Cara Melacak Nomor Hp Penipu

Tak sedikit orang yang memperoleh SMS penipuan. Hal itu harus dihentikan dengan mengetahui cara melacak nomor hp penipu. Libatkan pihak berwajib jika memang Anda menderita kerugian dalam bentuk uang atau harta benda lain. Cek apa saja pilihan melacak nomor hp penipu.

cara melacak nomor hp penipu

Daftar Isi

Beberapa Cara Melacak Nomor Hp Penipu yang Bisa Kamu Coba

Whatsapp Web

Langkahnya cukup mudah, buka Whatsapp Web dari PC. Serta, Anda bisa mengakses pesan terakhir dari orang yang hendak dilacak posisinya. Sedapat mungkin Anda bisa membuat pemilik nomor itu mengirimkan pesan balik bila chat terakhir orang itu terkirim beberapa hari lalu.

Chat terakhir ini berfungsi mendapatkan alamat IP. Tekan tombol Ctrl+Alt+Del yang akan membuka Task Manager dalam PC. Lalu tekan tombol Windows+R bersamaan setelah Task Manager ditampilkan. Ketikkan cmd kemudian tekan tombol enter. Lampau ketikkan netstat dan sekali lagi klik enter. Selanjutnya copy alamat IP yang ditampikan dalam command prompt sebelah kanan. Lakukan pelacakan lokasi di layanan pencari IP.

Google Maps

Cara melacak nomor hp penipu berikutnya yaitu memanfaatkan Google Maps. Buka aplikasi Google Maps di perangkat, selanjutnya ketuk menu Pilihan. Akses menu Daftar Rekan lalu isikan nomor Hape yang ingin dilacaka. Apabila nomor target itu menerima undangan teman dari Anda maka dapat ditemtukan posisi nomor itu menggunakan Google Maps.

Melacak Nomor hp Penipu Cara Offline

Cara melacak nomor hp penipu juga dapat dilakukan tanpa koneksi ke internet. Dalam hal ini yang digunakan adalah kode dial provider nomor Hp yang digunakan. Berikut langkah-langkah dalam melacak nomor Hp sesuai provider seluler yang digunakan :

  • Telkomsel : Cara melacak nomor hp penipu menggunakan nomor Telkomsel cukup mudah. Awali dengan menjalankan aplikasi panggilan di ponsel. Kemudian tekan kode berikut : *250# dan tekan OK. Berikutnya, Anda cuma perlu mengganti nomor target itu dalam mode ingin melacak. Anda dapat pula menemukan nomor Hape lewat SMS yang formatnya : Teman Nama Nomor contohnya : TEMAN ADI 08123987679 kemudian kirimkan ke nomor 5200.
  • Indosat : mirip dengan cara yang digunakan untuk nomor Telkomsel. Masuk ke aplikasi panggilan atau telepon lalu ketikkan kode *777*6*6# kemudian tetapkan Lokasi Keluarga. Anda dapat pula memprosesnya dengan mengirimkan SMS menggunakan format : CARI NoHP misalnya: CARI 0816538462089, selanjutnya kirimkan ke nomor 9111. Cara lainnya yaitu menggunakan kode dial *123*573*1# kemudian tetapkan Lokasi Keluarga.

Aplikasi Melacak Nomor Hp Penipu

Saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi Android guna melacak nomor Hp penipu. Diantara aplikasi pelacak nomor hp yang cukup populer adalah Getcontact. Langkah-langkah yang perlu dikerjakan adalah sebagai berikut :

  • Unduh aplikasi Getcontact di ponsel dari Playstore.
  • Jalankan aplikasi Getcontact yang telah terinstal.
  • Pengguna harus memberikan persetujuan kebijakan layanan, cukup ketuk tab Agree & Continue.
  • Ketuk tombol Start Now guna mengawali prosesnya.
  • Sesudah itu, pengguna harus registrasi di aplikasi ini menggunakan nomor ponsel.
  • Ketuk pilihan ‘Indonesia’ untuk form negara.
  • Lengkapi nomor ponsel menggunakan awalan kode Negara. Selanjutnya ketuk tombol Lanjutkan.
  • Berikutnya lakukan verifikasi akun. Pengguna dapat menentukan melalui WA atau SMS.
  • Masuk ke aplikasi WA atau SMS lalu cek pesan masuk yang terdapat kode verifikasi.
  • Ketikkan 6 digit kode yang diperoleh dalam kolom verifikasi lalu ketuk tombol ‘Lanjutkan’.
  • Sesudah itu, ketikkan nomor hp dalam kolom halaman beranda kemudian ketuk tombol ‘Search’.
  • Pengguna lalu dibawa menuju halaman yang memuat nama kontak pengguna yang ada dalam hp orang lain.
  • Ketuk tombol ‘More Tag’ bila ingin mengecek nama kontak lebih banyak.
  • Aplikasi Getcontact juga dapat difungsikan dalam menemukan penamaan kontak oleh orang lain.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.