5 Fakta Anime Violet Evergarden, Anime Favorit Tear-Jerkers

Di antara penggemar manga dan anime, Violet Evergarden sudah sangat familiar. Kisah dalam anime ini diangkat dari sebuah novel ringan karya Kana Akatsuki. Pada 2018, seri novel ini diangkat menjadi serial anime sepanjang 13 episode.

Violet Evergarden berkisah tentang gadis yang dididik sebagai alat perang. Setelah perang usai, Violet bekerja sebagai Auto Memory Doll atau Boneka penulis surat

Keputusan Violet untuk menjadi Doll didasari oleh rasa penasarannya terhadap kalimat “Aishiteru”yang diucapkan Mayor Gilbert sebelum ia terkena bom.

Kalau kamu penggemar anime Violet Evergarden, coba simak beberapa fakta menarik tentang anime yang berhasil memenangkan banyak penghargaan ini. 

1. Siapakah Violet Sebenarnya?

Siapakah Violet Sebenarnya?

Violet adalah protagonis dalam kisah manga dan juga serial anime Violet Evergarden. Violet digambarkan mempunyai tangan palsu yang terbuat dari besi.

Tangan aslinya hancur terkena bom dalam pertempuran terakhirnya. Tangan besi itu dihubungkan dengan menggunakan kawat lentur yang memungkinkannya bergerak seperti tangan normal pada umumnya.

Sejak kecil gadis itu sudah menjadi prajurit perang yang tidak diketahui asal usulnya. Kita hanya diberi pengetahuan singkat bahwa Violet merupakan seorang gadis yang tidak bisa merasakan emosi. Ia tidak tahu apa itu sedih, gembira dan cinta.

Maka dari itu, ketika Mayor Gilbert mengucapkan kata-kata cinta, Violet tidak memahami gejolak perasaan yang muncul setelah mendengar kata-kata itu.

Sosok Violet sebenarnya masih misterius. Ia ditemukan pertama kali oleh Dietfried, teman Mayor Gilbert, di sebuah pulau terpencil. Saat itu Violet masih berusia 14 tahun, tapi Dietfired menyadari bahwa Violet bukanlah gadis biasa.

Ia punya kekuatan besar yang bisa membunuh siapa saja. Maka dari itu, Dietfried membawa Violet dan memberikannya pada Gilbert.

Ketika Violet bertemu dengan Mayor Gilbert untuk pertama kali, ia tidak bisa berbicara. Sang Mayor-lah yang mengajarkan menjadi manusia yang berbudaya, berbicara dan menulis.

Singkatnya, Violet diperlakukan layaknya manusia lainnya oleh Mayor Gilbert. Bahkan nama Violet adalah nama pemberian Mayor Gilbert.

2. Berawal dari Kontes

Berawal dari Kontes

Violet Evergarden versi novel pertama kali dibuat tahun 2015. Sejak perilisan pertamanya, novel ini mendapat sambutan yang luar biasa dari pencinta manga. Dalam waktu singkat Violet Evergarden menjadi novel populer yang banyak dinantikan.

Nah, sebenarnya Violet Evergarden lahir dari adanya kontes yang diadakan oleh Kyoto Animation di tahun 2014. Karya yang berhasil mendapat juara dalam kontes itu sudah dipastikan akan dicetak oleh penerbit.

Dan Novel karya Kana Akatsuki-lah yang berhasil menjadi juara pertama untuk kategori novel dan kategori skenario serta manga.

Selang beberapa bulan kemudian, Kyoto Animation menerbitkan novel volume pertamanya di bawah penerbitan KA Esuma Bunko, anak perusahaan Kyoto Animation.

Kepopuleran Violet Evergarden semakin menanjak sampai akhirnya pada tahun 2018, format animenya dirilis sebanyak 13 episode. Pada 9 April 2021 yang lalu, studio TMA memberikan bocoran bahwa pihaknya sedang menggarap Violet Evergarden versi live action.

TMA dikenal sebagai studio yang jago memvisualisasikan serial manga ke dalam bentuk nyata. Pihak mereka akan menggunakan Violet Evergarden dengan kode SAIT-024.

Kabarnya Karina Nishida didapuk sebagai pemeran utama filmnya, Violet. Aktris berdarah Amerika-Jepang ini dinilai sangat pas dengan karakter utama tersebut.

Meskipun kabar tentang akan dirilisnya versi live action dari Violet Evergarden sudah santer terdengar, namun tampaknya belum ada lanjutan kabar mengenai kepastian kapan film tersebut akan resmi ditayangkan.

3. Sudah Dibuat Sekuel dan Film

Sudah Dibuat Sekuel dan Film

Musim pertama serial anime Violet Evergarden mulai tayang tahun 2018. Kisahnya perdananya ini digarap oleh sutradara Taichi Ishidate dan memfokuskan ceritanya pada karakter utamanya kita, Violet, yang pertama kali bertemu dengan Mayor Gilbert.

Baca juga:

Setelah sembuh dan tanganya dipasangi tangan palsu yang terbuat dari besi, Violet kemudian bekerja sebagai Doll di CH Postal Company.

Kyoto Animation kemudian membuat satu episode khusus sebagai pelengkap kisah di musim pertamanya. Setahun kemudian, salah satu studio animasi terbaik ini memberikan kado istimewa pada penggemar

Violet Evergarden dengan diluncurkan kisah dalam format film yang diberi judul Violet Evergarden: Eternity And The Auto Memory Doll.

Sampai tahun 2020, kisah Violet sudah dibuat satu serial anime, satu episode spesial dan dua film. Masing-masingnya mempunya fokus cerita yang berbeda. Meskipun begitu, muatan kisahnya yang realistis yang menjadi ciri khas Violet tetap kental.

4. Diganjar Banyak Penghargaan Bergengsi

Diganjar Banyak Penghargaan Bergengsi

Di dunia anime, ada sebuah penghargaan yang dinilai bergengsi, yakni TAAF, Tokyo Anime Award Festival. Ajang penghargaan yang mulai diadakan sejak 2002 ini dianggap sebuah pencapaian luar biasa bagi setiap insan yang berkecimpung di industri tersebut.

Karya anime yang berhasil meraih penghargaan tersebut ini dianggap sebagai sebuah karya yang luar biasa. Selain itu, jika menilik pemenangnya, pantas saja jika penghargaan ini dianggap sebagai salah satu yang paling bergengsi.

Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2002, beberapa film yang berhasil menyabet penghargaan ini, di antaranya adalah Spirited Away, Mobile Suit Gundam Seed, Howl’s Moving Castle, Fullmetal Alchemist The Movie, Detective Conan: Zero The Enforce, Demon Slayers dan masih banyak lagi.

Nah, tahun 2020 giliran Violet Evergarden: The Movie yang mengukir namanya dalam sejarah TAAF sebagai pemenangnya.

Selain itu, film ini memenangkan beberapa penghargaan lain yang tidak kalah prestisius, misalnya untuk kategori Best Animation, Excellent Animation of The Year dalam ajang penghargaan Japan Media Arts Festival dan Japan Academy Award.

Pencapaian film dan serialnya tidak sampai di situ. Pada pemutaran film Violet Evergarden: The Movie, film ini masuk ke 10 besar film Box Office Jepang selama 10 minggu berturut-turut. Pada minggu pertama penayangannya, film ini bahkan berhasil berada di posisi kedua setelah Tenet.

5. Gaya Rambut Violet Dianggap Tatanan Rambut Anime Paling Cantik

Gaya Rambut Violet Dianggap Tatanan Rambut Anime Paling Cantik

Kebanyakan anime yang diproduksi oleh studio Kyoto Animation mempunyai kisah yang menyentuh emosi dan visual yang indah, satu di antaranya adalah Violet Evergarden. Luapan emosinya terpancar dari gaya rambut karakter utama kita, Violet.

Violet mempunyai rambut berwarna pirang yang dikepang dua. Di bagian depan ada poni cukup tebal yang menghiasi wajah manisnya. Kepangan Violet sangat khas.

Untaiannya dibuat dari atas sampai ke bawah, lalu diikat bersatu dengan menggunakan pita merah. Warna pita yang digunakan sangat kontras dengan warna rambut Violet yang blonde.

Gaya rambut Violet terkesan anggun sekaligus memancarkan karakternya yang percaya diri, dingin dan bebas. Nah, tatanan rambut ala Violet ini mudah ditiru bahkan oleh orang lain yang buka cosplayer sekalipun. Penataannya sangat realistis dan cocok dikenakan di kehidupan nyata.

Karena alasan keindahan, keunikan dan kemudahannya diaplikasikan, gaya rambut Violet kemudian menjadi popular dan banyak ditiru. Salah satu pengguna Twitter dengan nama pengguna Hitomi-sandy bahkan membuat tutorial menata rambut ala Violet.

Itulah beberapa fakta menarik dari serial anime Violet Evergarden yang menarik untuk disimak. Serial anime dan filmnya menggambarkan kisah coming of age yang berhasil menyentuh emosi penonton.

Jika kamu membaca ulasan serial dan filmnya, banyak yang berkata bahwa menontonnya bikin mata berkaca-kaca.

Semua ceritanya dapat kamu saksikan di Netflix. Pastikan kamu menonton kisahnya sesuai urutan agar dapat memahami jalan cerita. Jangan lupa siapkan tissue jika kamu termasuk orang yang mudah tersentuh dengan tontonan emosional.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.