosikan ke jabatannya yang sekarang sejak April 2019.

Baca juga: Desmond Bane sesumbar Grizzlies punya kemampuan lampaui ekspektasi
Baca juga: Draymond Green “nikmati” atmosfer saat Warriors dilumat Grizzlies
Baca juga: Lakers diizinkan jajaki asisten pelatih Warriors Kenny Atkinson

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.