One Way Diperpanjang Mulai GT Kalikangkung hingga Halim

Jakarta: Kebijakan one way atau satu arah diberlakukan dari kilometer (KM) 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Semarang-Batang sampai KM 03+500 Halim, Jakarta. Kebijakan ini mulai diterapkan sejak pukul 07.00, Sabtu, 7 Mei 2022.
 
“Atas Diskresi Kepolisian, Jasa Marga dukung pemberlakuan one way KM 414 GT Kalikangkung sampai dengan KM 03+500 Halim,” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Sabtu, 7 Mei 2022.
 
Jasa Marga mengimbau pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik, dan bahan bakar minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengguna bisa memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui one call center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.
 
Kemudian, polisi dan Jasa Marga melakukan pengalihan arus lalu lintas di simpang susun (SS) Cawang, Gerbang Tol (GT) Kalimalang 2 dan SS Cikunir arah Cikampek. Kebijakan ini diberlakukan sebagai dampak pemberlakuan one way dari Tol Jakarta-Cikampek mencapai KM 03+500.
 
Baca:Beragam Jurus Antisipasi Kepadatan Puncak Arus Balik Lebaran 2022
 
Pengalihan ini dimulai pukul 00.15 WIB, dengan melakukan penutupan di tiga titik lokasi yang menuju tol Jakarta-Cikampek. Tiga titik tersebut yakni KM 00+400 B Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit (dari Semanggi arah Cawang/Cikampek), KM 00+200 B Ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit (dari Priok arah Cawang/Cikampek), dan on ramp UKI (dari arteri Cawang/UKI arah Cikampek via Tol).
 
Pengguna jalan tol dari arah Semanggi/Cawang yang akan menuju arah Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit (CMNP) dan ke arah Jagorawi. Sedangkan, pengguna jalan tol dari arah Jatinegara/Rawamangun dialihkan ke arah Cawang-Tomang-Pluit dan ke arah Jagorawi.
 
Pengalihan lalu lintas juga diterapkan dari Ruas JORR E menuju Cikampek. Berikut ini skemanya:

  1. Penutupan GT Kalimalang 2: Pengalihan lalu lintas yang akan masuk GT Kalimalang 2 Ruas Tol JORR arah Cikampek dimulai pukul 07.15 WIB. Pengguna jalan yang akan menuju Cikampek dialihkan melalui jalan arteri Kalimalang.
  2. Penutupan Ramp KM 45+200 A SS Cikunir (dari Jati Asih arah Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan ke arah Rorotan/Tanjung Priok.
  3. Penutupan Ramp KM 46+200 B SS Cikunir (dari Rorotan arah Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan menerus ke arah Jatiasih/Taman Mini.

“Selain itu, untuk mendukung one way ini diberlakukan rekayasa pada GT Cikunir 1, yang seharusnya digunakan untuk transaksi dari arah Cawang, digunakan untuk transaksi dari jalur one way untuk pembayaran tol Ruas JORR arah Rorotan maupun Jatiasih,” ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Toll Road Irra Susiyanti.
 

(AGA)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.