Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Usai Lakukan Perjalanan Mudik

Suara.com – Mobil yang baru saja digunakan dalam perjalanan panjang mudik tentu perlu dilakukan pemeriksaan kembali. Termasuk yang baru saja melakoni arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Tujuannya agar kondisi mobil tetap prima saat akan digunakan untuk aktivitas harian.

Menurut Auto2000, setidaknya ada beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa usai melakukan perjalanan mudik dan balik:

Ban Mobil

Baca Juga: Untuk Sementara, BMW Produksi Mobil Baru Tanpa Fitur Android Auto dan Apple CarPlay

Perjalanan panjang mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui, juga muatan mobil yang maksimal, membuat ban bekerja lebih ekstra. Baiknya lakukan pengecekan, dan pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban. Bersihkan kerikil yang menempel.

Kemudian lihat tanda keausan ban dan segera ganti jika sudah tidak layak. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

Ilustrasi bengkel mobil. [Shutterstock/Kurhan]
Ilustrasi cek kondisi mobil [Shutterstock/Kurhan]

Bersihkan Kolong Mobil dan Cek Komponennya

Jangan lewatkan bagian kolong mobil untuk dibersihkan dari kotoran dan supaya mudah diperiksa. Cek shock absorber bila ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek.

Waspadai kebocoran pada selang rem. Kondisi kampas rem cakram bisa dilihat langsung, sedangkan rem tromol dapat memperhatikan dinding teromol rem.

Baca Juga: Angka Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran 2022 Disebutkan Turun 31 Persen

Periksa Oli Mesin

Pelumas punya peran vital untuk melindungi mesin. Volume oli mesin tidak boleh kurang, caranya dengan dengan cek via tongkat pengukur atau dipstick.

Pastikan tidak ada perubahan warna oli mesin yang menandakan ada masalah. Apalagi kalau sampai warnanya berubah menjadi coklat susu sebagai indikator pelumas tercampur air.

Cek Kondisi Minyak Rem

Rem dapat berfungsi optimal bila minyak rem dalam kondisi prima. Pastikan volume minyak rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya.

Minyak rem kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem. Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor.

Ilustrasi radiator mobil kepanasan (Shutterstock).
Ilustrasi radiator mobil kepanasan (Shutterstock).

Air Radiator Wajib Penuh

Dengan tugas utama sebagai pendingin mesin mobil, pastikan air radiator tidak habis dengan mengecek tabung cadangannya. Periksa pula adanya kebocoran pada selang dan rumah radiator. Apalagi ada lemungkinan radiator terkena lontaran kerikil dalam perjalanan mudik.

Periksa Cairan Kendaraan Lainnya

Terdapat beberapa item dalam bentuk cairan, seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki, dan air pembersih kaca. Lalu ada juga oli transmisi, baik untuk manual maupun otomatis, ditambah minyak untuk power steering hidrolis. Pastikan volumenya tidak berkurang dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Tampilan dashboard All New Nissan Grand Livina [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Dasbor mobil dengan panel instrumen, sebagai ilustrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Cek Indikator di Panel Instrumen

Pengecekan selanjutnya yang bisa dilakukan dengan melihat indikator pada panel instrumen mobil. Cukup memutar kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen. Jika tidak ada masalah, lanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdengar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.