Ketua DPD RI ingatkan masyarakat berhati-hati saat berwisata

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat berwisata bersama keluarga selama libur Idul Fitri 1443 H, karena bisa terjadi kecelakaan di tengah euforia suka cita liburan hari raya.

“Kita semua tentu tidak mengharapkan suasana gembira berakhir duka. Makanya saya mengimbau masyarakat yang masih menjalani liburan Idul Fitri agar berhati-hati ketika berwisata bersama keluarga. Banyak kejadian seperti anak hilang, terbawa arus air sungai atau terseret ombak, kecelakaan lalu lintas dan lainnya,” ujar LaNyalla dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan masyarakat untuk mencari lokasi wisata yang aman, apalagi jika membawa anak-anak yang masih kecil, terutama di wisata air, seperti laut maupun danau.

Masyarakat yang menikmati liburan supaya tidak mengabaikan informasi dari pengelola destinasi wisata terkait keamanan. Selain itu pengelola juga harus menyiapkan perangkat keamanan untuk menjamin keselamatan para pengunjung.

Baca juga: Beragam upaya antisipasi puncak arus balik Lebaran 2022

Baca juga: Kunjungan ke sejumlah tempat wisata di Garut lebih satu juta orang

“Orang tua harus benar-benar menjaga anak-anaknya. Jangan sampai lengah apalagi menjadi korban,” kata LaNyalla.

Ia juga meminta agar selalu memperbaharui informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat memutuskan akan mengunjungi suatu destinasi wisata.

“Selalu pantau imbauan maupun peringatan dari aparat terkait. Misalnya, informasi dari BMKG soal potensi gelombang tinggi di beberapa perairan di Indonesia termasuk di wilayah perairan Banten. Info seperti itu bisa diperbaharui lewat media sosial,” kata dia.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan masyarakat agar sebaiknya tidak berlalu euforia, sebab kondisi bangsa ini belum benar-benar pulih dari sisi kesehatan, ekonomi, dan faktor lainnya imbas pandemi COVID-19.

“Artinya, semua tetap waspada untuk mengantisipasi berbagai hal. Terutama mewaspadai virus COVID-19 yang masih ada. Makanya tetap perhatikan protokol kesehatan supaya semua aman,” katanya.*

Baca juga: Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Sleman meningkat signifikan

Baca juga: Lebaran, kelong apung di Bintan diburu turis lokal hingga asing

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.