10 Fakta Benedict Cumberbatch, Salah Satu Aktor yang Multitalenta

Kalau kamu penggemar Serial TV Sherlock, pasti sudah tak asing lagi dengan aktor ini, Benedict Cumberbatch. Perannya sebagai Sherlock membuat Benedict mendapatkan pengakuan dunia internasional.

Selain terkenal akan perannya sebagai Sherlock, Benedict juga dikenal sebagai Doctor Strange, salah satu tokoh pahlawan dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

Tak hanya seorang pemain film atau televisi saja, Benedict juga merupakan pemain teater. Sebagai aktor atau pemain teater, Benedict membuktikan dia adalah seseorang yang berbakat.

Ini terbukti dari beberapa kali dia mendapatkan nominasi di ajang penghargaan. Masih banyak fakta tentang Benedict Cumberbatch lainnya yang menarik. Kalau penasaran, jangan lewatkan ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 10 Film Terbaik yang Dibintangi Benedict Cumberbatch

1. Satu Frame dengan Orang Tuanya di Sherlock

Satu Frame dengan Orang Tua di Sherlock_

Ternyata pemeran kedua orang tua Sherlock adalah orang tua asli dari Benedict Cumberbatch. Ayahnya yang bernama Timothy Calton adalah seorang aktor.

Begitu pula dengan ibunya Wanda Ventham, dia juga dikenal sebagai seorang aktris. Keduanya ikut berperan dalam serial TV Sherlock sebagai orang tua Sherlock dan Mycroft Holmes.

Dalam sebuah wawancara dengan Press Association pada tahun 2014, Benedict mengatakan kalau dirinya merasa sedikit gugup ketika harus berakting bareng dengan kedua orang tuanya. Kegugupannya muncul karena orang tuanya adalah aktor dan aktris yang sangat hebat dan fantastis.

2. Pernah Diculik

benedict cummberbatch_

Pada tahun 2005, ketika sedang syuting serial televisi To The Ends Of The Earth di KwaZulu-Natal, Afrika Selatan, Benedict pernah mengalami penculikan.

Saat itu dia dan teman-temannya ditahan di bawah todongan senjata, kemudian mereka semua diculik. Benedict ditarik keluar dari mobilnya yang rusak, kemudian diikat setelahnya. Setelah itu, ia dilempar ke dalam bagasi mobil.

Kepada The Hollywood Reporter dia mengatakan kalau dirinya benar-benar takut. Dia merasa takut diperlakukan buruk, seperti dianiaya, diperkosa, disiksa atau mungkin dilecehkan.

Namun kemudian, Benedict dan teman-temannya dibawa ke suatu tempat yang tak dikenal. Mereka pun dibebaskan tanpa ada penjelasan apa pun.

3. Mendapat Pujian dari Steven Spielberg

Mendapat Pujian dari Steven Spielberg_

Para penggemar serial televisi Sherlock pasti setuju dengan pendapat Steven Spielberg yang mengatakan kalau Benedict adalah pemeran Sherlock terbaik.

Pengakuan dari sutradara terkenal sekelas Steven Spielberg menjadi salah satu pujian tertinggi yang pernah diterima oleh seorang aktor. Padahal, Benedict hampir saja menolak untuk berperan sebagai Sherlock.

Ketika ditawari peran tersebut, Benedict Cumberbatch sempat berpikir kalau remake Sherlock ini akan tampak cheesy dan tak berkelas. Namun, ternyata dia salah. Untung saja dia berubah pikiran dan akhirnya penonton bisa menyaksikan Sherlock yang keren.

4. Aktor Multitalenta

Aktor Multitalenta_

Banyak orang yang sudah mengakui kelihaian Benedict dalam berakting. Hal tersebut sudah tidak diragukan lagi, terutama karena dia lulusan jurusan drama dari Victoria University of Manchester.

Namun, tahukah kamu kalau dia memiliki beberapa bakat lain? Selain jago akting, Benedict juga ternyata seorang pelukis. Tak hanya itu, dia pun jago memainkan alat musik.

Baca juga:

Kalau nonton Sherlock, pasti penonton ingat adegan Sherlock memainkan biola. Adegan itu dia mainkan secara serius. Untuk adegan itu, Benedict pun memutuskan belajar bermain biola. Hebatnya dia berhasil menguasai biola dalam waktu seminggu.

Alasan Benedict belajar biola adalah agar adegan dalam Sherlock tersebut terlihat nyata dan otentik. Eos Chater, sang guru, terkesan dengan kemampuannya. Menurut sang guru, dia bisa jadi pemain biola profesional jika dia menekuninya secara serius.

5. Hubungan Kerabat dengan Artur Conan Doyle

Mempunyai Hubungan dengan Artur Conan Doyle_

Mungkin ini semacam kebetulan yang luar biasa. Setelah hampir menolak peran tersebut, Benedict akhirnya bersedia bermain di serial Sherlock. Sepertinya peran itu dibuat untuknya. Ada fakta unik antara Benedict dan tokoh Sherlock.

Di tahun 2017, sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari Ancestry.com menemukan hal yang menarik. Ternyata sang pencipta tokoh Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle, memiliki hubungan saudara dengan Benedict.

Hubungan ini terjadi karena leluhur keduanya. Mantan Duke of Lancaster, John of Gaunt, adalah kakek buyut Doyle ke-15 juga kakek buyut Cumberbatch ke-17.

6. BBC Sempat Berpikir Benedict Kurang Menarik Sebagai Sherlock

BBC Sempat Berpikir Benedict Kurang Menarik Sebagai Sherlock_

Jika dilihat faktanya sekarang, dengan banyaknya fans Benedict di seluruh dunia, rasanya tak mungkin Benedict tidak menarik sebagai Sherlock. Namun itulah faktanya.

Ternyata, dulu BBC sempat berpikir kalau Benedict Cumberbatch tidak cukup terlalu menjual untuk berperan sebagai Sherlock Holmes. Menurut mereka, Benedict kurang memiliki daya tarik.

Hal ini terungkap dari mulut co-creator serial Sherlock, Steven Moffat. Pada tahun 2014 dia berbicara di Hay Festival mengenai rekam jejak BBC dalam menentukan aktor mana yang mungkin disukai penonton. Salah satunya adalah Benedict Cumberbatch.

Meski Benedict begitu disukai, namun menurut mereka, David Tennant lebih cocok jadi Sherlock. Mereka juga berpendapat bahwa David Tennant bisa membawakan sosok Casanova yang lebih seksi. Fakta yang sama pun diungkapkan oleh Sue Vertue, salah satu produser Sherlock.

7. Mempunyai Hubungan Kerabat dengan Alan Turing

Mempunyai Hubungan dengan Alan Turing_

Lagi-lagi Benedict dikaitkan dengan para tokoh yang dia perankan. Kali ini dengan Alan Turing, tokoh yang dia perankan dalam film The Imitation Game. Menurut klaim para ahli silsilah, Benedict merupakan kerabat jauh dari Alan Turing.

Seperti diketahui, Alan Turing merupakan seorang matematikawan serta pemecah kode Enigma Nazi Jerman. Dia berhasil mengubah jalannya Perang Dunia II berkat kemampuannya dan mesin ciptaannya tersebut.

Menurut para peneliti dari Ancestry, situs web sejarah keluarga, Benedict Cumberbatch sebenarnya merupakan sepupu ke-17 Turing. Mereka memiliki nenek moyang yang sama dari abad ke-14.

Menelusuri garis keturunan ayah dari Benedict dan Alan, terungkap bahwa keduanya memiliki hubungan dengan John Beaufort, yaitu Earl of Somerset pertama yang lahir sekitar tahun 1373.

8. Mudah Terpukau

mudah terpukau_

Kepada Reddit AMA, Benedict mengaku kalau dirinya mudah terpukau saat bekerja sama dengan sesama aktor. Dia selalu merasakan kebahagiaan yang luar biasa saat bertemu dengan orang terkenal yang karyanya dia tonton. Ketika bertemu mereka, dia jadi deg-dengan dan tak bisa terlihat keren.

Dia akan mendekati tokoh terkenal tersebut seperti para fans pada umumnya. Benedict sudah melakukan hal aneh ini selama 10 tahun. Namun hal itu membuat dia senang dan menjadi hal yang mengejutkan.

9. Ahli Menirukan Orang Lain

ahli meniru orang lain_

Selain aktor yang andal, Benedict Cumberbatch juga ahli menirukan orang lain lho. Majalah Vulture sampai menobatkannya sebagai “New King of Celebrity Impressionists.”

Dalam beberapa talk show, seperti The Graham Norton Show yang tayang di BBC dan The Tonight Show Jimmy Fallon di NBC, Benedict memperlihatkan kemampuannya meniru beberapa aktor terkenal.

Di antara para aktor yang pernah dia tiru suaranya adalah Alan Rickman, Jack Nicholson, Sean Connery, Michael Caine, Tom Hiddleston, Tom Holland, Christopher Walken, Bane, Matthew McConaughey, John Malkovich, dan Taylor Swift. Bahkan Benedict juga bisa menirukan suara Chewbacca.

10. Sempat Berpikir untuk Tidak Menjadi Aktor

Sempat Berpikir untuk Tidak Menjadi Aktor_

Walaupun kedua orang tuanya aktor dan aktris, Benedict Cumberbatch tidak memiliki keinginan untuk menjadi seorang aktor.

Justru karena profesi yang ditekuni orang tuanya, ayah dan ibu Benedict menyarankan dia untuk mencari pekerjaan yang lebih stabil. Dia pun kemudian berpikir untuk menjadi seorang pengacara kriminal.

Melihat ayah dan ibunya bekerja tanpa jadwal kerja yang pasti dan penghasilan yang tak menentu, menurut Benedict akan sangat sulit untuk bisa berkeluarga.

Selain itu, dia juga menyukai kinerja pengadilan dan semua hal yang terlibat di dalamnya. Oleh karenanya, dia berkeinginan menjadi pengacara dan berpikir orang tuanya akan bahagia dengan pilihannya tersebut.

Bagaimana menurutmu fakta tentang Benedict Cumberbatch di atas? Hubungan saudara Benedict dengan dua orang terkenal, Artur Conan Doyle dan Alan Turing sangat mengejutkan.

Hal lain yang menarik dari Benedict adalah dia ternyata mudah kagum. Dia mudah sekali kagum dengan bintang terkenal lainnya. Salah satunya saat dia bertemu dengan Jennifer Anniston di Golden Globe Awards.

Fakta lain yang juga mungkin diketahui sebagian orang adalah Benedict seorang filantropis. Dia banyak terlibat dalam banyak kegiatan amal. Apakah kamu penggemar suami dari Sophie Hunter ini? Atau, punya informasi tambahan seputar Benedict? Tulis di kolom komentar, ya.

Oh iya, jika kamu penasaran dengan film Doctor Strange 2022, kami sudah mengulas dan merangkum sinopsisnya di artikel ini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.