Inilah 8 Film yang Dibintangi oleh Aktris Octavia Spencer

Octavia Spencer adalah salah satu artis berasal dari Amerika yang sudah malang melintang dalam dunia perfilman Hollywood sejak tahun 90-an. Namun, ia mulai banyak dikenal dan mencuri perhatian ketika memerankan Minny Jackson di film The Help. Ia juga memenangkan beberapa penghargaan setelah membintangi film tersebut.

Film lainnya yang melejitkan namanya adalah film yang bertema luar angkasa yaitu Hidden Figure. Ia memerankan Dorothy Vaughan, seorang wanita kulit hitam yang berbakat dan bekerja sebagai salah satu staf NAS.

Octavia Spencer memerankan peran tersebut dengan dengan apik. Penasaran dengan akting dari Octavia Spencer? Berikut 8 rekomendasi film yang dibintanginya.

1. Ma

film-octavia-spencer-1_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Thriller, Horor, Misteri
  • Produksi: Blumhouse Production, Wyolah Films
  • Sutradara: Tate Taylor
  • Pemeran: Octavia Spencer, Diana Silvers, Juliette Lewis, Corey Fogelmanis, Luke Evans

Octavia Spencer mencoba keluar dari kebiasaannya dalam memainkan sebuah peran dalam film dengan menerima tawaran Tate Taylor untuk membintangi film yang berjudul Ma.

Dalam Film ini Octavia Spencer berperan sebagai seorang wanita bernama Sue Ann, seorang perempuan yang penuh misteri dan menakutkan karena mempunyai dendam di masa lalunya.

Awalnya ia membantu sekelompok remaja yang ingin membeli minuman keras dan akhirnya bergaul dengan mereka. Hal tersebut menjadikan gairah mudanya muncul.

Ia pun mulai mengadakan pesta di rumahnya dengan mengundang para remaja lainnya hingga membuatnya menjadi sangat populer dan mendapat julukan yaitu “Ma”.

Namun keanehan-keanehan dalam diri Sue Ann mulai terasa oleh para kelompok remaja tersebut. Mereka lalu mencari tahu siapa sebenarnya Sue Ann. Mereka terkejut ketika mendapati bahwa Sue Ann mencuri barang-barang mereka dan mulai menjauhinya.

Sue Ann juga mulai bertemu dengan orang-orang dari masa lalunya. Ia teringat akan semua kejadian-kejadian yang tidak pernah terlupakan pada masa itu. Ia pun mulai menuntaskan dendamnya kepada orang-orang tersebut.

Ma akan membuat kalian terpukau dengan akting Octavia Spencer. Ia yang biasanya memerankan seorang wanita yang bijak kini memerankan seorang psikopat dengan keren.

2. The Shape of Water

film-octavia-spencer-2_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Fantasi, Romantis
  • Produksi: Bull Productions
  • Sutradara: Guillermo del Toro
  • Pemeran: Sally Hawkins, Michael Shannon, Richard Jenkins, Michael Stuhlbarg, Octavia Spencer, Doug Jones.

Film The Shape of Water adalah sebuah film yang mendapatkan banyak ulasan positif dari para kritikus film dan menyabet berbagai penghargaan bergengsi. Film ini berkisah tentang seorang perempuan tunawicara yang bekerja sebagai cleaning service di Occam Aerospace Research Center bernama Eliza Esposito (Sally Hawkins).

Octavia Spencer memerankan Zelda yang merupakan sahabat sekaligus pelindung Elisa. Eliza tertarik pada seekor makhluk yang menyerupai monster ikan yang baru saja ditemukan oleh kolonel Richard Strickland (Michael Shannon). Makhluk tersebut akan diteliti dan digadang-gadang dapat menjadi senjata untuk menghadapi musuh.

Richard menamai makhluk tersebut dengan nama “Aset”. Eliza penasaran dan kemudian dekat dengan makhluk tersebut.

Setiap hari ia berinteraksi dengan makhluk tersebut dengan bahasa isyarat hingga suatu hari Eliza jatuh cinta dan ingin melepaskan Aset dari tempatnya bekerja tersebut. Mulailah konflik kejar-kejaran antara Richard dan Eliza dalam memperebutkan Aset.

Biasanya film yang bertema fantasi tidaklah banyak mendapatkan perhatian. Akan tetapi, film The Shape of Water berhasil menyita perhatian dan menjadi salah satu film fantasi terbaik dan mendapatkan banyak sekali penghargaan.

3. Gifted

film-octavia-spencer-3_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Family, drama
  • Produksi: TSG Entertainment, FilmNatiom Entertainment,
  • Sutradara: Marc Webb
  • Pemeran: Chris Evans, Mckenna Grace, Lindsay Duncan, Octavia Spencer, Jenny Slate

Baca Juga: Review dan Sinopsis Gifted, Kisah Haru Perebutan Hak Asuh

Kali ini Octavia Spencer berperan sebagai Roberta Taylor, yaitu tetangga dari Chris Evans dalam film Gifted. Chris Evans memerankan Frank Adler yaitu sosok paman yang berjuang untuk mendapatkan hak asuh keponakannya yang bernama Mary Adler yang diperankan oleh Mckenna Grace.

Baca juga:

Mary adalah anak berusia tujuh tahun yang memiliki kejeniusan yang luar biasa seperti ibunya. Sayangnya sang ibu tewas bunuh diri.

Tidak ingin keponakannya mengalami masa kecil yang kurang menyenangkan seperti ibunya, Frank Adler memasukan Mary ke sekolah biasa dengan harapan Mary tidak kehilangan masa kecil yang menyenangkan. Namun Roberta tidak menyetujui tindakan Frank tersebut.

Roberta menganggap bahwa Mary adalah anak yang super jenius dan bukan anak biasa. Kekhawatiran Roberta benar, kejeniusan Mary mencuri perhatian guru di sekolahnya dan mereka mencoba membuat Mary ke kelas yang tingkatnya lebih tinggi dari seusianya.

Kejeniusan Mary tercium oleh neneknya, Evelyn Adler, yang akhirnya ingin merebut hak asuh Mary dan mengeksploitasinya. Frank yang sudah menyayangi Mary dengan segenap hatinya mencoba melawan ibunya. Ia tidak ingin Mary bernasib sama seperti ibunya yang tewas bunuh diri karena tekanan yang diberikan sang nenek.

4. Hidden Figures

film-octavia-spencer-4_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Drama
  • Produksi: Fox 2000 Pictures, Chernin Entertainment
  • Sutradara: Theodore Melfi
  • Pemeran: Taraji P. Henson, Octavia Spencer, Kristen Dunst, Janelle Monae, Jim Parsons

Baca Juga: Sinopsis & Revies Film Hidden Figures, Perjuangan Minoritas

Hidden Figures diadaptasi dari kisah nyata mengenai perjuangan tiga wanita berkulit hitam dimana diskriminasi masih merajalela. Mereka memiliki peran penting dalam sebuah program penelitian rencana menuju luar angkasa. Mereka adalah Dorothy Vaughan (Octavia Spencer), Katherine Goble (Taraji P. Henson) dan Mary Jackson (Janelle Monae).

Mereka bertiga merupakan wanita yang hebat dan dijuluki sebagai “Manusia Komputer”. Mereka juga ditugaskan dalam penghitungan peluncuran astronot John Glenn (Glen Powell) ke orbit dan memastikan John pulang dalam keadaan selamat. Namun, dibalik itu mereka harus berperang dengan diskriminasi pada saat itu.

Karir mereka penuh lika-liku karena mereka merupakan wanita berkulit hitam yang saat itu memang dipandang sebelah mata. Semangat dan keinginan yang besar akhirnya mengantarkan mereka menjadi pemikir terhebat sepanjang sejarah.

5. The Divergent Series: Allegiant

film-octavia-spencer-5_

Allegiant adalah seri terakhir dari The Divergent Series. Seperti yang diceritakan pada seri sebelumnya ada beberapa macam faksi dengan karakter yang khas. Film ini adalah kelanjutan dari perjuangan Tris (Shailene Woodley) melawan Evelyn (Naomi Watts).

Evelyn adalah ketua dari faksi Dauntless yang mempunyai ambisi untuk menguasai Chicago. Bahkan anaknya sendiri, Four, yang diperankan Theo James membencinya hingga perang antara Dauntless yang dipimpin Evelyn dan Amity yang dipimpin Johanna Reyes (Octavia Spencer) tak bisa dihindari.

Karena kekacauan akibat perang tersebut, Tris, Four, dan rekan-rekannya yang juga Divergent mencoba mencari jalan agar bisa keluar dari tembok yang mengurung kehidupan mereka. Mereka pun berhasil dan menemukan kebenaran dibalik tembok yang selama ini tak tertembus tersebut.

6. Snowpiercer

film-octavia-spencer-6_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Fiksi
  • Produksi: Moho Film, Opus Pictures, Stillking Films
  • Sutradara: Bong Joon Ho
  • Pemeran: Chris Evans, Song Kang Ho, Tilda Swinton, Jamie Bell, Octavia Spencer, Ko Asung, John Hurt, Ed Harris.

Film ini adalah besutan Bong Joon Ho yang merupakan sutradara asal korea selatan. Menariknya, meskipun digarap oleh orang Korea, 85% isi dari film ini menggunakan Bahasa inggris.

Menggaet para aktor dan aktris yang handal seperti Chris Evans, Song Kang Ho, Tilda Swinton, Octavia Spencer, film ini sukses digemari para penikmat film.

Snowpiercer bercerita tentang keadaan bumi yang saat itu mengalami cuaca ekstrim. Para manusia terakhir tinggal di sebuah kereta abadi yang terus melaju tanpa henti. Di dalam kereta tersebut terdapat 4 kelas sosial. Namun, kelas sosial paling bawah mengalami ketidakadilan dari segi gerbong dan juga makanan yang diberikan.

Maka, munculah pemberontakan yang dilakukan oleh Chris Evans, Olivia Spencer, serta para penghuni gerbong kelas bawah. Mereka mencoba merebut kendali dari kereta tersebut agar bisa hidup dengan adil dan tidak ada perbudakan terhadap kelas bawah.

7. Fruitvale Station

film-octavia-spencer-7_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama, Kriminal
  • Produksi: Significant Production
  • Sutradara: Ryan Coogler
  • Pemeran: Michael B. Jordan, Kevin Durand, Chad Michael, Melonie Diaz, Octavia Spencer, Ariana Neal.

Fruitvale Station diangkat dari kisah nyata penembakan yang terjadi di sebuah stasiun. Oscar Grant adalah pemuda berkulit hitam yang ditembak secara tidak sengaja oleh seorang polisi bernama Johannes Mehserle pada tahun 2009.

Di film ini, Ryan Cooger mencoba me­recall lagi kejadian tersebut namun ia lebih fokus kepada kehidupan Oscar Grant bukan pada tragedi penembakannya.

Dalam film ini, Octavia Spencer berperan sebagai Wanda, ibu dari pemeran utama Oscar Grant yang diperankan Michael B. Jordan. Oscar memiliki kekasih bernama Sophina (Melonie Diaz) serta putri kecil bernama Tatiana (Ariana Neal). Hubungan Oscar dan kekasihnya Sophina menjadi buruk setelah Oscar kepergok selingkuh.

Oscar sendiri tadinya adalah penjual ganja yang sering keluar masuk penjara. Namun ia sudah menjalani kehidupan barunya dengan lebih baik. Tragedi terjadi ketika pergantian tahun baru saat Oscar sedang berada di stasiun Fruitvale. Seperti apa kelanjutannya? Tonton langsung filmnya ya!

8. The Help

film-octavia-spencer-8_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama
  • Produksi: Touchstone Pictures, DreamWork Pictures
  • Sutradara: Tate Taylor
  • Pemeran: Emma Stone, Viola Davis, Octavia Spencer, Jessica Chastain, Bryce Dallas

Film The Help adalah film yang mengantarkan Octavia Spencer pada penghargaan Academy Award. Setelah memenangkan penghargaan dalam film ini, penampilan Octavia Spencer mulai mendapat banyak perhatian dan diperhitungkan.

Film The Help mengusung tema diskriminasi yang masih terjadi pada tahun 1960-an antara orang berkulit hitam dan berkulit putih.

Film ini menceritakan bagaimana kehidupan para keturunan Afrika yang menjadi pembantu di rumah seorang warga berkulit putih. Octavia Spencer berperan sebagai Minny Jackson, seorang pembantu di rumah Hilly Brook dan Elizabeth. Mereka sangat terbantu dengan kehadiran Minny dalam urusan rumah tangga maupun mengasuh anak.

Namun, mereka sama seperti halnya majikan yang lain yang membangun garis pemisah antara majikan dan pembantu. Perlakuan yang semena-mena pun sudah menjadi makanan sehari-hari bagi Minny.

Melihat diskriminasi yang kian menjadi, Eugenia (Emma Stone) ingin melakukan perubahan untuk melawan diskriminasi tersebut dengan menulis sebuah buku.

Akting dari Octavia Spencer memang sering menjadi perhatian bagi para penikmat film, apalagi ketika ia berperan dalam film yang mengusung tema tentang perjuangan melawan diskriminasi.

Akan tetapi, ketika memerankan sosok psikopat pun, Octavia Spencer tetap menampilkan kualitas akting yang apik dan mumpuni sehingga pantas berkali-kali mendapat nominasi sebagai Aktris terbaik.

Nah, di atas tadi adalah delapan karya dari Octavia Spencer yang bisa dinikmati olehmu. Siap-siap, karena kamu akan terhipnotis dengan aktingnya dan menjadi salah satu penggemar Octavia Spencer. Beberapa film di atas juga ada yang memenangkan banyak penghargaan, lho! Adakah yang sudah kamu tonton sebelumnya?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.