Cara Menghidupkan Hotspot di iPhone

Memberikan akses koneksi internet menggunakan jaringan wireless atau Tethering WiFi adalah fitur yang lumrah di ponsel, tak terkecuali iphone. Intinya fungsi tersebut akan mengubah smartphone sebagai sumber hotspot untuk menyediakan akses internet lewat WiFi. Internet itu sendiri bersumber dari paket data seluler dari kartu SIM di dalamnya. Bagaimana cara menghidupkan hotspot di iphone?

iPhone merupakan brand smartphone terbaik dunia sampai hari ini. Kendati sebagai yang terunggul, ponsel buatan Apple ini tetap membawa kekurangannya. Namun ada banyak kelebihan yang ditawarkan iPhone. Termasuk keunggulan iPhone yaitu senantiasa sebagai patokan teknologi ponsel dunia. Misalnya saja teknoogi layar poni ataupun rancangan kamera yang sering dijiplak perusahaan smarphone Android.

Hanya saja iPhone kurang bisa bergerak cepat seperti saat ini yang secara inovasi teknologi sudah ketinggalan dibanding ponsel Android. Secara dapur pacu, iPhone tetap menjadi yang terunggul berkat prosesor seri bionic yang digunakannya. Chipset Apple Bionic milik iPhone memiliki performa yang benar-benar ngebut. Kinerjanya tak kalah dibanding chipset terkencang milik Android. Umpamanya, chipset Apple A15 Bionic menyamai kinerja yang dihasilkan Snapdragon 888 yang terpasang dalam ponsel gaming terkencang Android saat ini.

cara menghidupkan hotspot di iphone

Cara Menghidupkan Hotspot di iphone

Pada sebagian ponsel sekarang, fungsi tethering WiFi umumnya akan keluar dalam pengaturan jaringan yaitu “hotspot pribadi”. Hanya saja, fitur itu adakalanya tak ditampilkan di sebagian perangkat iPhone. Nah bagi para pengguna, jika menu tethering WiFi tak keluar di iPhone, pengguna tak usah risau. Pengguna cuma perlu menyelesaikan setting jaringan lebih dulu. Nah, di bawah ini langkah-langkah cara mengaktifkan hotspot iphone agar dapat memberikan tethering WiFi pada perangkat lain di sekitar :

  • Pertama, pengguna harus menyalakan iPhone, lantas masuk menu Pengaturan yaitu ketuk tombol roda gerigi.
  • Selanjutnya, pilih menu “Seluler” yang akan membuka halaman setting jaringan.
  • Sesudah itu, scroll layar menuju bagian bawah untuk menemukan menu “Jaringan Data Seluler”, selanjutnya ketuk pilihan itu.
  • Pengguna akan disajikan form kosong yang harus dilengkapi parameter Access Point Name (APN) sehingga paket internet di iPhone bisa mengakses jaringan internet.
  • Untuk koom “Data Seluler”, “Pengaturan LTE”, maupun “Hotspot Pribadi”, lengkapi kolom APN menggunakan nama “internet”, sementara bagian “Nama Pengguna” serta “Kata Sandi” dikosongkan saja.
  • Sesudah melengkapi beberapa parameter tadi, buka halaman awal Pengaturan lagi. Nantikan sebentar sampai menu “Hotspot Pribadi” ditampilkan.

Menu “Hotspot Pribadi” akan ditampilkan pada halaman depan Pengaturan, setelah menu “Seluler”. Jika menu “Hotspot Pribadi” sudah keluar, itu artinya perangkat iPhone itu saat ini sudah aktif hotspotnya dan bisa difungsikan sebagai perangkat pemancar tethering WiFi.

Jika hendak memberikan tethering WiFi untuk perangkat lain, cek lebih dulu jika memang di dalam kartu SIM yang digunakan ada paket data internet aktif dengan kuota cukup. Seperti sudah dijelaskan tadi, akses internet yang digunakan para tethering WiFi diperoleh dari paket data.

Agar dapat tethering WiFi di iPhone prosesnya begitu simpel, pengguna cukup ketuk menu “Hotspot Pribadi” untuk mengaktifkan. Berikutnya, tentukan password WiFi lebih dulu sesuai kehendak. Untuk itu ketuk kolom “Kata Sandi WiFi”. Sesudah mengetikkan password, ketuk tombol Selesai. Berikutnya, seret toggle “Izinkan Akses” sebagai langkah mengawali tethering WiFi iPhone. Sekarang, iPhone sudah dapat berbagi koneksi internet via jaringan WiFi. Yang harus dipahami, power baterai iPhone biasanya lebih cepat terkuras saat tethering WiFi aktif.

Demikian langkah-langkah cara menghidupkan hotspot di iphone agar dapat membuat tethering WiFi pada perangkat lain, silahkan dicoba.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.