Pertama dalam sejarah, Dubes RI kunjungi Kepulauan Cook

Jakarta (ANTARA) – Duta Besar RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook dan Niue, Fientje Maritje Suebu, pada Rabu (11/5) menorehkan sejarah sebagai dubes RI pertama yang mengunjungi Kepulauan Cook.

“Saat saya menapakkan kaki di Rarotonga, di tengah keindahan Kepulauan Cook, saya merasakan begitu banyak persamaan antara Indonesia dan Kepulauan Cook … pemandangan yang indah, penduduk yang ramah, budaya yang menakjubkan dan masih banyak hal lainnya,” kata Fientje seperti dikutip dalam keterangan KBRI Wellington yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pada kunjungan bersejarah itu, Fientje menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Wakil Ratu untuk Kepulauan Cook, Sir Tom Masters, di Rarotonga.

“Kita memang adalah satu keluarga besar Pasifik,” kata Fientje kepada Masters.

Wakil Ratu adalah gelar resmi yang diberikan kepada wakil Ratu Elizabeth II, sebagai Ratu Selandia Baru, di Kepulauan Cook.

Pada kunjungan itu, Fientje juga melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Mark Brown, Menteri bidang Pariwisata dan Ekonomi Patrick Arioka, Ketua Parlemen Tai Tura, dan pejabat tinggi lainnya.

Dia menyampaikan mandat yang diberikan Presiden RI untuk semakin meningkatkan kehadiran Indonesia sebagai bagian dari kawasan Pasifik serta memperkuat hubungan bilateral dengan Kepulauan Cook.

Kepulauan Cook adalah sebuah negara di Pasifik Selatan yang memiliki hubungan khusus asosiasi bebas (free association) dengan Selandia Baru.

Hubungan konstitusional khusus antara Kepulauan Cook dengan Selandia Baru dituangkan dalam Joint Centenary Declaration (JCD) yang ditandatangani pada 11 Juni 2001.

Hubungan bilateral Indonesia dan Kepulauan Cook ​​​​​​​mulai dirintis pada Juli 2019.

Pembukaan hubungan bilateral tersebut dilakukan di sela-sela perhelatan besar Indonesia di Pasifik, Pacific Expositions 2019, di Selandia Baru.

Saat itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membuka hubungan diplomatik resmi dengan Kepulauan Cook bersama perdana menteri merangkap menlu Kepulauan Cook, Henry Puna, melalui penandatanganan joint communique.

Kepulauan Cook juga berpartisipasi pada kegiatan Pacific Exposition kedua yang berlangsung pada 27-30 Oktober 2021.

Baca juga: Dubes RI untuk Selandia Baru serahkan surat kepercayaan
Baca juga: Indonesia-Selandia Baru bahas kerja sama perdagangan hingga energi

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.